Pelatihan Manajemen Toko Online, Gratis dari ZenPro Lewat Program Kartu Prakerja

Selasa, 19 April 2022 | 15:31
prakerja.go.id

Ilustrasi Kartu Prakerja

Nextren.com - Istilajh transformasi digital makin sering kita dengar di segala aktifitas.

Selain didorong oleh pandemi, transformasi digital juga terbukti membuat orang lebih efisien dan produktif.

Saat ini, keberadaan digital bukan lagi menjadi pilihan, melainkan sudah menjadi sebuah keharusan bagi semua pelaku bisnis.

Tercatat, selama pandemi berlangsung, jumlah UMKM yang beralih menjadi pelapak online melonjak dua kali lipat menjadi hampir 16 juta.

Peralihan dari toko offline menjadi toko online ini membantu pelaku UMKM untuk tetap bisa bertahan dan bahkan mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: AWS re/Start Berikan Pelatihan Cloud Computing Gratis, Bisa Daftar Disini!

Menurut survei Katadata Insight Center (KIC), pelaku UMKM menerima jumlah pesanan online yang signifikan, terutama dari platform marketplace.

Hasil survei terhadap 392 UMKM di sejumlah kota di Indonesia menemukan bahwa omzet terbesar berasal dari Shopee (57%), Tokopedia (28%), Lazada (6%), Bukalapak (3%), dan Blibli (2%).

Rata-rata pelaku UMKM juga merasakan dampak positif dari berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace, seperti promo, pemasaran produk/toko, keamanan bertransaksi, dan kemudahan akses pengguna.

Melihat tren tersebut, platform teknologi edukasi Zenius pun menghadirkan program kursus pengelolaan toko online bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Kursus ini tersedia di platform ZenPro, layanan pembelajaran dalam ekosistem Zenius, yang dapat diakses secara gratis dengan menggunakan Kartu Prakerja.

Menurut Ary Mozta, AVP Marketing Lifelong (ZenPro), dalam keterangannya kepada Nextren (19/4), menyatakan bahwa pengelolaan toko online merupakan keahlian yang penting untuk dikuasai, terutama untuk pemilik bisnis, atau mereka yang ingin bekerja sebagai spesialis e-commerce.

Tidak cukup hanya dengan mendaftar dan mengunggah produk, faktanya kita juga perlu mengetahui cara mengoptimalisasi penjualan, memanfaatkan fitur-fitur e-commerce, menganalisa data penjualan, hingga memasang iklan dengan efektif.

"Semua hal tersebut kami rangkum dalam materi pelatihan ZenPro yang ringan, detil, dan mudah dimengerti, agar setiap orang bisa mempraktekannya,” ungkap Ary.

Kursus ZenPro akan membahas langkah-langkah teknis untuk manajemen toko online di tiga platform ternama, yakni Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Selain hal-hal teknis, kelas ini juga akan memaparkan keterampilan komunikasi untuk keperluan pengembangan bisnis, layanan pelanggan, dan tools-tools digital yang bisa digunakan untuk memasarkan produk.

Baca Juga: Facebook Buat Panduan dan Pelatihan untuk Ramadan 2021, Berdayakan UKM

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Ilustrasi pelatihan Kartu Prakerja

Kelas dilaksanakan dengan metode belajar mandiri (menonton video, membaca bacaan, dan tugas mandiri, tanpa webinar) agar bisa menyesuaikan dengan profil peserta yang memiliki kesibukan tersendiri.

Pelatihan Gratis Lewat Kartu Prakerja

Untuk mengikuti kursus “Menjalankan Toko di eCommerce sebagai Pengelola Toko”, pengguna bisa membuat akun melalui aplikasi Android atau website ZenPro. Setelah itu, pengguna bisa memilih kelas pelatihan yang ingin diikuti, serta mitra digital Kartu Prakerja untuk memproses kelas pelatihan.

Pengguna kemudian akan mendapatkan kode voucher untuk mengklaim voucher pelatihan di halaman utama aplikasi dan website.

Saat ini, ZenPro menawarkan 49 kelas pelatihan dalam 12 kategori utama, yang diampu oleh master tutor Zenius, serta para praktisi dan ahli di kompetensinya masing-masing.

Baca Juga: Aplikasi Terampil Resmi Meluncur, Tawarkan Gaya Baru Pelatihan Online

Sebagian besar pelatihan ZenPro untuk Program Kartu Prakerja menitikberatkan pada topik digital marketing dan media sosial, yaitu lebih dari 50%.

Pada tahun 2021 sendiri, sudah ada lebih dari 250.000 peserta yang menerima manfaat Program Kartu Prakerja ini.

Kelas-kelas pelatihan ZenPro juga bisa diakses melalui situs resminya ataupun beberapa platform digital seperti Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, dan Karier.mu by Sekolahmu, dengan kisaran harga antara Rp99.000-Rp800.000.

Kedepannya, ZenPro berencana untuk terus menambah topik-topik pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri masa kini.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya