Joe Biden Tuding Rusia Eksplorasi Dunia Maya, Ada Serangan Digital Skala Besar

Selasa, 22 Maret 2022 | 14:00
The Ecologist

(Ilustrasi) Presiden AS Joe Biden

Nextren.com - Presiden Amerika, Joe Biden tuding Rusia eksplorasi dunia maya.

Biden menyatakan bahwa badan intelijen AS telah mengindikasikan adanya peningkatan ancaman dunia maya yang dilakukan Rusia ke Amerika.

Dilansir dari BBC, Joe Biden menyebut kalau Rusia sedang berupaya untuk menjajaki serangan digital.

Dalam pernyataan di hari Senin (21/3) kemarin, Biden menyebut bahwa saat ini badan intelijen AS sedang berkembang dan melakukan penyelidikan.

Laporan yang sudah terkumpul pun diklaim mencatat temuan kalau Rusia sedang mencoba untuk melakukan eksplorasi lebih luas di dunia maya.

Oleh karena itu, Joe Biden mengimbau dan memerintah perusahaan-perusahaan Amerika untuk menutup akses digital ke pihak Rusia.

"Anda memiliki kekuatan, kapasitas, dan tanggung jawab untuk memperkuat keamanan siber dan ketahanan layanan dan teknologi penting yang diandalkan orang Amerika," tutur Joe Biden, dikutip dari BBC, Selasa (22/3).

"Kami membutuhkan semua orang untuk melakukan bagian mereka," lanjutnya.

Baca Juga: Elit Rusia Dikabarkan Akan Racuni Putin, Mulai Tak Sabar Terkena Sanksi Barat

Baca Juga: Sony Hentikan Penjualan Konsol PlayStation di Rusia, Dampak Perang!

Lebih lanjut, Biden pun mensinyalir bahwa eksplorasi dunia maya yang sedang dilakukan oleh Rusia kali ini adalah dampak dari sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh wilayah Barat.

Oleh karena itu, Presiden Amerika tersebut menuding Rusia sedang berusaha untuk melakukan serangan digital berskala besar demi bisa mengembalikan kestabilannya.

Ditambah, Rusia juga pernah disalahkan dalam kasus serangan digital NotPetYa di tahun 2017 lalu.

Joe Biden menyatakan bahwa kasus tersebut disalahkan pada peretas militer Rusia yang telah menghancurkan ribuan bisnis di seluruh dunia dan mengalami kerugian sekitar 10 miliar USD karena adanya software yang menyebar secara tak terkendali.

DW

Ilustrasi Joe Biden dan Vladimir Putin. Biden sudah menegaskan langkah menahan serangan Rusia ke Ukraina, termasuk kirimkan senjata ini

Joe Biden Takut Infrastruktur Amerika Hancur

Kembali melansir dari BBC, adanya pernyataan dari Joe Biden pun dinilai sebagai bentuk kekhawatirannya terhadap serangan digital yang akan dilakukan oleh Rusia.

Sebab menurut sejumlah penilai, apa yang dilakukan oleh Rusia dapat menghadirkan infrastruktur Amerika hancur.

Dan langkah Joe Biden tuding Rusia lakukan eksplorasi dunia maya ini pun dianggap beberapa kalangan sebagai sebuah hal yang tidak mengejutkan dan dirasa sebagai pengulangan dari inisiatif perlindungan yang sudah dilakukannya.

Baca Juga: Hacker Rusia Diduga Incar Router Asus Pakai Cyclops Blink, Ini Tujuannya

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya