Lakukan 5 Langkah Penting Ini Sebelum Terima Paket Belanja Online

Rabu, 16 Maret 2022 | 16:00
Freepik.com

Ilustrasi pengirim paket pesanan online.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Semenjak pandemi, banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan layanan berbelanja online.

Layanan ini begitu cepat, selain cepat juga dengan mudah kita melakukannya.

Hanya dengan melihat barang lalu langsung beli dan menunggu hingga barang sampai ke tujuan.

Baca Juga: Rayakan Hari Perempuan, Blibli Tawarkan Promo Menarik dan Cashback

Meski terlihat lancar, terkadang terdapat permasalahan yang masih kita tidak bisa hindari.

Contohnya penipuan barang, yang dimana ketika barang sampai berbeda dengan yang dibeli.

Hal tersebut bisa kita cegah dengan melapor ke layanan e-commerce, namun tidak semuanya sesuai dengan urutan.

Agar mencegah terjadinya kekecewaan yang berlebih, kalian bisa melakukan 5 langkah sebelum menerima paket belanja online.

Langkah ini diberikan oleh Tokopedia dan bisa kalian lihat di halaman selanjutnya.

Langkah pertama, pembeli disarankan untuk tidak buru-buru mengklik selesaikan pesanan, harus memastikan terlebih dahulu apakah paket online yang diterima sesuai dengan pesanan.

"Pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. Karena jika pengguna sudah klik Selesaikan Pesanan, otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual," jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Lanjut ke langkah yang kedua, mengecek barang dengan membuka paket, pastikan siapkan hp lain untuk mengambil foto atau video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima.

Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik Ajukan Komplain bila di aplikasi Tokopedia dan sertakan bukti yaitu foto dan video.

Baca Juga: Jumlah Perempuan Pegiat Usaha Lokal di Tokopedia Meningkat Pesat, Bikin Bangga!

Prosesnya bisa saja cepat atau pun lambat melihat dari kuatnya bukti yang kalian tunjukkan.

Saran Nextren, sebelum rekam video unboxing, foto resi yang tertempel pada paket online.

Selain itu, usahakan merekam video unboxing secara jelas kepada produk tanpa adanya potongan untuk mengurangi rasa curiga.

Bila di platform Tokopedia, dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli.

Langkah yang ketiga, kalian harus memperhatikan batas waktu komplain, di setiap platform pastinya menyediakan fitur ini. Bagaimana dengan di Tokopedia?

Pada Tokopedia batas waktu komplain ialah maksimal 2x24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan.

"Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditanganidi Pusat Resolusi Tokopedia," ujar Ekhel.

Langkah yang keempat berguna untuk kalian yang memiliki masalah saat pembayaran COD, yaitu cek ongkos kirim akhir.

Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual.

Baca Juga: M-Banking BCA Error Berjam-jam, Netizen Curhat Gagal Ikut Promo 3.3

Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.

Langkah yang terakhir ialah review atau ulasan, bila langkah sebelumnya sudah kalian lakukan, setelahnya berikan review untuk membantu penjual.

Karena dengan diberikannya review dapat meningkatkan reputasi toko.

Belanja online memang cukup mudah, namun memperhatikan kelima langkah menerima paket belanja online ini harus bisa dibuat mudah agar paket datang, kalian pun tetap senang. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya