3 Insight Twitter Ini Penting Untuk UMKM Indonesia di Ramadhan 2022

Selasa, 01 Maret 2022 | 19:48
Flickr

Ilustrasi Twitter

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Twitter merupakan sosial media yang bisa dijadikan tempat mendiskusikan sesuatu apalagi dengan trending topiknya.

Trending topik di Twitter sering sekali menjadi perhatian penggunanya di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Bahkan Twitter memiliki sebuah data topik yang menarik termasuk insight topik Ramadhan 2022.

Insight ini dibuat melihat trending sebelumnya, dan kebanyakan pada tahun ini, pengguna gen Z lebih banyak untuk diincar bagi UMKM yang ingin beriklan.

Baca Juga: Ramai di Twitter dan TikTok, Ini Arti Kata 'Fafifu Wasweswos'

Insight ini berguna bagi UMKM yang ingin mempromosikan produknya di Twitter.

Pastinya jika kalian sering bermain Twitter banyak sekali yang sudah mulai ramai mempromosikan jualannya di tweet pribadi atau dari reply tweet trending.

Ada juga yang menggunakan layanan iklan di Twitter namun kebanyakan yang beriklan merupakan brand besar.

Insight topik Ramadhan 2022 di Twitter ada tiga dan ketiganya bisa jadi ide promosi para UMKM, kalian bisa melihatnya di halaman selanjutnya.

Lebih Banyak Aktif di Sosial Media

Menurut data Twitter,74% warga Twitter di Indonesia memutuskan untuk lebih aktif di media sosialselama bulan Ramadhan tahun ini.

Untuk menghibur diri,67% berencana untukstreamingfilm/serial TV favoritdan36% lainnya berencana untuk berbelanja secaraonline.

Selain itu, Ramadhanadalah saat yang tepat untuk terhubung dengan anggota keluarga atau komunitas yang turut merayakan ramadhan (44%) dan tertarik untuk saling berbagi dengan sesama.

Baca Juga: Pemerintah Rusia Blokir Akses Twitter dan Facebook, Ini Alasannya!

Bulan Ramadhan identik dengan momen belanja, di mana percakapan tentang belanja ramadhan tahun ini meningkat2,9 kali dibandingkan tahun sebelumnya.

Topik belanja menjadi lebih ramai dibicarakan saat orang-orang menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Mulai dari momen cairnya THR, percakapan di Twitter meningkat satu minggu sebelum Idulfitri, di mana mereka saling berbagi tentang rencana untuk berbelanja serta menyenangkan diri sendiri dan keluarga menjelang Hari Raya.

Akan Ada Banyak Harapan

Meski tantangan dan kekhawatiran masih ada, masyarakat Indonesia dikatakan lebih optimis dalam menyambut Bulan Suci tahun ini,dengan 58% orang berharap kondisi akan menjadi lebih baik sebelum April 2022.

Dari data tersebut, masyarakat yang berusia 30 tahun ke atas lebih optimis (70%) dibandingkan mereka yang berusia 18 - 29 tahun (55%).

Ramadhan adalah saat yang tepat untuk terhubung dengan anggota keluarga atau komunitas yang turutmerayakan Ramadhan (44%) dan tertarik untuk saling berbagi dengan sesama.

Akan Banyak Konten Ramadhan di Twitter

Twitter melakukan sebuah survei ke penggunanya di Indonesia yang dominan merupakan gen-Z.

Berdasarkan survei Twitter,91% warga Twitter di Indonesia berencana untuk berbelanja selama bulan Ramadhan.

Lalu 36% di antaranya berencana untuk lebih sering berbelanja.

Baca Juga: Video Palsu Perang Rusia-Ukraina Beredar di Medsos, Ternyata dari Game ArmA III

Survei Twitter juga menunjukkan adanya perbedaan minat antara Gen-Z dan generasi sebelumnya.

Perbedaannya

Sejumlah 94% Gen-Z berencana untuk berbelanjadan mereka lebih tertarik melihat konten untuk konsumsi pribadi –sepertipromosi / diskon (52%),dan pertunjukan / konser virtual di Twitter (45%).

Sedangkan, generasi sebelum Gen-Z di Twitter lebih tertarik mencari cara untuk terhubung dengan orang lain dari sisi spiritual melaluikonten-konten motivasi (doa, saran, bijak, dan lain lain) (61%) dan bagaimana cara mereka bisa membantu sesama (50%).

Insight dari Twitter ini bisa kalian manfaatkan agar konten promosi usaha kalian bisa lancar di sosial media. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya