Duh! Apple Dikabarkan Jadi 'Biang Kerok' Anjloknya Pemasukan Facebook

Jumat, 18 Februari 2022 | 17:00
Wikimedia Commons

Ilustrasi aplikasi Facebook di iPhone

Nextren.com - Berbicara tentang media sosial, tentunya tidak bisa dilepaskan dari nama Facebook.

Platform yang pertama kali dibentuk dan dikembangkan oleh Mark Zuckerberg ini sudah eksis dari tahun 2004.

Selamabelasan tahun, Facebook telah sukses mengumpulkan banyak pengguna di seluruh dunia.

Banyaknya pengguna ini tentunya berpengaruh terhadap pemasukan yang diterima oleh Facebook dan perusahaan induknya yang kini bernama Meta.

Baca Juga: Facebook Diprediksi Jadi Medsos Terbesar di 2022, Gimana Nasib TikTok?

WalaupunFacebook sudah sangat populer, hal itu tidak menjamin perusahaan raksasa asal Amerika Serikat ini bebas kerugian.

Laporan situsRecodejustru menujukkan bahwa Facebook dan Meta telah merugi dalam beberapa waktu terakhir.

Bahkan berdasarkan laporan keuangan minggu lalu, Facebook telah menelan kerugian sebesar 26%.

Dari berbagai macam faktor, Apple dan kebijakannya disebut-sebut sebagai penyebab kerugian besar Facebook.

Lebih tepatnya, Apple dan kebijakan App Tracking Transparency yang telah membuat Facebook menderita kerugian yang tidak sedikit nilainya. Selengkapnya dapat dibaca di halaman selanjutnya.

Sebagaimana diketahui, kebijakan App Tracking Transparency sudah diberlakukan sejak tahun 2020 lalu.

Kebijakan App Tracking Transparency berhubungan dengan banyaknya iklan-iklan yang sering tampil dan muncul di smartphone iPhone besutan Apple.

Melalui kebijakan tersebut, pengguna iPhone bisa mematikan sistem tracking yang internet yang ada di berbagai macam aplikasi, salah satunya Facebook.

Baca Juga: Xiaomi Tabuh Genderang Perang Lawan Apple di Segmen HP, Menang Siapa?

Ketika sistem tracking dimatikan, pihak ketiga tidak akan bisa memantau aktivitas pengguna.

Padahal bisanya sistem tracking digunakan untuk mengawasi aktivitas pengguna di internet, sehingga iklan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan.

Maka dari itu, kini seringkali pengguna iPhone menjumpai iklan-iklan yang ada di Facebook merekatidak relevan.

Hal itu mempengaruhi kemauan para pengiklan untuk mengiklankan produk atau layanan mereka lewat Facebook.

Semakin sedikit pengiklan yang mau beriklan di Facebook, maka makin sedikit pula pendapatan yang akan diterima Facebook serta Meta.

Nah kalau menurut sobat Nextren bagaimana, tulis pendapat kalian di kolom komentar ya. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : 9to5mac

Baca Lainnya