Sukses Raih Banyak Pengguna, Ini Prediksi Strategi DANA di Tahun 2022

Kamis, 03 Februari 2022 | 11:00

DANA raih banyak pengguna di 2021

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -DANA kemarin (29/1) secara daring mengumumkan pencapaiannya di tahun 2021 dan strategi di tahun 2022.

Sebagai dompet digital, tidak hanya pencapaian yang diraih, namun juga fitur menarik pun diluncurkan dalam aplikasi DANA.

Seperti fitur Manage Limit Card dan Biller Subscription & Reminder dan fitur Simpan Kartu (Card binding).

DANA memiliki komitmen untuk menjadi jembatan bagi ekosistem ekonomi digital di Tanah Air.

Komitmen tersebut dikatakan sudah diwujudkan baik melalui inovasi dengan terus melakukan pembaruan atau menghadirkan fitur baru, maupun melalui kolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan.

Untuk pengguna baru, sepanjang 2021, jumlah pengguna DANA bertambah 45 juta sehingga mencapai total 95 juta pengguna.

"Pertumbuhan pengguna kami juga menandakan kesiapan masyarakat akan pemanfaatan dompet digital," ujar Rangga Wiseno, Chief of Product DANA.

Secara tahunan, perolehan ini merupakan yang tertinggi sepanjang perjalanan DANA sejak resmi diluncurkan pada Desember 2018.

Baca Juga: Jeff Bezos Kumpulkan Ilmuwan Top Dunia, Cari Teknologi Anti Penuaan

Pada tahun sebelumnya, jumlah pengguna DANA bertambah 10 juta dari 40 juta menjadi 50 juta pengguna.

DANA juga mencatat sepanjang 2021, jumlah pengguna aktif naik hingga 101%. Sejalan dengan itu, volume transaksi tumbuh 143% (year on year) dengan rata-rata 7 juta transaksi per hari.

Pertumbuhan juga terjadi pada sejumlah fitur yang selama ini menjadi favorit pengguna.

Yaitu QRIS Payment, transaksi online merchants, DANA Biller untuk pembayaran tagihan rutin, Kirim uang, dan fitur DANA Bisnis yang berhasil meningkatkan transaksi 400.000 mitra UMKM sebesar 35%.

Pertumbuhan juga terjadi pada fitur Top Up sebesar 168%.

Soal keamanan, DANA menambah lapisan verifikasi yang kian canggih termasuk mengimplementasikan DANA VIZ untuk untuk menjaga data dan transaksi pengguna lewat verifikasi wajah.

DANA juga mengaku tidak terlalu memikirkan pesain namun mementingkan kolaborasi.

"DANA tidak melihat lembaga keuangan dan perbankan sebagai pesaing, melainkan mitra strategis untuk mempercepat inklusi keuangan digital," ujar Dedy Sahat, Director of Business Development DANA.

Baca Juga: Kafe Kopi Indonesia Raih Dana Rp 1,3 Triliun, Ini Tampilan Kemasannya

Dedy melanjutkan, perusahaan fintech ini di tahun 2021 telah menghadirkan belasan program maupun kampanye dengan mitra perbankan.

Sebagai contoh, pada September 2021, DANA dan BCA bekerja sama untuk memungkinkan pengguna mencairkan saldo DANA mereka di ATM BCA.

Terbaru, DANA memungkinkan pengguna untuk melakukan top up Mandiri e-money melalui aplikasinya.

Adapun untuk tahun 2022,DANA akan berfokus dalammengoptimalkan pengalaman bertransaksi digital pengguna.

Dengan cara memperluas fiturnya termasuk menyediakan layanan finansial kepada konsumen dan menambahkan beberapa inisiatif untuk merchant.

Beberapa inisiatif tersebut termasuk menyederhanakan proses on boarding dan integrasi dengan mitra.

Serta meluncurkan beberapa produk yang berkaitan dengan asuransi dan pinjaman (paylater).

Mari kita tunggu saya ya sobat Nextren. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya