Inilah Perbedaan Foto Portrait OPPO Reno Yang Pakai Sony IMX 709

Jumat, 28 Januari 2022 | 18:48
Bagus

HP OPPO Reno dengan Sony IMX 709

Nextren.com -Dalam melihat spesifikasi kamera suatu smartphone, seringkali mata pengguna tertuju pada ukuran megapixel yang tertera di atas kertas atau website komparasi spek HP.

Namun ada salah satu informasi yang sering kali terlewat yaitu sensor kamera yang digunakan.

Sensor ini memiliki pengaruh yang cukup besar kepada hasil gambar akhir suatu smartphone.

Salah satu sensor kamera yang harus diperhitungkan kehadirannya adalah Sony IMX 709 yang akan terpasang pada generasi penerus OPPO Reno series selanjutnya dan memiliki performa portrait yang sangat menarik.

Sony IMX 709 adalah sebuah sensor kamera RGBW generasi terbaru dikembangkan bersama dengan Sony di salah satu pusat penelitian dan pengembangan OPPO di Jepang.

Dalam kerjasama ini, OPPO dan Sony telah menghasilkan 87 paten dan dikembangkan oleh lebih dari 300 insinyur, serta investasi senilai lebih dari 1,5 juta dollar selama 3 tahun.

Hasil nyata dari kerja sama ini dapat terlihat dari sensor Sony IMX 709 yang akan dipasang pada kamera depan HP OPPO Reno series generasi selanjutnya yang akan dijual di Indonesia.

Pada hasil yang dipamerkan oleh OPPO, sensor ini memiliki tingkat detail yang lebih baik juga dibandingkan dengan sensor RGBW konvensional.

Tidak hanya soal penangkapan gambar, IMX 709 juga menjadi yang pertama di industri menanamkan kecerdasan buatan ke dalam sensor yang dapat berkerja meningkatkan kualitas penangkapan foto secara cerdas, hemat daya, dan waktu pemrosesan gambar yang relatif lebih cepat.

Kebetulan OPPO sudah mendemonstrasikan performa dari sensor ini kepada Nextren melalui sebuah perangkat yang disebut saja sebagai "Reno X" sebagai gambaran kualitas sensor tersebut.

Baca Juga: OPPO eXperience Store Perdana hadir di Bandung, Usung Konsep Kolaborasi

Sensor Sony IMX 709 ini akan terpasang di kamera depan perangkat OPPO Reno selanjutnya, yang biasa digunakan untuk mengambil foto diri atau swafoto.

Sehingga hasil - hasil foto yang akan terlihat disini adalah hasil selfie dan dengan mode portrait pada perangkat OPPO Reno yang sudah menggunakan sensor Sony IMX 709.

Pada mode ini akan terlihat hasil penangkapan gambar dengan efek kedalaman atau bokeh, yaitu efek blur pada background yang menjadi ciri khas mode portrait.

Hasilnya foto dari perangkat OPPO dengan IMX 709 ini juga akan dibandingkan dengan hasil foto selfie HP OPPO Reno6 yang menggunakan sensor Sony IMX 766.

bagus

Perbandingan foto selfie dalam ruangan OPPO Reno6 (kiri) dengan Reno X (Kanan)

Pada gambar yang pertama ini terlihat perbandingan antara gambar perangkat OPPO Reno6 dengan "Reno X" dalam kondisi dalam ruangan.

Detail yang diberikan perangkat Reno X lebih baik dibandingkan Reno6 yang terlihat pada detail heklai rambut pada kedua foto.

Helai - helai rambut dari foto hasil tangkapan HP OPPO Reno X memiliki detail yang lebih jelas padahasil akhir dibandingkan perangkat Reno6.

Selain detail, bayangan yang dihasilkan disekitar objek pada perangkat Reno X juga masih dijaga dengan baik.

Baca Juga: Pakai Sensor Sony IMX 709, Kamera OPPO Reno Selanjutnya Makin Canggih

Lalu pada gambar yang kedua, hasil Portrait OPPO Reno X dan Reno6 juga dibandingkan dalam kondisi yang lebih cerah di luar ruangan.

bagus

Hasil foto di luar ruangan HP OPPO Reno6 (kiri) dan perangkat Reno X (Kanan)

bagus

Hasil foto di bawah pohon HP OPPO Reno6 (kiri) dan perangkat Reno X (Kanan)

Pada kondisi di bawah matahari, hasil penangkapan gambar dari kedua perangkat OPPO Reno juga menunjukkan sedikit perbedaan.

Pada perangkat OPPO Reno X dengan sensor IMX 709, hasil gambar terlihat lebih detail dan warna kulit yang lebih natural.

Sedangkan dalam kondisi yang lebih teduh seperti bawah pohon, hasil foto dengan IMX 709 juga terlihat lebih cerah.

Secara keseluruhan, perangkat OPPO Reno X menjanjikan hasil gambar yang lebih detail dari generasi sebelumnya.

Sehingga hasil foto selfie bisa terlihat menarik dan menjanjikan tingkat ketajaman yang lebih baik setelah melalui proses optimisasi lebih lanjut.

Baca Juga: Evolusi Fitur Portrait HP OPPO Reno Series Yang Bikin Foto Super Unik(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya