Grand Final Piala Presiden Esports 2021 Digelar di Bali, Ini Alasannya

Kamis, 09 Desember 2021 | 14:00
YouTube/ IESPL_ID

Piala Presiden Esports 2021

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Piala Presiden Esports 2021 merupakan salah satu perhelatan terbesar turnamen olahraga digital di Indonesia.

Setelah melalui sejumlah pertandingan kualifikasi, turnamen ini pun sudah memasuki tahap akhir.

Pihak penyelenggara pun memutuskan untuk melaksanakan grand final Piala Presiden Esports 2021 digelar di Bali.

Jika tidak meleset dari jadwal, acara tersebut akan berlangsung pada tanggal 17 - 19 Desember 2021.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bakal Bertemu Jerman di FIFAe Nations Cup 2021!

Lokasi penyelenggaraannya pun akan berlangsung di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Nantinya para punggawa atau tim esports yang berhasil ke babak grand final akan bertanding secara langsung dan siarkan pula melaluilive streaming.

Tak hanya itu, pihak penyelenggara mengklaim telah memiliki rencana menghadirkan sebuah pertunjukan menarik dalam acara grand final Piala Presiden Esports 2021.

Alasan Piala President Esports 2021 di Bali

Dalam acara konferensi pers virtual bertajuk "Piala Presiden Esports 2021 dan Upaya Mendorong Pertumbuhan Sports Tourism" yang digelar pada hari Rabu (9/12), dijelaskan apa saja yang menjadi alasan Pulau Dewata menjadi lokasi acara puncak Piala Presiden Esports 2021.

Deputi Produk Wisata & Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Rizki Handayani mengatakan, "Ini sangat bagus dalam arti menggerakkan roda kegiatan di daerah tersebut (Bali)."

Baca Juga: Game Lokal Battle of Satria Dewa Dipertandingkan di PPE 2021

Rizky juga menyebut bahwa ajangesport yang saat ini sudah menjadi salah satu bagianlifestyle juga dapat mendorong orang-orang untuk berwisata.

Hal senada pun diungkapkan oleh mantan atlet basket nasional, Cokorda Raka.

Ia menilai bahwa kehadiran grand final Piala Presiden Esports 2021 akan dapat membantu pulihnya ekonomi masyarakat Bali.

Baca Juga: Piala Presiden Esports 2021 Segera Digelar, Ada Game Lokal Indonesia

Sebab sektor pariwisata yang menjadi salah satu menopang utama di Bali sempat mengalami penurunan signifikan akibat adanya pandemi.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat maupun para pihak yang telah menyelenggarakan berbagai event, termasuk Piala Presiden Esports 2021," tuturnya.

Kejutan di Grand Final Piala Presiden Esports 2021

Dalam acara yang sama, Sekertaris Jenderal Piala Presiden Esports 2021, Matther Airlangga menjelaskan bahwa pihaknya akan membuat sebuah hal yang unik.

Penyelenggara mengklaim bakal menghadirkan lebih dari 200 atlet esports yang akan hadir di grand final Piala President Esports 2021.

Baca Juga: Unik, Inilah Turnamen Esport Microsoft Excel Tingkat Internasional

Lalu akan ada juga bekerjasama dengan sejumlah seniman hingga UMKM di Bali dalam acara tersebut.

"Untuk babak grand final di Bali, selain kehadiran lebih dari 200 atlet esports, kami sebagai penyelenggara juga berkolaborasi dengan seniman-seniman, pelaku industri, dan UMKM di Bali.

Hal tersebut diwujudkan dengan keberadaan piala kejuaraan baru yang dibuat oleh seniman patung terkenal asal Pulau Dewata.

Baca Juga: Segini Gaji Pemain Pro Game Mobile Legends, Bisa Buat Beli Rumah!

Dalam acara bertema "Land of Wonders" itu pun nantinya akan menghadirkan sebuah pertunjukan visual yang diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi calon pengunjung wisata di Bali.

"Kita sudah menyiapkan satu acara selama tiga hari nanti dengan panggung dan pengisi acara yang luar biasa," pungkas Matthew.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya