Oknum Driver Gojek Bawa Kabur MacBook Pro M1 Max, Ini Respon Tokopedia dan Gojek

Senin, 22 November 2021 | 13:32
GoTo

Kurir GoTo

Nextren.com - Minggu lalu sempat ramai soal cuitan salah satu netizen di Twitter yang mengaku telah kehilangan produk belanjaan yang dibeli dari Tokopedia.

Netizen dengan akun @untung_putro membuat sebuah utas yang menceritakan pengalaman tidak mengenakan yang dialaminya saat membeli MacBook Pro M1 Max.

Dari keterangannya, ia mengaku kalau barangnya tersebut dibawa kabur oleh oknum driver Gojek yang ditugaskan untuk mengantarkan paket ke alamat tujuan.

Lewat tweetnya itu, Untung meminta tolong kepada para netizen yang mengenali oknum driver yang membawa MacBook Pro M1 Max miliknya.

Baca Juga: Duh! Driver Gojek Bawa Kabur MacBook Pro M1 Max Seharga Rp 64 Juta!

Pasalnya perangkat tersebut dikatakan Untung memiliki nilai yang terbilang besar.

Disebutkan kalau harga MacBook Pro M1 Max itu dibeli dengan nominal Rp 67.429.700.

Selain itu, Untung juga mengklaim kalau oknum driver Gojek yang membawa pesanannya tersebut memakai KTP palsu.

Lantas seperti apa tanggapan Tokopedia terkait kasus yang viral di media sosial ini?

Tanggapan Tokopedia

Dihimpun dari Kompas, Senin (22/11), pihak Tokopedia diketahui telah memberikan pernyataan terkait adanya masalah yang menimpa salah satu konsumennya tersebut.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan kalau pihaknya sedang menindaklanjuti kasus yang terjadi pada Untung.

Baca Juga: Siap-siap Ongkos Kirim Hangus Jika Batalkan Pesanan di Tokopedia

Ekhel juga menyebut kalau Tokopedia akan berkolaborasi dengan sejumlah mitra strategis perusahaan guna bisa menyelesaikan masalah itu.

Lebih lanjut, ia pun menerangkan bahwa Tokopedia memiliki sistem rekening bersama.

Hal itu akan membuat uang pembeli baru bisa diterima oleh penjual ketika produk sudah diterima.

Baca Juga: Samsung Galaxy Tab S8 Ultra Bakal Punya Notch, Jadi Mirip MacBook!

Dengan adanya kasus ini pun Ekhel mengimbau agar seluruh pengguna Tokopedia untuk menaati aturan penggunaan platform ataupun hukum yang berlaku di Indonesia terkait transaksi.

"Demi keamanan dan kenyamanan bersama," ujar Ekhel.

Ia turut menegaskan bahwa konsumen yang mengalami masalah bisa langsung menghubungi Tokopedia melalui layanan konsumen digital yang tersedia 24 jam.

Bagaimana dengan tanggapan Gojek yang melibatkan oknum drivernya dalam kasus tersebut?

Tanggapan Gojek

Gojek yang diwakilkan oleh Rubi W. Purnomo, selaku SVP Corporate Affairs Gojek menyayangkan adanya kejadian oknum driver Gojek bawa kabur MacBook tersebut.

Ia menyebut bahwa keamanan dan kenyamanan konsumen adalah fokus utama dari perusahaan.

Baca Juga: Terkait Kontroversi GoTo, Gojek dan Tokopedia Akan Lawan Balik

Oleh karenanya, Gojek tidak akan metolerir tindakan pelanggaran yang terbukti terjadi di ekosistemnya.

"Kami telah berkomunikasi dengan konsumen untuk memastikan proses ganti rugi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ucap Rubi, dikutip dari Kompas, Senin (22/11).

Rubi juga menegaskan kalau kasus yang melibatkan salah satu oknum driver Gojek tersebut sudah dilaporkan ke pihak kepolisian.

Baca Juga: Gojek Bakal Beralih Pakai Motor Listrik, Gimana Nasib Driver?

Dan dengan adanya peristiwa ini, petinggi perusahaan itu turut menyebut akan mengedukasi mitra driver terkait tata tertib yang diberlakukan di Gojek.

"Bila mitra kami terbukti bersalah, kami akan memberikan sanksi sesuai kebijakan yang berlaku, yaitu putus mitra," tuturnya.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya