MediaTek Dimensity 9000 Diklaim Tidak Akan Panas, Lebih Baik dari Qualcomm?

Minggu, 21 November 2021 | 13:00
Gizchina

Chipset MediaTek Dimensity 9000.

Nextren.com - MediaTek telah memperkenalkan prosesor tebarunya yang diharapkan akan dibenamkan di sejumlah seri HPflagship tahun 2022.

Perusahaan asal Taiwan tersebut baru saja merilis chipset MediaTek Dimensity 9000 yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing kuat untuk chipset Snapdragon 8 Gen1 milik Qualcomm.

Hal itu dimungkinkan karena fabrikasi noda yang ada pada chipset MediaTek Dimensity 9000 hanya berukuran 4nm.

Baca Juga: Persaingan Chip MediaTek vs Qualcomm di 2021, Lebih Laris Mana?

Selain itu, pihak perusahaan juga membenamkan inti Cortex-X2 yang disebut dapat mendukung kamera hingga resolusi 320MP, RAM LPDDR5x, dan Bluetooth 5.3, dikutip dari Gizchina.

Petinggi MediaTek juga menyatakan kalau kinerja dan performa dari chipset Dimensity 9000 ini akan memberikan kinerja yang mampu diandalkan oleh penggunanya.

Baca Juga: Seberapa Tangguh Chipset MediaTek Dimensity 1100 5G di POCO X3 GT?

"Kami sangat yakin dan jelas menguji chipset ini untuk pelanggan kami dan umpan balik yang kami dapatkan sangat menjanjikan," tutur Wakil Presiden dan Manajer Umum Pemasaran MediaTek, Finbarr Moynihan, dikutip dari Gizchina, Minggu (21/11).

Hal senada pun diungkap oleh juru bicara MediaTek yang mengatakan, "Ketika membandingkan perangkat dengan apa yang kami pikir akan dimiliki pesaing kami, kami percaya bahwa tahun depan kami akan memiliki keunggulan daya untukflagship."

Menariknya, pihak MediaTek mengklaim kalau chipset Dimensity 9000 tidak akan panas ketika dipakai di perangkat smartphone.

Finbarr Moynihan menyebut bahwa pihaknya telah memberikan solusi yang lebih baik dari pesaingnya untuk sistem penekanan suhu saat perangkat dipakai beraktivitas.

Baca Juga:MediaTek Tambah Lini Chipset 5G Dengan Dimensity 920 dan Dimensity 810

Pasalnya penggunaan inti Cortex-X2 pada Dimensity 9000 tidak dipungkiri memiliki kinerja yang tinggi.

Direktur Hubungan Masyarakat MediaTek pun turut memberikan pendapatnya terkait kendala chipsetflagshipyang dikenal lebih cepat panas.

notebookcheck.net via MediaTek
notebookcheck.net via MediaTek

Ilustrasi chipset MediaTek Dimensity

"Sekarang hanya satu perusahaan yang memiliki masaah dengan panas berlebih, dan ini bukan MediaTek," tegasnya, kembali mengutip dari Gizchina.

Baca Juga: MediaTek Dimensity 2000 Tembus Skor Benchmark 1 Juta, Pecahkan Rekor!

Lantas seberapa kuat chipset MediaTek Dimensity 9000?

MediaTek mendeklarasikan bahwa chipset Dimensity 9000 adalah prosesor terkuat yang ada saat ini.

Pihak perusahaan menyatakan kalau performa chipset Dimensity 1000 yang dirilis tahun lalu pun masih berada di bawah Dimensity 9000.

Baca Juga: Supplier Apple Ungkap Chipset Akan Tetap Langka Sampai Tahun Depan!

Bahkan MediaTek juga berani untuk menyebut kinerja chipset Dimensity 9000 lebih baik dibandingkan dengan milik pesaing seperti, Snapdragon 888 (Qualcomm) atau Exynos 2100 (Samsung).

Oleh karena itu, dapat diasumsikan kalau MediaTek telah memboyong sejumlah peningkatan yang besar pada prosesor andalan terbarunya tersebut.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya