Siap-siap Ongkos Kirim Hangus Jika Batalkan Pesanan di Tokopedia

Jumat, 19 November 2021 | 21:45
Fahmi Bagas

Ilustrasi aplikasi Tokopedia.

Nextren.com - Salah satu bahan pertimbangan seseorang membeli barang secara online adalah ongkos kirim (ongkir).

Apalagi jika jarak penjual dan pembeli cukup jauh, misalnya di luar Jawa, maka nilai ongkir bisa membuat orang berpikir ulang untuk berbelanja.

Maka fitur bebas ongkos kirim (ongkir) menjadi salah satu daya tarik e-commerce.

Sebab, fitur tersebut cukup meringankan biaya pengiriman, apalagi jika jaraknya cukup jauh.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan GoPay di Tokopedia, Kini Resmi Dipakai Transaksi

Akan tetapi, ada kalanya pembeli terpaksa harus membatalkan pemesanan, meskipun barang sudah diproses dan dikirim oleh penjual.

Misalnya saja karena alamat yang ditulis salah atau barang yang dipesan ternyata tidak sesuai.

Baru-baru ini, Tokopedia mengumumkan perubahan terkait layanan bebas ongkos kirim (ongkir).

Perubahan khususnya berlaku untuk proses pembatalan pemesanan.

Bagaimana aturan baru Tokopedia tersebut? Yuk simak di halaman selanjutnya.

Melansir dari situs resmi Tokopedia, diumumkan bahwa jika pembeli membatalkan pesanan dan/atau melakukan refund (pengembalian dana) atas barang setelah pengiriman sudah dilakukan, maka biaya pengiriman barang akan dianggap hangus.

Selain itu, pembeli juga wajib bertanggung jawab atas subsidi ongkos kirim yang sudah diberikan.

Aturan ini akan berlaku mulai 25 November 2021.

Sebelum aturan itu berlaku, pemberlakuan fitur bebas ongkir untuk pesan yang dibatalkan agak berbeda.

Baca Juga: Penjualan HP dan Gadget di Tokopedia Meningkat, Tertinggi Dari Papua

Menurut informasi akun Twitter @TokopediaCare, jika pesanan dibuat dan terjadi pembatalan di minggu yang sama, maka kuota bebas ongkir akan dikembalikan dan bisa digunakan untuk pesanan selanjutnya.

Namun jika pesanan dibuat dan terjadi pembatalan di minggu berbeda, maka kuota bebas ongkir akan dianggap hangus.

Pembatalan pesanan di Tokopedia

Pembatalan pemesanan setelah barang masuk proses pengiriman mungkin saja bisa terjadi.

Pembeli bisa mengajukan pembatalan dengan persetujuan dari penjual.

Permintaan pembatalan ini bisa dilakukan minimal tiga jam setelah pembayaran terverifikasi.

Jika disetujui, dana akan dikembalikan ke saldo refund/GoPay/limit kartu kredit, sesuai metode pembayaran yang dipilih sebelumnya.

Dana refund tersebut bisa digunakan kembali untuk melakukan transaski selanjutnya di Tokopedia.

Waktu pengembalian dana berbeda-beda tergantung metode bayar dan refund.

Baca Juga: Hadiah Tokopedia Jika Harga Produk Marketplace Lain Lebih Murah

Misalnya, pembayaran dengan transfer bank akan dikembalikan secara real-time, sebagaimana dengan metode pembayaran dengan Tokopoints, atau Kredivo.

Namun untuk kartu kredit dan debit online, disebutkan bahwa waktu refund bisa memakan waktu hingga 14 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur).

Selengkapnya bisa disimak di tautan berikut. Apabila pesan dibatalkan, dana akan dikembalikan secara penuh.

Namun, jika pembelian penggunakan promo atau voucher promo atau potongan harga lainnya, maka dana yang dikembalikan dikurangi dengan diskon yang digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul"Aturan Baru Pembatalan Pesanan di Tokopedia" Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya