Xiaomi Perkenalkan Sistem Pendingin Loop LiquidCool, Kapan Rilis?

Selasa, 09 November 2021 | 20:30
Xiaomi

Sistem pendingin Loop LiquidCool terbaru dari Xiaomi.

Nextren.com- Xiaomi makin agresif untuk mengembangkan sejumlah teknologi terbaru yang akan diusung pada seri smartphone terbarunya.

Perusahaan teknologi asal Tiongkok itu dilaporkan baru saja memperkenalkan sistem pendingin bernama Loop LiquidCool pada hari Selasa (9/11), waktu setempat.

Dilansir dari Android Central, sistem pendingin itu digadang-gadang dapat mendinginkan suhu perangkat dua kali lipat dari kemampuan seri ponsel terbaik yang dimilikinya sekarang.

Baca Juga: Skor DxOMark Kamera Xiaomi 11T Pro, Ungguli iPhone XS Max!

Bahkan Xiaomi mengklaim kalau Loop LiquidCool akan menjadi sistem pendingin terbaik jika dibandingkan dengan seri ponsel Android yang sudah beredar saat ini.

Penamaan Loop LiquidCool juga dikatakan karena skema kerja dari pendingin yang memanfaatkan efek kapiler untuk menarik zat pendingin cair ke sumber panas, menguap, dan pada akhirnya menyebarkan panas secara efisien ke area yang lebih dingin.

Baca Juga: 7 Merek HP yang Pakai Chipset Snapdragon 898, Xiaomi Paling Pertama?

"Nantinya zat tersebut juga akan mengembun dan ditangkap melalui saluran tertutup satu arah," ungkap Xiaomi, dikutip dari Android Central.

Dengan adanya pernyataan tersebut, Loop LiquidCool dari Xiaomi ini sebenarnya yidak berbeda jauh dengan sistem pendinginan cairan Vapor Chamber.

Hanya saja, sistem anyar tersebut memiliki saluran terpisah untuk gas dan cairan.

Kondisi itu pun akan membuat gas panas dan cairan dingin di perangkat akan terpisah dengan baik dan tidak mungkin tercampur seperti yang sering ditemukan pada ponsel saat ini.

Baca Juga: Xiaomi dan Shopee Usut Tuntas Kasus Kardus Kosong, Siapa Pelakunya?

Selain itu, Loop LiquidCool juga memiliki pompa berbetuk cincin yang berbentuk pipa gas.

Fungsi cincin tersebut adalah untuk menurunkan hambatan udara yang diklaim mencapai 30 persen.

Xiaomi pun berani menyebut kalau penggunaan Loop LiquidCool dapat mengatasi kapasitas perpindahan panas maksimal hingga 100 persen dari sebelumnya.

Baca Juga: Xiaomi 12 Bakal Jadi Hape Pertama Dengan Snapdragon 898, Kapan Rilis?

Pakai Teknologi Tesla?

Dihimpun dari Android Central, Xiaomi pun disinyalir menggunakan struktur katup Tesla di dalam ruang pengisian ulang.

Katup Tesla berguna untuk membuat cairan dapat melewati evaporator dengan sempurna tanpa menghalangi pergerakan gas yang menuju arah berlawanan.

Pihak perusahaan juga melakukan uji coba dengan mengkostumisasi sistem pendingin di seri HP Xiaomi MIX 4.

Hasilnya pun dinyatakan bahwa Loop LiquidCool mampu menahan suhu maksimum di bawah 47,7°C, dimana skor tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan versi standar.

Baca Juga: Duh! Niat Pengen Beli HP Xiaomi, Pembeli ini Malah Dapat Kardus Kosong

Xiaomi
Xiaomi

Ilustrasi Katup Tesla di sistem pendingin Loop LiquidCool Xiaomi.

Lalu kapan seri HP dengan Loop LiquidCool dirilis?

Meski sudah diperkenalkan, namun masih belum ada informasi jelas terkait seri HP Xiaomi yang akan menggunakan sistem pendingin Loop LiquidCool pertama kali.

Baca Juga: Pendiri Xiaomi Bocorkan Jadwal Rilis MIUI 13,Kapan Rilis di Indonesia?

Pihak Xiaomi hanya menyebut kalau kemungkinan besar seri HP yang perdana menggunakan sistem tersebut akan hadir di tahun depan.

Secara detail disebutkan kalau setidaknya sistem pendinginan Loop LiquidCool baru bisa dirasakan oleh pengguna Xiaomi di paruh kedua (H2) 2022 mendatang.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya