Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - YouTube Shorts merupakan layanan terbaru dari YouTube yang menampilkan video-video berdurasi pendek.
Sejak diluncurkan pada bulan Juli 2021 lalu, YouTube Shorts diklaim telah mencatat lebih dari 15 milyar penayangan setiap harinya.
Selain itu, video musik di YouTube juga menjadi salah satu konten yang banyak dinikmati oleh pengguna setiap bulannya.
Baca Juga: Sebentar Lagi Login Gmail dan YouTube Tak Cukup Password, Apa Alasannya?
Dan pada konferensi pers virtual yang diselenggarakan pada hari Senin (8/11), Olavina Harahap, selaku Product Marketing Manager YouTube Indonesia menyebut bahwa saat ini kebanyakan konsumen tertarik dengan konten video pendek.
"Kita sempat ngobrol sama penikmat video pendek, adainsightmenarik, salah satunya adalah pergeseran gaya hidup," ucap Ola.
Baca Juga: Lebih Dari 100 juta Orang Dewasa di Indonesia Menonton YouTube Tiap bulan
"Dengan adanya pandemi, lifestyleitu sedikit berubah, misalnya banyaknya waktu kosong," imbuhnya.
Oleh karenanya, YouTube Shorts menggaet Denny Caknan dan Young Lex untuk membuatdance challenge #MletreRameRame.
"#MletreRameRame ini adalah wujud nyata antara harmoni dua dunia, gak cuma Shorts dan Musik, tapi jugahyperlocal-milenialdangdut dan hiphop," jelas Ola.
Lewatdance challengekali ini, pengguna YouTube Shorts akan diajak untuk mengikuti keseruan koreografi yang dibuat oleh Young Lex.
Baca Juga: YouTube Hapus Dua Channel Milik R. Kelly Karena Kasus Pelecehan
Goyangan tersebut juga bisa ditonton dalam video musik dari lagu berjudul Mletre yang dinyanyikan oleh Denny Caknan dan Young Lex.
Menariknya, lagu tersebut menggabungkan dua genre musik yaitu dangdut dan hiphop.
Jadi para pengguna YouTube Shorts dapat bergoyang menggunakan lagu dangdut 'ambyar' khas Denny Caknan yang dibalut dengan unsur rap.
Baca Juga: Ternyata Indonesia Terbanyak Minta Hapus Konten di Google
Dance challenge #MletreRameRame ini pun menjadi tantangan joget pertama yang dihadirkan di YouTube Shorts.
"Karena ini pertama kali, kita (YouTube Shorts) juga pengen belajar dulu ya, jadi kita ga pasang untukachive segini," tutur Ola.
Keberadaandance challenge #MletreRameRame pun ditujukan hanya untuk menghibur pegguna YouTube Shorts saja.
"Intinya adalah kalau bisa menghibur, bisa membuat penikmatnya terhibur, cukup nontonin Shorts itu kita sudah bahagia," ungkap Ola.
Akan Ada Challenge Lain di YouTube Shorts
Meski begitu, pihak YouTube Indonesia mengaku akan menghadirkan sejumlahchallenge-challengelainnya di tahun depan.
Baca Juga: Fitur Baru YouTube 'Lanjutkan Menonton' Akan Dirilis, ini Fungsinya!
Bahkan Ola juga menyebut kalau challengeyang ada diYouTube Shorts nantinya tidak hanya akan berunsur goyangan.
"Kita akan luncurin beberapa lagi Shorts inisiatif yang lebih dari musik. Musik akan jadi bagian, tapi kita akan tambahkanvertical contentlain," terangnya.
Bagi pengguna yang mau berpartisipasi,challenge#MletreRameRame akan diselenggarakan mulai dari tanggal 9 - 22 November 2021.
(*)