Deretan Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Sembari WFH, Sudah Coba?

Jumat, 05 November 2021 | 19:30
Shutterstock

Ilustrasi work from home (WFH).

Nextren.com– Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang menerapkan skema bekerja dari rumah atau work from home(WFH). Hal itu dilakukan guna mencegah penularan Covid-19 di lingkup kantor dan menciptakan klaster baru.

Setelah bekerja dengan cara tersebut selama lebih dari satu tahun, banyak karyawan merasakan hal positif.Salah satunya,fleksibilitas.

Karyawan dapat melakukan pekerjaan di mana dan kapan saja.Bahkan, ketika pekerjaan selesai lebih awal dari jam kerja normal, karyawan bisa beristirahat atau melakukan aktivitas lainnya di rumah.

Selain itu, karyawan yang bekerja WFH tidak perlu pergi ke kantor setiap hari dan berhadapan dengan kemacetan.

Baca Juga: Trailer GTA VI Kabarnya Akan Segera Dirilis Bulan November ini!

Menurut ahli terapis Dr. Melanie Ross Mills dari Dallas, Texas, WFH juga dapat menjadi momen tepat untuk melakukan hal-hal positif demi memperbaiki diri dan kualitas hidup.

“Tanyakan kepada diri sendiri, dengan cara apa Anda melihat kehidupan berubah menjadi lebih baik? Bagaimana Anda dapat menjadi lebih baik setiap harinya?” ujar Dr. Mills dikutip dari lamanToday, Senin (4/5/2020).

Oleh sebab itu, Anda yang menjalani WFH bisa mulai mempertimbangkan untuk memanfaatkan waktu luang selama di rumah. Berikut rekomendasi kegiatan bermanfaat yang dapat Anda lakukan.

1. Punya pekerjaan atau usaha sampingan

Tidak dapat dimungkiri, WFH membuat sebagian besar orang merasa jenuh di rumah. Nah, ketimbang merasa bosan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambah penghasilan lewat pekerjaan atau usaha sampingan.

Baca Juga: 10 Pekerjaan ini Diprediksi Akan Naik Daun, Mayoritas Bidang IT!

Saat ini, banyak perusahaan yang membuka kesempatan bagi pekerja lepas ataufreelance. Anda dapat memanfaatkan keahlian yang Anda miliki, seperti menjadi penulis,desainergrafis, atau penerjemah bahasa.

Apabila Anda memiliki ketertarikan di bidang usaha, Anda juga bisa menjual produkonlinedengan memanfaatkan platforme-commerce. Semua itu bisa dilakukan dengan mudah lewatsmartphonesaja.

Namun, sebelum memulai pekerjaan atau usaha sampingan, pastikan Anda sudah memiliki manajemen waktu yang baik. Hal itu dilakukan agar pekerjaan utama Anda tidak terbengkalai.

2. Menyalurkan hobi

Shutterstock

Ilustrasi bermain gitar sebagai hobi.

Anda juga dapat memanfaatkan waktu luang di sela-sela WFH untuk menyalurkan hobi dan kegiatan yang selama ini ingin dilakukan.

Baca Juga: Abadikan Hobi Menggeluti Tanaman Hias Agar Tetap Seru di Rumah

Dikutipdari lamanLife and Health, melakukan hobi dapat meningkatkanmooddan mengurangi rasa stres. Orang yang rajin menyalurkan hobi juga lebih optimistis dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya untuk kesenangan, hobi juga dapat dijadikan peluang bisnis. Sebagai contoh, Anda yang hobi bermusik dapat membuatcoverlagu. Bermodalkan kamera ponsel dangitar akustik, Anda bisa mengunggah videocoverlagu favorit ke Youtube.

Semakin banyakviewersyang tertarik menonton, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Menarik, bukan?

3. Menambahskillbaru

Waktu luang di sela WFH juga dapat Anda manfaatkan untuk menambah kemampuan atauskillbaru. Apalagi, dengan hadirnya teknologi dan internet yang semakin canggih, Anda bisa mendapatkan ilmu dari mana saja.

Baca Juga: 10 Langkah Awal Memulai Startup Digital

Di Youtube, misalnya, Anda bisa menemukan banyak video tutorial gratisdengan beragam topik,mulai darimengurus dan memperbaikirumah, pekerjaan,parenting, hinggaself-development.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti berbagaikursusonlineyang menyediakan berbagai macamcoursebermanfaat. Hanya dengan mengandalkanlaptopdan jaringan internet, Anda bisa mempelajari banyak hal baru dari rumah.

4. Refreshing

Beristirahat danrefreshingpenting dilakukan untuk mengembalikan energi dan pikiran. Anda yang menjalani WFH pun lebih mudah dalam memanfaatkan waktu untukrefreshing.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat mengajak anggota keluarga untuk nonton film bersama di rumah. Agar pengalaman nonton semakin seru dananti-mainstream, Anda bisa ajak keluarga menggunakan kacamatavirtual reality(VR) yang sedang tren.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Kuota Internet Google Meet dan Zoom, WFH Jadi Lancar

Teknologi VR dapat menghasilkan suasana tiga dimensi (3D) yang membuat seolah-olah Anda berada di dalam film. Selain itu, kacamata VR juga tidak kalah seru saat digunakan untuk bermaingame.

Nah, itulah sederet kegiatan seru dan bermanfaat yang dapat bebas Anda lakukan di rumah selama menjalani masa WFH. Manfaatkan waktu luang sebaik-baiknya agar WFH tetap produktif dan menyenangkan.

Untuk meningkatkan semangat di rumah, Anda juga bisa menjadikanLazadasebagaione stop happinessuntuk menemani masa WFH.

Sebagai salah satu platforme-commerceterbesar dan terpercaya di Indonesia,Lazadamenyediakan berbagai kebutuhan yang dapat diakses dengan mudah, cepat, dan terjangkau.

Baca Juga: Tips Jualan Laris di Lazada Saat Program Belanja 11.11 Sampai 12.12

Untuk memanjakan pelanggan,Lazadamenghadirkan promo Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari. Promo ini akan berlangsung hanya satu hari saja, yaitu pada 11 November 2021.

Dok. Lazada Indonesia

Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari.

Melalui promo ini,Lazadamemberikan promo Everyday Low Price dan gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia tanpa minimum pembelian.

Selain itu, pelanggan juga berkesempatan mendapatkan voucher potongan harga langsung hingga Rp 1,1 juta, dengan cara mengumpulkan bonus dadakan dari tanggal 4 - 11 Nov setiap kali mengunjungi aplikasi Lazada.

Untuk menghibur pelanggan di rumah,Lazadajuga akan menggelar konser puncak bertajukLazada11.11 Super Show. Konser tersebut akan diadakan secara virtual pada Rabu (10/11/2021) dari pukul 19.00 WIB hingga tengah malam.

Lazada11.11 Super Show akan dimeriahkan oleh grup musik asal Korea Selatan, SEVENTEEN yang juga merupakan , Happiness Ambassadors pertama bagi Lazada.

Selain SEVENTEEN,Lazada11.11 Super Show akan dimeriahkan oleh penampilan bintang tamu lainnya, seperti Agnez Mo, Tiara Andini, dan Via Vallen.

Anda dapat menyaksikan konser virtualLazadadi platformlive streaming LazLivedi aplikasiLazada dan channel sosial media Lazada seperti Youtube Live, TikTok Live, dan Facebook Live. Selain itu, konser juga akan ditayangkan di stasiun TV nasional seperti SCTV, RCTI, dan Indosiar.

Untuk menikmati sederet promo dan hiburan menarik dariLazada, segeradownloadaplikasiLazadadi ponsel atau kunjungi situs webLazadadiwww.lazada.co.id.

Editor : Sheila Respati