Jumlah Pengguna Bulanan TikTok Tembus 1 Miliar, Bakal Susul Youtube?

Selasa, 28 September 2021 | 20:00
Pixabay

Ilustrasi TikTok di iPhone

Nextren.com -TikTok saat ini merupakan salah satu platform sosial media berbasis video pendek paling sukses di dunia.

Pengguna bulanan TikTok dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan secara global dari berbagai kalangan masyarakat.

Baru-baru ini, TikTok resmi mengumumkan bahwa jumlah pengguna bulanan mereka mencapai 1 miliar pengguna.

Baca Juga: Video TikTok & IG Akan Muncul di Google Search, Lebih Gampang Viral!

Jumlah 1 Miliar pengguna tersebut merupakan sebuah rekor baru bagi TikTok.

Capaian besar tersebut disampaikan secara langsung oleh Vanessa Pappas sebagai Chief Operating Officier TikTok.

Vanessa mengunggah sebuah video di akun resmi TikTok yang mengungkapkan terima kasih atas dukungan seluruh komunitas pengguna TikTok di seluruh dunia.

TikTok sendiri dirilis pada Agustus 2018 lalu oleh perusahaan ByteDance yang berbasis di Beijing, Cina.

Selama 3 tahun berdiri, TikTok telah mencapai beberapa prestasi menakjubkan sebagai platform sosial media.

TikTok tercatat menjadi aplikasi paling banyak diunduh pada Q1 2020.

Menurut data dari SensorTower, aplikasi TikTok telah diunduh sebanyak 315 juta kali hanya dalam bulan Januari-Maret 2020.

Selain itu, SensorTower menungkapkan bahwa TikTok telah diunduh sebanyak 3.2 miliar kali sejak peluncuran pertamanya pada Agustus 2018.

Kemudian pada tahun 2020, ByteDance sebagai perusahaan induk TikTok mendapat keuntungan melimpah karena kesukesan TikTok.

ByteDance berhasil meraup keuntungan tahunan sebesar 34.3 juta US Dollar atau sekitar Rp490 Miliar.

Baca Juga: Pemerintah Tiongkok Batasi Remaja Pakai TikTok 40 Menit Sehari!

Kesuksesan TikTok sebagai platform video pendek telah memunculkan tren baru di sosial media.

Platform besar seperti Facebook, Instagram, Youtube, Snapchat juga berusaha untuk mengembangkan fitur video pendek setelah kesuksesan TikTok.

Instagram meluncurkan 'Reels', Youtube meluncurkan 'Shorts', dan masih banyak fitur video pendek lainnya.

Selain itu, muncul pula platform sosial media baru berbasis video pendek seperti Snack Video, Dubsmash, Cheez, Clash, dll.

Bagaimana pendapat kalian seputar kesuksesan TikTok sebagai platform video pendek?

Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya! (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya