Yuk Cek Aplikasi Pinjol Ilegal yang Bisa Intip Nomor HP Teman

Rabu, 01 September 2021 | 20:30
familydoctor.org

Ilustrasi stress akibat terjerat hutang pinjol.

Nextren.com - Aplikasi pinjol terus berunculan, apalagi disambut meriah oleh masyarakat yang butuh solusi keuangan mudah dan cepat.

Namun banyak pengguna yang tidak mengetahui, bahwa banyak aplikasi pinjol ilegal yang mampu mengintip nomor HP teman di Phonebook setelah diinstalasi.

Nantinya, jika pengguna telat membayar pinjaman, maka nomor HP teman yang diambil itu bakal disebar dan diteror agar ikut bertanggungjawab.

Jika tidak hati-hati, layanan pinjaman online (pinjol) yang menawarkan pinjaman cepat bisa membuat peminjam dana gagal bayar dan terlilit utang dengan bunga tinggi.

Baca Juga: OJK Cabut Izin 3 Penyedia Layanan Pinjaman Online, Apa Saja Itu?

Beberapa layanan pinjol, khususnya pinjol ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mereka diketahui bisa menagih utang dengan cara mengintimidasi dan tidak sesuai etika.

Bahkan teman si peminjam ikut menjadi korban karena diteror oleh penyedia pinjol tersebut.

Hal ini dapat terjadi jika aplikasi pinjol diberikan izin untuk mengakses daftar kontak di ponsel.

Untuk mencegah ketidaknyamanan seperti itu, ada baiknya cermati dulu izin alias permission yang diminta oleh aplikasi pinjol sebelum memutuskan untuk mengunduhnya ke ponsel.

Anda bisa melakukannya dengan mudah di toko aplikasi Android Google Play Store

Cara cek apakah aplikasi pinjol bisa akses kontak di ponsel

Aplikasi pinjol resmi seharusnya tidak meminta izin mengakses kontak di ponsel.

Karenanya, Anda dapat nengecek permission yang diminta agar tidak terjebak mengunduh aplikasi pinjol ilegal.

Baca Juga: Efek Negatif Pinjol Menurut Psikolog, Bisa Bikin Stress dan Kena Mental

(KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)
(KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)

Izin aplikasi yang diminta oleh aplikasi pinjol ilegal bernama Dana Mudah dan Tunai Pinjaman di Google Play Store, termasuk akses ke daftar kontak di ponsel pengguna.

Berikut langkah-langkah selengkapnya.

1. Buka aplikasi Google Play Store di ponsel Ketik nama aplikasi pinjol yang ingin di-install 2. Klik "About this app" > "App permission" > "See more" 3. Bila ada "Contacts" di bagian "App permission", ini artinya aplikasi pinjol tersebut bisa untuk mengakses nomor telepon teman pengguna yang tersimpan di ponsel.

Bila pengguna memberikan izin aplikasi pinjol untuk mengakses daftar kontak, maka tak menutup kemungkinan penyedia pinjol akan memanfaatkan kontak tersebut untuk menghubungi dan meneror teman pengguna.

Sebagai contoh, saat izin aplikasi pinjol bernama "Dana Mudah" dan "Tunai Pinjaman" dicek di Google Play Store, hasilnya di bagian App permission, kedua aplikasi pinjol itu kompak menyertakan izin untuk mengakses daftar kontak di ponsel pengguna.

Pinjol resmi hanya boleh akses "camilan"

Saat dicek di dalam daftar pinjol resmi yang terdaftar di OJK per 27 Juli 2021 di tautan berikut, ternyata keduanya tidak masuk dalam daftar. Dengan kata lain, "Dana Mudah" dan "Tunai Pinjaman" adalah pinjol ilegal.

Hasil berbeda didapatkan ketika mencoba mengecek izin dua aplikasi pinjol resmi bernama "Kredit Pintar" dan "TunaiKita" di Google Play Store.

Di bagian "App permission", kedua aplikasi pinjol berizin ini hanya meminta akses ke camera, location, dan sejumlah hal lain di kategori other.

Dalam sebuah utas di Twitter, Pendiri Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi membenarkan bahwa aplikasi pinjol ilegal memang bisa mengakses data pengguna yang lebih parah, ketimbang pinjol resmi.

Baca Juga: Guru Honorer Hutang Pinjol Rp 206 Juta, Ini Penyebab Masih Banyak Pengguna Pinjol

(KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)
(KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)

Izin aplikasi pinjol legal bernama Kredit Pintar dan TunaiKita di Google Play Store. Tidak ada permintaan izin akses ke daftar kontak.

Ismail mencontohkan, data yang diambil aplikasi pinjol ilegal bisa termasuk contact history, contact card, storage (foto, video), daftar panggilan telepon, serta camera, microphone, dan location.

Sementara untuk aplikasi pinjol resmis, menurut Ismail, OJK telah mensyaratkan aplikasi pinjol legal hanya boleh mengakses "Camilan" alias camera, microphone, dan location saja di ponsel pengguna. Kendati demikian, Ismail mengatakan bahwa a

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul"Cara Cek Aplikasi Pinjol yang Bisa Intip Nomor HP Teman di Ponsel Penulis : Galuh Putri Riyanto

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya