Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - Sejumlah lini masyarakat tengah dirugikan sejak adanya pandemi yang melanda Tanah Air pada pertengahan tahun lalu.
Sektor bisnis seperti UMKM dan segmen lainnya pun mengalami dampak negatif yang cukup parah.
Guna menjawab hal tersebut, Grab Indonesia secara resmi menggaet 23 mitra perusahaan untuk mengumpulkan uang donasi sebesar Rp 11 miliar.
Hal itu pun diumumkan secara langsung oleh Grab melalui program kampanye bertajuk "Bersatu Untuk Indonesia" yang diselenggarakan secara virtual pada hari Senin (2/8) pagi.
Baca Juga: Grab Luncurkan Program #LangkahHijau, Targetkan 1500 Kendaraan Listrik
"Kami yakin semangat bersatu tidak hanya dirasakan kami dan 23 mitra bisnis kami saja, tapi juga mitra bisnis lainnya di Indonesia," ungkap President Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.
"Bersama merek-merek ini, tentunya kita punya misi yang sama. Bukan hanya untuk bertahan tetapi juga untuk menyelesaikan pandemi," lanjutnya.
Pemilihan 23 merek untuk diajak dalam program terbaru Grab ini pun diketahui memiliki alasan tersendiri.
Dari puluhan merek tersebut, ada beberapa brand kenamaan seperti Solaria, Hoka Hoka Bento, Aqua, Kopi Kenangan, Mayora, dan Mangkokku.
Alasan Grab Menggaet 23 Merek Dagang
Pihak Grab mengaku bahwa deretan merek tersebut adalah brand yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.
Baca Juga: Cara Mudah Donasi Program Tanam Pohon Online Lewat Aplikasi Grab
Selain itu, merek-merek tersebut juga dinilai mampu memberikan semangat persatuan untuk para pebisnis di sektor UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah).
"Mereka dicintai oleh orang Indonesia dan kami berharap bersama-sama dapat menyalakan semangat bersatu dalam situasi ini untuk saling membantu," ungkap Neneng Goenadi, selaku Country Managing Director Grab Indonesia.
Ia pun berharap bahwa dengan adanya kolaborasi dengan Grab, 23 merek yang tergabung pada program Bersatu Untuk Indonesia kali ini dapat bekerjasama dalam mengkampanyekannya.
Baca Juga: Grab Rilis Dua Program Baru, Merchant GrabFood Dapat Cashback Pendapatan
Saluran Donasi via BenihBaik
Dan untuk program donasi tersebut, Grab Indonesia akan berdampingan dengan BenihBaik sebagai platform donasi digital.
"Betul sekali, donasi ini akan disalurkan melalui BenihBaik," jelas Neneng.
Lebih lanjut, ia turut menyebutkan bahwa BenihBaik juga sudah memiliki target-target saluran yang dibutuhkan.
Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa masyarakat yang ingin mendapatkan donasi Rp 11 miliar dari Grab dan 23 merek tersebut untuk memberikan informasi baru untuk BenihBaik.
"Grab dan BenihBaik adalah ekosistem terbuka, dan menurut kami, di masa digital ini semua harus terbuka," ungkap Neneng.
Baca Juga: Curhat Driver Gojek dan Grab Ogah Narik di Hari Lebaran, Gak Ada Bonus!
Masyarakat pun diminta untuk tidak berspekulasi bahwa donasi tersebut akan turut dinikmati oleh karyawan dari masing-masing perusahaan, termasuk Grab.
Neneng menjelaskan kalau untuk internal perusahaan, pihaknya memiliki program tersendiri.
"Ini khusus untuk masyarakat yang terdampak," pungkas Neneng.
(*)