Inilah Fitur & Spesifikasi Oppo Enco Air Yang Mulai Dijual Besok

Kamis, 01 Juli 2021 | 13:35
Bagus

OPPO Enco Air Varian Warna Misty Black

nextren,com - Setelah memperkenalkan OPPO Enco Buds yang hadir dengan bandrol harga 599 ribu, OPPO kembali memperkenalkan satu lagi produk earphone TWS terbarunya dengan desain yang berbeda dan kelas yang satu level di atasnya.

Earphone TWS tersebut adalah OPPO Enco Air dengan desain semi-in-ear yang menawarkan kenyamanan dalam memakai earphone tws dalam waktu yang lama.

OPPO Enco Buds Air juga menjadi salah satu kandidat TWS terbaik dengan fitur menarik yang akan segera rilis pada 2 juli 2021.

Sama seperti sebelumnya, kotak kemasan dari OPPO Enco Buds Air juga memiliki desain yang lebih modern namun masih simple dan elegan.

Bagus

isi dari kotak pembelian OPPO Enco Air

Dalam kotak pembeliannya, OPPO Enco Air berisi satu buah casing dengan sepasang earphone di dalamnya, kabel USB-C untuk pengisian daya, dan 2 buku petunjuk penggunaan.

Baca Juga: Fitur-Fitur ini Bikin Oppo Enco Buds Bisa Jadi TWS Andalan Buat Kamu

Desain

Untuk OPPO Enco Air, desain earphone yang digunakan adalah semi in-ear yang menjawab beberapa kebutuhan pengguna akan bentuk earphone seperti ini.

Dalam pemakaian cukup lama, desain seperti ini dirasa cukup nyaman untuk beberapa orang karena earphone tidak begitu masuk ke dalam telinga namun tetap menawarkan insulasi yang cukup baik.

Bagus

Desain dari Oppo Enco Air varian Misty White

Sedangkan desain casing dari OPPO Enco Air tidak kalah unik dengan bentuk membulat seperti batu, finishing matte, dan tutup yang transparan.

Hanya ada 2 varian warna dari OPPO Enco Air ini yaitu hitam atau Misty Black dan putih atau Misty White saja, namun apapun variannya sudah memiliki sertifikasi IPX4 yang tahan percikan air.

Baca Juga: Oppo Akan Hadirkan TWS Enco Series Harga Terjangkau, Kapan?

Daya Tahan Baterai

Menurut klaimnya, OPPO Enco Air ini memiliki ketahanan baterai hingga 24 jam.

Namun tentu saja dengan rincian 4 jam untuk earphonenya secara non-stop dan 24 jam secara total jika melakukan pengisian daya dengan casingnya.

Untuk melakukan pengisian daya, OPPO Enco Air membutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam untuk sampai penuh.

Spesifikasi & Suara

Setiap earphonenya, OPPO Enco Air menggunakan dynamic driver 12nm yang terbuat dari composite titanium.

Bahan ini disebut dapat menghalangi oksigen dengan baik dan dapat menekan getaran tersegmentasi dan meningkatkan transien audio.

Lalu untuk driver, terbuat dari polyurethane (PU) yang ringan dan tahan lama yang akan meningkatkan jangkauan bass dinamis serta mempertahankan suara yang halus dan alami.

Bagus

Komponen dalam Oppo Enco Air

Baca Juga: Cara Mudah Menghubungkan Oppo Enco Buds Dengan Smartphone Android

Dengan kombinasi keduanya, OPPO Enco Air memberikan pengalaman audio yang sangat seimbang, menghadirkan bass yang kaya dan tebal serta nada midrange dan treble yang jernih.

Sedangkan untuk format audio, OPPO Enco Air mendukung pengkodean definisi tinggi dan subband codec (SBC), serta kemampuan pengkodean AAC yang sangat tinggi memberikan hampir setiap detail pada.

Pemakaian yang mudah

Seperti earphonenya yang lain, OPPO Enco Buds Air memiliki pengaturan tombol yang cukup lengkap mulai dari play/pause, next/previous song, volume dan google assistant.

Fungsi ini dapat diakses melalui tombol sentuh kapasitif di sisi kiri dan kanan earphone.

Namun semua tombol ini dapat diubah fungsinya menggunakan pengaturan bluetooth di perangkat Oppo ColorOS 7 ke atas atau melalui aplikasi HeyMelody.

Jika dipasangkan dengan perangkat yang mendukung fitur Quick Pairing, maka pengguna hanya perlu membuka case untuk melakukan pemasangan dengan smartphone dan mengklik pop-up yang muncul di layar.

Bagus

Auto detect Oppo Enco Air

Baca Juga: Review OPPO Enco Buds, Kualitas Suara TWS Yang Berkarakter Bass

Baca Juga: Wujud Beats Studio Buds Beredar Lagi di Dunia Maya!

Untuk selanjutnya pun, pengguna hanya perlu membuka casing saja untuk langsung tersambung ke smartphone.

Latensi Rendah & Noise Cancellation

Selain kualitas suara, latensi tentu saja menjadi penting terutama yang senang bermain game.

Karena latensi ini terkait dengan sinkronisasi antara suara audio dan visual yang kita terima, dimana semakin rendah akan semakin baik.

OPPO Enco Air True Wireless Earphone memasangkan chip Bluetooth 5.2 dengan transmisi binaural.

Pengaturan ini akan mengurangi transmisi ulang untuk mengurangi latensi sekitar 94 msdan47 ms saat tersambung dengan aplikasi HeyMelody.

Selain latensi, OPPO Enco Air Juga memliki fitur AI Noise Cancellation ketika melakukan panggilan suara.

Setiap earphone memiliki 2 microphone internal yang sangat sensitif untuk meningkatkan fokus dan kejernihan vocal.

OPPO Enco Air True Wireless Earphone dilengkapi dengan algoritma AI intensif yang memanfaatkan DNN untuk meredam kebisingan, sehingga earphone dapat membedakan dan memisahkan suara manusia dan kebisingan latar belakang secara real-time.

Baca Juga: Daftar Harga Earphone TWS OPPO di Bawah Rp 1 juta di Bulan April 2021

Harga & Ketersediaan

Saat artikel ini dibuat, Oppo belum memberi tahu harga dari Oppo Enco AIr.

Bagus

Dua varian warna Oppo Enco Air, Misty White (Kiri) dan misty black (kanan)

Namun dari bocoran yang diberikan, Oppo Enco Air akan memiliki harga di antara W31 di 799 ribu dan W51 di 1.099 juta rupiah.

Bagi yang berminat, Oppo Enco Air akan mulai dijual pada esok hari atau 2 Juli 2021.

(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya