Review OPPO Enco Buds, Kualitas Suara TWS Yang Berkarakter Bass

Selasa, 22 Juni 2021 | 19:00
Bagus

Wujud Oppo Enco buds Warna Putih

Laporan wartawan nextren, Ida Bagus Rai Artha Kusuma

nextren.com - Saat ini earphone blueetoothTWS semakin digemari oleh masyarakat karena cukup praktis untuk digunakan sehari-hari tanpa kabel dan ringkas.

TWS adalah singkatan dari True Wireless Stereo atau earphone stereo tanpa kabel yang mengandalkan bluetooth untuk tersambung ke perangkat.

Salah satu merek TWS yang cukup diminati saat ini adalah Oppo yang belum lama ini merilis earphone wireless yang harganya cukup menarik dan berkarater bass yaitu Enco Buds.

Oppo Enco Buds dijual dengan harga 599 ribu rupiah saja dan menawarkan beberapa hal yang cukup menarik di pasaran selain kualitas suara.

Bukan pemain baru, Oppo sudah cukup terkenal namanya dalam sepak terjang produk audio mulai dari kelas atas sampai entry level, sehingga kami memiliki ekspektasi yang tinggi dengan enco buds.

Earphone TWS Oppo Enco Buds sekilas memang mirip dengan Enco W11 yang rilis tahun lalu, namun kali ini memiliki ukuran earbuds yang lebih ringkas tapi ketahanan baterai yang cukup panjang.

Earphone ini juga memiliki karakter suara yang cukup dominanl di bass namun masih terasa nyaman di frekuensi lainnya.

Lalu bagaimana dengan kualitas suara dan pengalaman memakai dari oppo enco buds ? apakah dapat menawarkan pengalaman yang terbaik di kelas harganya ?

Unboxing dan Desain

Dalam kotak pembeliannya, Oppo Enco Buds sudah dilengkapi dengan casing, sepasang earbuds dengan eartips berukuran sedang, dua pasang eartips berukuran kecil dan besar, serta buku manual.

Bagus

Isi dari kotak pembelian Oppo Enco buds

Baca Juga: Resmi! Razer Luncurkan TWS Gaming Baru Hammerhead True Wireless X

Sayangnya tidak ditemukan kabel dalam kotak yang kami terima, sehingga pengisian daya bisa dilakukan dengan kabel USB type-C smartphone yang sudah dimiliki.

Oppo Enco Buds memiliki desain yang mirip sekali dengan Enco W11, dengan case berbentuk squircle namun sangat ringkas dan mudah untuk masuk ke dalam kantong terkecil di celana jeans.

Bagus

Tampilan Belakang (atas) dan depan (bawah) Case Oppo Enco Buds

Casenya memiliki bahan plastik dan berwarna putih, serta tidak lupa hadir port usb-c di belakang dan lampu indikator LED di depannya.

Lampu LED ini akan mengeluarkan warna indikator baterai earbuds saat kedua earbuds terpasang, sedangkan saat kedua earbuds terlepas maka akan menunjukkan baterai di dalam casing.

Ada 3 warna yang ditampilkan lampu indikator tersebut yaitu hijau berarti penuh atau cukup, kuning berarti sedang, dan merah berarti lemah.

Earbuds & Fungsi Sentuh

Sedangkan sepasang earbuds memiliki desain in-ear yang identik dengan enco W11, namun ukurannya lebih kecil sehingga cukup nyaman dan pas ketika masuk di telinga..

Terdapat dua lubang yang salah satunya adalah microphone serta ruang yang cukup lapang sebagai area sentuh atau tombol kapasitif.

Bagus

earbuds Oppo Enco buds dari sisi belakang (atas) dan depan (bawah)

Baca Juga: Inilah Wujud TWS Beats Studio Buds yang Beredar di Dunia Maya!

Tombol ini menggunakan sistem sentuh kapasitif yang cukup responsif saat kami gunakan dalam berbagai kondisi.

Secara default, Oppo Enco Buds sudah memiliki pengaturan yang lengkap seperti pause/play dengan sekali sentuh, next/previous song dengan 2 kali sentuh, game mode dengan 3 kali sentuh dan tahan untuk mengatur volume naik di kanan dan turun di kiri.

Meskipunfungsi tombol ini masih bisa diubah-ubah melalui pengaturan bluetooth, namun untuk aksesnya harus tersambung ke sesama perangkat Oppo tertentu seperti Reno5.

Namun sebagai catatan, Enco Buds masih bisa tersambung dan berjalan normal ke perangkat selain Oppo atau bahkan iOS selama masih menggunakan sambungan bluetooth.

Pairing & Baterai

Proses pairing atau memasangkan ke smartphone cukup mudah dengan membuka casing lalu sambungkan melalui setting bluetooth di smartphone seperti biasa.

Bagus

Indikator baterai Oppo Enco Buds Yang muncul Saat terpasang ke perangkat Oppo

Jika tersambung ke perangkat Oppo, maka pengguna akan mendapat akses ke sejumlah pengaturan lanjutan dari tombol kapasitif, codec, dolby atmos dan update firmware.

Sayangnya akses ini hanya tersedia di perangkat Oppo saja, meskipun Enco Buds secara default sudah memiliki pengaturan yang cukup lengkap mulai dari pause/play, next/previous song, game mode, dan bahkan pengaturan volume.

Baca Juga: Vivo TWS 2 Rilis di China Tanggal 20 Mei, Akan Masuk Indonesia?

Sejujurnya pengaturan ini sangat jarang kami akses karena secara default sudah lengkap, meskipun lebih baik jika kedepannya Oppo Enco Buds bisa diatur melalui suatu aplikasi khusus seperti produk Oppo enco yang lebih mahal.

Bagus

Pengaturan Oppo Enco buds Di Oppo Reno5

Sedangkan untuk baterainya, Oppo Enco Buds ini tergolong impresif terlepas dari ukurannya yang cukup kecidenganklaim sampai 6 jam, sedangkan casing dapat membuatnya bertahan selama total 24 jam.

Pada praktiknya, Baterai Oppo Enco Buds tidak habis setelah menemani aktivitas olahraga selama 1 jam sehari dan mendengarkan musik dalam perjalanan ke kantor sekitar 2 jam sehari selama 1 minggu pemakaian.

Kualitas Suara, Delay & Microphone

Karakter suara dari Oppo Enco Buds cukup dominan di bagian bass, namun untuk suara treble dan vokal masih cukup seimbang.

Bagus

Pengujian Kualitas suara Oppo Enco Buds dengan perangkat Oppo Reno5 dan source dari Spotify

Misalkan saja saat mendengar lagu ‘Tracing That Dream’ dari Yoasobi, dentuman bass cukup mendominasi lagu dan menggetarkan telinga, meskipunhalusnyasuara dari Rira Ikuta masih terdengar dengan jelas.

Baca Juga: Review Realme Buds Air 2 Neo, Bass Mantap dan Berbaterai Awet

Baca Juga: Oppo Akan Hadirkan TWS Enco Series Harga Terjangkau, Kapan?

Sedangkan di lagu orchestra seperti theme song avengers, suara instrumen seperti bass dan timpani cukup dominan, sedangkan suara tinggi dari instrument french horn dan trombone tidak terasa begitu garing.

Laluefek surround dari Oppo Enco Buds juga sangat baik, khususnya ketika dipakai untuk menonton film perang kolosal seperti Flags of our Father atau Greyhound.

Terakhir untuk bermain game, Oppo Enco Buds masih memiliki delay yang cukup terasa terutama saat bermain game FPS seperti CoD Mobile.

Namun Oppo Enco Buds sudah memiliki game mode yang cukup untuk mengurangi delay antara tampilan layar dan efek suara.

Oppo Enco Buds juga dilengkapi dengan noise cancellation untuk panggilan telepon.yang dapat meredamsuara bising di sekitar pengguna saat sedang melakukan panggilan telefon.

Kesimpulan

Oppo Enco buds cocok bagi yang senang dengan earphone berkarakter bass yang dominan, dengan vocal dan treble yang masih terdengar dengan baik.

Bagus

Oppo Enco Buds

Baca Juga: Review Huawei Freebuds 4i, TWS Terbaik Untuk Pengguna KRL dan MRT

TWS ini memang tidak dilengkapi dengan fitur yang macam-macam seperti ANC, ambient mode, atau auto pause.

Namun Enco Buds menawarkan earphone yang ukurannya ringkas, nyaman dipakai, suara bass yang mantap, dan baterai tahan lama.

Pengaturan tombol kapasitif juga sangat lengkap mulai dari pause/play, next/previous song, game mode, dan bahkan pengaturan volume.

Meskipun turut menjadi catatan bagi pengguna kalau Enco Buds tidak datang dengan kabel USB-C untuk mengisi daya dan tidak juga memiliki aplikasi khusus untuk mengatur fungsi tombol selain menggunakan perangkat Oppo yang sesuai.

Jika berminat, Oppo Enco buds ditawarkan dengan harga Rp 599.000 saat pertama kali diperkenalkan.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya