HP Gaming Samsung Bakal Punya Grafik Setara RDNA 2, Benarkah?

Selasa, 01 Juni 2021 | 19:08
Fahmi Bagas

Ilustrasi bermain game di ponsel Samsung

Nextren.com - Sebuah kabar terbaru datang dari HP gaming Samsung yang menurut informasi akan memiliki GPU setara dengan RDNA 2 besutan AMD.

Kabar ini pertama kali beredar melalui pengumuman resmi CEO AMD, Lisa Su.

Lisa Su mengumumkan hal ini di sebuah acara virtual bertajuk Computex 2021 yang dihelat pada akhir bulan Mei 2021.

Bagi yang tertarik melihat pengumuman resmi dari Lisa Su ini, kalian bisa mengunjungi akun YouTube resmi AMD.

Baca Juga: HP Gaming Samsung Pertama Bakal Segera Diproduksi, Benarkah?

Sebagaimana diketahui, Samsung telah meresmikan kerjasama dengan AMD beberapa waktu yang lalu.

Kerjasama ini menyangkut beberapa bidang, yang mana salah satunya adalah pembuatan bersama sebuah GPU setara RDNA 2 pada HP gaming Samsung.

Denganadanya GPU yang setara RDNA 2 ini,Samsung menyebut smatphone gaming mereka nantinya akan memiliki keunggulan lebih dibanding merk lainnya.

Lalu, keunggulan apa yang dimaksud oleh Samsung? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Keunggulan yang dimaksud oleh Samsung terdapat di bagian peningkatanteknologi Ray Tracing dan Variable Rate Shading (VRS).

Dilansir dari Wikipedia, pengertianRay Tracingyaitu sebuah teknik rendering gambar 3D yang berhubungan dengan pemantulan cahaya.

Semakin canggih teknologi Ray Tracing yang digunakan, maka efek pantulan bayangan serta cahaya di game akanmakin nyata dan realistis.

Sedangkan untuk VRS, pengertiannya adalah teknologi yang berguna untuk meningkatkan kecepatan serta kualitas render gambar 3D.

Baca Juga: Samsung Bakal Sematkan Kartu Grafis Radeon RDNA untuk Hape Tahun 2021

Baik teknologi Ray Tracing maupun VRS, saat ini keduanya baru tersedia di beberapa PC dan laptop gaming serta konsol game terbaru saja.

Oleh karenanya, jika Samsung jadi menggunakan GPU setara RDNA 2 dengan teknologi Ray Tracing dan VRS pada HP gaming Samsung, maka smartphone tersebut disebut-sebut akan menjadi ponsel pintar dengan teknologi GPU tercanggih.

Sementara itu, kabar terkait kerjasama Samsung dengan AMD yang akan membuat GPU setara RDNA 2 pada HP gaming Samsung ini juga dikonfirmasi oleh akun Twitter resmi Samsung Exynos.

Twitter/@SamsungExynos
Twitter/@SamsungExynos

Pengumuman resmi akun Twitter Samsung terkait kerjasama dengan AMD guna membuat GPU setara RDNA 2 pada HP gaming Samsung

Lalu, kapan Samsung dan AMD akan memulai pembuatan GPU ini? Yuk lanjut di halaman selanjutnya.

Sampai sekarang, masih belum ada informasi terkait kapan Samsung dan AMD akan memulai pengembangan GPU anyar ini.

Namun, karena baru saja diumumkan beberapa hari yang lalu, kemungkinan proses pengembangan ini tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

Apalagi, disaat yang bersamaan, AMD juga tengah disibukkan dengan kerjasama bersama Teslauntuk mengembangkan smartcar Model S dan X Tesla.

Baca Juga: AMD Alihkan Fokus ke Chipset Gaming Premium, Ubah Stategi Produksi!

Tetapi kedepannya, Nextren akan selalu memberikan infromasi terbaru terkait sejauh mana progress pengembangan GPU setara RDNA 2 pada HP gaming Samsung.

Maka dari itu, terus perbarui berita terkini hanya di Nexten untuk mengetahui update dan perkembangan HP Gaming Samsung, termasuk soal kerjasama dengan AMD guna penyematan GPU setara RDNA 2 ini. (*)

Editor : Kama

Sumber : The Next Web

Baca Lainnya