Nextren.com - Setiap tahun, selalu terjadi perubahan aktifitas dan perilaku masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran, lalu disusul aktifitas mudik.
Namun tahun ini, karena masih pandemi, pola perilaku masyarakat saat Ramadhan kemungkinan masih akan sama dengan tahun lalu.
Karena itu menyambut bulan Ramadan, operator seluler XL Axiata meluncurkan sejumlah promo untuk hampir semua segmen, dari produk XL, AXIS, XL Prioritas, dan XL Home.
Selain itu, untuk memastikan pelanggan dapat mengakses layanan secara nyaman, XL Axiata juga memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di semua area layanan.
Baca Juga: Pengguna Layanan WiFi IndiHome Alami Kesulitan Akses YouTube!
Program Ramadan tahun ini menjadi pijakan manajemen XL Axiata untuk menumbuhkan dan menyebarkan spiritoptimisme dan kebersamaan dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari di bulan Ramadan, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Menurut Direktur Komersial XL Axiata, David Arcelus Oses, dalam media update viertual (8/4), sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Ramadan yang disusul Lebaran juga selalu menjadi momen yang spesial bagi mereka.
Belajar dari tahun lalu, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat.
Maka XL Axiata menyiapkan jaringan untuk mengakomodir semua peningkatan trafik tersebut dengan menambah kapasitas hingga 200% dibandingkan kapasitas harian.
Selain itu, optimalisasi jaringan juga dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan.
Maka kebijakan pemerintah yang melarang mudik saat Lebaran akan menjadi arahan untuk lebih memperkuat jaringan di area pemukiman, tanpa mengurangi kualitas jaringan di lokasi-lokasi wisata.
Baca Juga: Pemerintah Kasih Subsidi Biaya Ongkir Rp 500M di Promo Belanja Ramadan
Trafik Ramadhan dan Lebaran 2020 dan 2021
Setahun lalu dijalani selama masa pandemi, banyak orang bekerja dan belajar dari rumah. Tak heran trafik data operator melonjak tinggi, terasmuak XL Axiata.
Menurut Ahmad Hamzah,Service Operation XL Axiata, menyatakan selama setahun ini trafik data XL meningkat lebih dari 30 persen. Mengingat saat ini masih pandemi, maka strategi optimasi jaringan danpeninkatan kapasitas jaringan di indoor coverage, perumahan dan rumah sakit.
Tahun ini kondisi masih hampir sama dengan tahun lalu, termasuk pelarangan mudik, sehingga kami menyiapkan sejumlah promo produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat berbagai segmen di saat seperti sekarang. Trafik jaringan diperkirakan akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat lagi hingga 20% saat masuk di masa libur Lebaran nanti.
Layanan yang Banyak DipakaiLayanan-layanan digital yang bisa membantu pelanggan beribadah serta bersilaturahmi diperkirakan akan banyak diakses masyarakat.
Aplikasi-aplikasiyang mengediakan e-book kemungkinan akan banyak diakses guna mendapatkan Al Quran atau buku-buku agama versi digital.
Selain itu, aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk bersilaturahmi secara daring juga kemungkinan akan semakin banyak diakses.
Dibandingkan dengan hari normal, XL Axiata memperkirakan bahwa selama Ramadhan dan Lebaran maka layanan yang bakal banyak dipakai adalah sebagai berikut :
Baca Juga: 3 Aplikasi Belajar Al-Quran di iOS dan Android, Sambut Ramadhan 2021!
Layanan streaming- Video streaming 81%- Game 2.5%- Film 0.2%- Music 0,1%
Layanan Sosial media 9% (FB, IG, Twitter, Linkedin)Layanan Chat 0.24% (WA, Telegram, FB Messenger)
Lainnya 7%
Tradisi Ramadan dan Lebaran juga mendorong masyarakat untuk mempererat silaturahmi.
Aplikasi yang memungkinkan pertemuan beramai-ramai seperti untuk sekolah daring akan dimanfaatkan juga untuk silaturahmi keluarga dan komunitas.
Kemungkinan kenaikan trafik juga akan terjadi pada aplikasi-aplikasi yang menyediakan sarana hiburan dan gaya hidup, terutama treaming musik, film, video, dan gim.