Gokil! Siswa SD Berusia 12 Tahun ini Berhasil Kalahkan GothamChess!

Senin, 29 Maret 2021 | 13:49
Instagram/aarsumardiono

Sosok bocah berusia 12 tahun, Satria Duta Cahaya, yang berhasil mengalahkan GothamChess di pertandingan catur online Chess.com tahun 2020 yang lalu.

Nextren.com - Baru-baru ini,muncul sebuah fakta baru yang mengungkapkan bahwa GothamChess ternyata pernah dikalahkan oleh seorang siswa SD asal Indonesia.

Siswa SD yang berhasil mengalahkanjawara catur online Chess.comtersebutadalah seorang pecatur cilikusia12 tahun bernama Satria Duta Cahaya.

Dengan adanya fakta tersebut, hal ini berarti Dewa Kipas bukan satu-satunya orang asal Indonesia yang berhasil mengalahkanGothamChess di platformcatur online Chess.com.

Baca Juga: Dewa Kipas Resmi Dianggap Curang Oleh Chess.com, Drama Berlanjut!

Nama Satria Duta Cahaya sendiri bukan sosok asing di dunia catur Indonesia, terutama di level junior.

Dirinya pernah mengikuti beberapa ajang dan turnamen catur, yang mana salah satunya merupakan turnamen catur internasional bernama Asian Junior Chess Chempionship (AJCC) tahun 2019.

Tidak hanya itu saja, saat ini, Satria dilatihlangsung oleh International Master Anjas Novita di sekolah catur yang bernama SCUA.

Melihat bakat dan usaha yang telah ditempuh oleh Satria, makakemenangan yang diraihnya ketika bertanding melawan GothamChess di Chess.com bukan merupakan sesuatu yang mustahil.

Lalu, bagaimana jalannya pertandingan antara GothamChess dan Satria? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Dalam pertandingan yangberlangsung sekitar bulan Agustus tahun 2020 lalu, Satria berhasil mengalahkan GothamChess hanya dalam tempo waktu 3 menit saja.

Menurut Chess.com, akurasi Satriayang menggunakan nama akunKnightDuta di pertandingan tersebut mencapai 80,5 persen dengan 0 blunder, sedangkan GothamChess hanya 78,2 saja dengan blunder sebanyak 3 kali.

Setelah pertandingan, GothamChess yang memiliki nama asliLevy Rozman ini memuji kemapuan dari Satria dan mengatakan bahwa Satria merupakan calon bintang catur masa depan Indonesia.

Bahkan, dirinya juga membuat video analisis khusus di kanal YouTube nya yang menujukkan hebatnya bakat dan kemampuan Satria ketika berhasil mengalahkannya.

Baca Juga: Pemain Catur Online Asal Bandung ini Malah Dihujat Setelah Menang !

Lebih lanjut,Satria juga membalas pujian dari pria yang juga bergelar International Master ini dengan mengucapkan terimakasih.

Satria pun mengatakan bahwa dirinya tidak sabar untuk dapat bertemu dengan GothamChess di New York suatu saat nanti. (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya