Apple Patenkan Teknologi Smart Ring Guna Dukung Kemajuan AR dan VR!

Jumat, 12 Maret 2021 | 17:40
Shutterstock

Ilustrasi penggunaan VR

Nextren.com - Kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple telahmematenkan salah satu proyek teknologi terbaru mereka, Smart Ring.

Hal ini diumumkan langsung olehUnited States Patent and Trademark Office (USPTO).

USPTO sendiri adalah badan independen Amerika Serikat yang memberikan paten ataskekayaan intelektual maupun hak cipta dari individuatau kelompok.

Baca Juga: Canggih! Apple Bakal Sematkan 15 Sensor Kamera di Headset AR Terbaru

Sebelumnya, Apple memang telah mengembangkan proyek Smart Ring ini selama bertahun-tahun.

Bahkan, perusahaan asal Amerika Serikat ini telah memulai mematenkan produk terbarunya ini sejak tahun 2015.

Namun karena satu dan lain hal, USPTO baru menerima dan meresmikan hak paten dari teknologi Smart Ring Apple ini di pertengahan bulan Maret 2021 ini.

Sementara itu, Smart Ring terbaru Apple iniakan berguna untuk mendukung perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) maupun Virtual Reality (VR).

Lalu, bagaimana cara kerja dari produk terbaru Apple ini? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Smart Ring bekerja dan berfungsi sebagai pengganti Joystick maupun Kontroler yang umum digunakan di berbagai macam varian perangkat AR maupun VR.

Nantinya, Smart Ring akan menghasilkan sensor yang berbasis pada gerakan tubuh dan sensor tersebut akanditeruskan ke perangkat AR maupun VR, sehingga akan menghasilkan gerakan di dunia virtual.

Gambaran cara kerja dari teknologi Smart Ring ini dapat dilihat melalui postingan Twitter dari situs berita dan rumor Apple bernama Patently Apple.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Klaim VR Baru Facebook Bisa Tampilkan Realitas Virtual

Apple sendiri menyebut bahwa teknologi Smart Ring ini cocok dengan perangkat VR dan AR Apple seperti Headset dan Smart Glassess.

Selain itu, Apple juga menegaskan bahwa Smart Ring ini akan menghasilkan gerakan dan sensor yang lebih akurat dibandingkan dengan sebuah VR Gloves.

Namun sampai saat ini, tanggal perilisan perangkat pendukung AR dan VR ini masih belum diketahui.

Namun yang pasti, Apple akan terus melakukan pengembangan produk ini sehingga nantinya akan dapat memuaskan seluruh penggunanya. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : 9to5mac

Baca Lainnya