Grab Tingkatkan Kemampuan Aplikasi GrabFood, Makin Mudah Cari Makan!

Rabu, 03 Maret 2021 | 21:00
instagram.com/grabid/

Promo GrabFood Minggu Ini, Nikmati Diskon Makanan Sampai Rp45 ribu

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Mencari atau memesan makanan melalui aplikasi layanan pesan-antar sudah menjadi sebuah kebiasaan baru.

Selama masa pandemi, penggunaan layanan seperti ini menjadi jalan alternatif bagi para masyarakat untuk mengurangi risiko terpapar virus.

Tren ini pun dilihat oleh Grab sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa layanan tersebut.

Pada hari Rabu (3/3), Grab pun menggelar acara virtual bertajuk "Grab Tech Insider: Layanan Pengantaran Makanan dengan Cita Rasa Khas Asia Tenggara".

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Grab Operasikan Dual Headquarter di Jakarta, Sinyal Investasi Jangka Panjang

Dalam kesempatan tersebut hadir Head of Engeneering, Deliveries, Grab, Xiaole Kuang untuk menjelaskan fokus perusahaan pada layanan GrabFood ke depannya.

"Kami membangun dan terus mengevaluasi kembali perkembangan teknologi yang telah kami miliki," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa tujuan adanya langkah tersebut karena ingin memberikan pengalaman yang terbaik bagi para pelanggannya saat mencari, memesan, dan menunggu makanan.

Grab juga membuka rahasia hal-hal penting untuk mengembangkan teknologi barunya tersebut. Yuk simak di halaman berikutnya.

Dalam pengembangan kali ini, Grab pun memiliki tiga poin untuk pembentukan teknologi baru.

Pertama, Grab mencoba untuk melakukan pendekatan yang mengutamakan kearifan lokal dalam skala besar.

Baca Juga: Gagal Gabung Grab, Kini GoJek Berencana Merger Dengan Tokopedia Senilai Rp 250 Triliun

Kemudian pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna juga menjadi fokus karena mempengaruhi permintaan yang stabil bagi mitra merchant.

Terakhir, menjaga konsistensi para pengguna saat berada dalam jangka waktu yang sempat juga menjadi hal yang dipikirkan oleh perusahaan.

Dari tiga poin dasar itu pun, Grab merumuskan beberapa perubahaan yang akan ada pada aplikasi GrabFood.

Baca Juga: Indonesia Raih Transaksi Rp 52 Triliun Untuk Jasa Pesan-Antar Makanan

Penasaran? berikut pembaruan yang bisa ditemukan di aplikasi GrabFood.

1. Sentuhan Lokal di Tampilan Beranda

Untuk masing-masing negara yang dijajaki oleh Grab akan bisa menyesuaikan berbagai elemen di halaman beranda GrabFood.

Hal itu dilakukan untuk kesiapannya terhadap relevansi pelanggan berdasarkan pola konsumsi yang berbeda di setiap negara Asia.

Perubahan itu akan terdapat pada tampilan banner, kategori, dan carousel.

Baca Juga: GrabExpress Rilis Fitur Baru Agar Pengguna Lebih Nyaman

2. Rekomendasi Alternatif

Relevansi juga bukan hanya dari situ saja, namun Grab juga akan membuat rekomendasi restoran atau makanan yang ingin dicari oleh konsumen.

"Apabila hidangan tidak tersedia atau memiliki kurang dari 4 opsi, maka aplikasi akan mencari mitra merchant serupa berdasarkan pada kemiripan kata kunci yang ada di menu," ungkap Xiaole Kuang.

Kemampuan tersebut dapat dilakukan berkat dukungan machine learning di dalam aplikasi.

Baca Juga: InDrive, Aplikasi Baru Pesaing Gojek Grab Bisa Tawar Harga Loh!

3. Mengurutkan Daftar Rekomendasi

Nantinya layanan GrabFood juga bisa memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan hal-hal yang disukai oleh pelanggan.

Jadi kamu dapat menemukan menu makanan atau restoran berdasarkan peringkat yang diberikan oleh aplikasi.

Namun peringkat tersebut juga memiliki pertimbangan beberapa faktor seperi, faktor popularitas, perkiraan waktu kedatangan, ketersediaan mitra pengantaaran, dan lain-lain.

Faktor individu sepeerti riwayat penelusuran dan pemesanan sebelumnya juga bisa menjadi hal yang membuat menu masuk ke dalam rekomendasi.

Merchant yang paling cocok dengan profilmu juga akan dicantumkan terlebih dahulu.

Baca Juga: GrabFood Tanggapi Banyaknya Pesaing Yang Ikut Bisnis Makan dan Minuman

GrabFood

4. Personalisasi Real-Time

Pembaruan lainnya yang ada pada layanan GrabFood berasal dari menu 'Rekomendasi untuk Anda' yang ada di halaman beranda.

Baca Juga: Strategi Super App Bantu Grab Bertahan dan Tetap Relevan di Tengah Pandemi

Aplikasi akan mempersonalisasi untuk pengguna secara real-time berdasarkan pola pencarian pelanggan.

Misalnya, kamu mencari restoran cepat saji, maka nantinya aplikasi akan menampilkan restoran masakan cepat saji serupa saat itu juga.

Peningkatan kinerja aplikasi GrabFood ini pun dilakukan oleh Grab dari berbagi sisi, mulai dari konsumen, merchant, hingga mitra driver.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya