Google Berikan 5 Langkah Bagi Merek Untuk Lancarkan Strategi Mereka

Rabu, 24 Februari 2021 | 12:00

Google

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Google hari ini (23/2) bagikan laporan Year in Search 2020 yang memang biasa dilakukan di setiap tahun.

Laporan kali ini bertujuan untuk memajukan bisnis dengan melihat tren ke belakang atau tahun 2020.

Selain tren yang dibagikan, Google juga merekomendasikan langkah yang baik untuk brand dalam meluncurkan strategi di 2021 ini.

Year in Search 2020 merupakan laporan edisi ketiga yang mengungkapkan secara komprehensif berbagai tren yang terjadi di masyarakat dan di kalangan industri.

Baca Juga: Sempat Tertunda, Google Akhirnya Beri Label Privasi di Gmail iOS

Dalam laporan ini dibahas lima tema utama yang memengaruhi lanskap konsumen dan disertai pembahasan mendalam mengenai tujuh vertical industri utama.

Namun sebelum membahas hal tersebut, berikut penjelasan tentang 5 langkah yang direkomendasikan Google untuk brand.

Langkah yang pertama ialah brand harus berempati terhadap tantangan yang dihadapi konsumen.

Sepanjang tahun 2020 hingga ke 2021 ini, masyarakat menghadapi berbagai macam tantangan.

Apa langkah kedua yang perlu dilakukan? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Tantangan masyarakat tercatat dalam data Google Trends eConomy 2020 dan Think With Google sejak bulan November 2019 hingga Oktober 2020.

Orang Indonesia banyak mencari terkait kesehatan mental dan daftar usaha yang cukup bermanfaat selama pandemi.

Langkah kedua yang harus diperhatikan brand ialah meningkatkan tujuan brand.

Selain itu, dalam langkah yang ketiga, brand juga harus menelaah kembali norma-norma yang ada di industri.

Baca Juga: Google Chrome Gunakan RAM Besar di macOS Big Sur, Ini Alasannya!

Yang keempat ialah brand harus berupaya untuk memikat konsumen dengan cara yang mengena.

Langkah yang terakhir, brand harus memahami cara pikir konsumen dalam menyongsong masa depan.

"Tahun 2020 penuh dengan tantangan dan ketidakpastian bagi kita semua. Laporan ini memberikaninsight mengenai tren yang tidak kami lihat dua tahun lalu ketika mulai menerbitkan laporan Year in Search untuk Brand," ujar Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing di Google Indonesia via Google Meet bersama media.

Lima langkah yang direkomendasikan Google untuk brand karena adanya perubahan dalam sektor utama.

Sektor utama industri yaitu dari kategori perawatan kecantikan dan tubuh hingga ke transportasi dan parawisata.

Dari sisi teknologi sendiri, penelusuran tentang robot vacuum cukup meningkat dibandingkan smartphone.

"Kami harap, laporan terbaru ini dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh banyak brand di Indonesia untuk membangun kembali bisnis mereka di tahun 2021," ungkap Muriel.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto