Tanggapan Shopee Terkait Gunakan Lagu Oh My Girl Sebagai Iklan

Senin, 08 Februari 2021 | 21:51
@peternakucing/Twitter

Cuplikan iklan Shopee 3.3 Fashion Sale

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Shopee kembali lagi jadi bahan pembicaraan netizen setelah iklan kontroversial di salah satu media sosial gosip.

Kali ini hastag Shopee Bikin Malu ramai karena platform belanja online tersebut menggunakan lagu salah satu girlgroup Korea Selatan, Oh My Girl yang berjudul Dolphin.

Lagu ini digunakan pada iklan Shopee 3.3 Fashion Sale dan ramai dipermasalahkan netizen.

Oh My Girl sendiri sebelumnya pernah menjadi bintang tamu dalam acara Tokopedia Waktu Indonesia Belanja TV Show.

Baca Juga: Tanggapan Shopee Terkait Iklan Kontroversi yang Viral di Twitter

Netizen mempertanyakan iklan yang menggunakan lagu Oh My Girl apakah menjadi petunjuk Shopee akan mengundang yang bersangkutan.

Ini juga bukan pertama kalinya Shopee gunakan lagu populer sebagai iklan, akun @Daffafebri mengatakan ada kemiripan di iklan sebelumnya.

Dengan banyaknya pertanyaan netizen untuk Shopee, perusahaan pun merespon sebagai berikut.

"Sejalan dengan komitmen kami untuk selalu berinovasi dan berusaha menjadi lebih baik, Shopee Indonesia berupaya memproduksi materi promosi yang kreatif," ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, (8/2).

Handhika melanjutkan dalam pembuatan setiap materi promosi, dipastikan seluruh komponen materi yang digunakan tidak melanggar hak cipta.

Banyak netizen yang menduga iklan yang dihadirkan Shopee memiliki beberapa kesamaan dengan lagu girlband K-Pop.

Baca Juga: Harga HP Realme di Shopee 2.2 Men Sale, Diskon Hampir Rp 1,5 Juta!

Shopee mengatakan itu bukan plagiarisme, karena iklan menggunakan notasi yang berbeda.

"Iklan Shopee menggunakan notasi yang berbeda dari lagu tersebut dan tidak dikategorikan sebagai objek plagiarisme," jelas Handhika.

Ia melanjutkan meski demikian lagu dalam iklan tersebut akan diganti untuk kenyamanan bersama dan Shopee berterimakasih atas masukan yang diberikan.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto