Online Event Diprediksi Akan Tetap Ramai di 2021 Ini, Siap Hybrid!

Senin, 01 Februari 2021 | 21:37
Kompas.com

Ilustrasi menonton acara online

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - LOKET merupakan perusahaan teknologi manajemen event bagian dari Gojek yang pada 27 Januari umumkan pencapaiannya di 2020 lalu.

Selain itu LOKET juga mengatakan prediksi mereka di bidang event pada 2021 ini, yang mengatakan event online akan tetap berjalan.

Walaupun nantinya keadaan sudah kembali, akan ada tren hybrid untuk bantu acara event offline dan online secara bersamaan.

Hal tersebut termasuk ke dalam prediksi LOKET di industri event selama 2021.

Baca Juga: LOKET Live Studio, Platform Baru Agar Event Bisa Terlaksana Selama Pandemi

"Online event akan tetap mendominasi di tengah pandemi ataupun nanti ketika keadaan mulai membaik," ujar Ario Adimas, VP LOKET via Zoom (27/1).

Ia menjelaskan selama 2021 dengan kondisi vaksin sudah mulai disebar, industri event tidak akan langsung kembali ke semula.

Karena beberapa orang dikatakan melali beberapa tahapan adaptasi yang dimana didalamnya terdapat kekhawatiran dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sehingga LOKET masih melihat kegiatan event online masih menjadi solusi dan teknologi LOKET akan terus membantu para event creator.

Terkait tren hybrid event juga diprediksi oleh LOKET di 2021 ini.

Menurut LOKET, hybrid akan dilakukan jika event offline mulai diizinkan meskipun tetap bersama protokol yang ada.

"Pada masa awal (event offline diizinkan) pasti akan ada sejumlah kebijakan sebagai langkah awal pemulihan, seperti pembatasan kuota, peraturan yang cukup ketat," ungkap Dimas.

Dari permasalahan tersebut lah akan muncul tren hybrid event yang dimana artinya offline event menerapkan kuota yang terbatas kemudian dikombinasikan dengan online atau streaming jarak jauh.

Baca Juga: Benarkah Kabar Adanya Status Resmi WhatsApp yang Bisa Curi Rekening Bank?

Untuk tren tersebut, LOKET sendiri sudah mempersiapkan teknologi untuk mendukung tren ini secara lengkap.

Prediksi di 2021 yang ketiga di bidang event ialah peningkatan signifikan dari individual event creators.

Menurut Dimas, hal ini karena kemudahan pembuatan event online dan juga revenue yang didapatkan akan mendorong semakin banyak event creators baru yang menyelenggarakan event secara online.

Hal itu akan menjadi semakin besar di tahun 2021, dimana setiap orang bisa menjadi event creator asalkan memiliki konten yang bisa dibagikan kepada masyarakat.

"Ini akan menjadi momentum besar penggerak ekonomi Indonesia dari sisi industri event," kata Dimas.

Prediksi terakhir mengenai akan adanya konsep-konsep baru yang akan datang dalam event online.

Dengan tujuan untuk membuat penonton tidak merasa kebosanan saat event online karena rasanya akan berbeda jika saat menonton offline.

"Kalau kita bikin online event, fokus penonton hanya pada show, beda halnya dengan offline event dimana orang datang juga memiliki tujuan lain, seperti misalnya mau ketemu teman dan lain lain," jelas Dimas.

Baca Juga: 60 Persen Siswa Tidak Fokus Belajar Online, Ini Peran Guru dan Orangtua

Konsep acara online selain konser musik, mungkin juga di conference akan ada hal-hal unik baru yang bermunculan, begitu juga olahraga.

LOKET di 2020 telah menghadirkan lebih dari 10.000 event online, diantaranya event yang perkembangannya cukup besar di tema financial khususnya untuk saham.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya