Qualcomm Luncurkan Snapdragon 480, Pertama Dukung Jaringan 5G

Selasa, 05 Januari 2021 | 12:30
Qualcomm

Qualcomm Snapdragon 480 5G

Nextren.com -Qualcomm akhirnya menghadirkan dukungan 5G ke semua lini mereka melalui Snapdragon 480 yang diluncurkan kemarin (4/1).

Dengan Snapdragon 480, brand smartphone bisa hadirkan produk terjangkau yang didukung jaringan 5G.

Tidak hanya itu, Snapdragon 480 bisa meningkatkan spesifikasi hp kelas terjangkau atau menengah menjadi lebih baik.

"Qualcomm Technologies terus mempercepat komersialisasi 5G secara global untuk menjadikansmartphone 5G lebih mudah diakses, terutama saat seluruh orang di dunia terus terhubung darijarak jauh," ujar Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc dalam pernyataannya.

Baca Juga: Skor AnTuTu Seri iQOO 7 Tembus 750 Ribu, Fix Pakai Snapdragon 888

Baca Juga: Qualcomm Rilis Chipset Baru Snapdragon 678 Penerus Snapdragon 675, Targetkan Segmen Hiburan

Kondap meyakinkan, Snapdragon 480 5G Mobile Platform akan terus melampaui ekspektasi OEM serta konsumen dalam menghadirkan fitur kelas atas dan menengah dengan harga yang terjangkau.

5G dan Konektivitas

Snapdragon 480 menghadirkan Snapdragon X51 5G Modem-RF System untuk mendukung mmWave dan Sub-6 GHz 5G, mode Standalone (SA) dan Non-standalone (NSA). Time Division Duplexing (TDD), Frequency Division Duplexing (FDD), dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

Tujuannya untuk membuat performa serta konektivitas perangkat selular menjadi lebih baik.

Snapdragon X51 memungkinkan koneksi 5G multi-gigabit untuk mengunduh dan mengunggah secara cepat, serta mendukung berbagai frekuensi demi fleksibilitas dan aksesibilitas.

Dengan Qualcomm FastConnectTM 6200, Snapdragon 480 menawarkan Dual Wi-Fi Antenna dengan rangkaian fitur Wi-Fi 6 untuk perluasan jangkauan dan performa

Ditambah dengan adanya dukungan Bluetooth 5.1, serta kemampuan audio nirkabel terkini.

Selain itu, Snapdragon 480 juga menghadirkan teknologi nirkabel tambahan terbaru seperti dukungan untuk GPS Dual-frequency dan NavIC untuk menentukan lokasi dengan lebih akurat.

Peforma dan Baterai

Snapdragon 480 ini dihadirkan dengan CPU Qualcomm KryoTM 460 dengan kecepatan hingga 2.0 GHz, GPU Qualcomm AdrenoTM 619.

Baca Juga: MediaTek Menangkan Pasar Chipset Smartphone di Q3, Kalahkan Qualcomm

Serta prosesor Qualcomm HexagonTM 686 untuk menghadirkan peningkatan performa CPU dan GPU hingga 100 persen dan peningkatan performa AI hingga 70 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Snapdragon 480 juga mendukung teknologi Qualcomm Quick ChargeTM 4+, yang pertama dalam seri 400.

Kamera

Pengambilan foto dan video berkualitas yang diberikan Snapdragon 480 dibantu oleh Qualcomm SpectraTM 345 ISP, triple ISP pertama untuk seri 400.

Kemampuan dari komponen tersebut ialah mampu menangkap gambar dari tiga kamera secara bersamaan.

Tiga kamera 13MP mampu mengambil gambar dari kamera ultrawide, wide, dan telephoto secara bersamaan, begitu juga dengan menangkap video resolusi 720p.

Hiburan

Dengan Snapdragon 480 terdapat dukungan tampilan 120fps FHD+, membuat konten menjadi jernih dan rendering grafis yang cepat serta lancar.

Baca Juga: Skor Benchmark Snapdragon 888 Ternyata Masih Kalah dari A14 Bionic di iPhone

Untuk urusan audio terdapat Qualcomm aptXTM, yang mengoptimalisasi pengalaman gaming untuk permainan-permainan yang populer, streaming konten HD dengan mulus, dan durasi membuka aplikasi yang lebih cepat.

Produk smartphone yang menggunakan Snapdragon 480 diharapkan hadir di 2021 ini.

(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya