1More True Wireless ANC In-Ear Headphones: Desain Modis, Audio Mantap Dengan Peredam Suara Kuat

Rabu, 16 Desember 2020 | 11:49
1More

1More True Wireless ANC In-Ear Headphones earbuds kiri kanan dan casing charger

Nextren.com -Pasar smartphone di Indonesia memang sangat besar, yang tampak ada begitu banyak merek yang msuk ke pasaran.

Hal ini turut mengerek produk ikutan atau aksesorisnya, salah satunya adalah earphone wireless.

Tren produk earphone saat ini adalah (true wireless stereo) dengan fitur makin canggih, audio makin bagus dan baterai yang awet. Selain itu, faktor desain juga menjadi bagian penting.

Perangkat audio pribadi seperti earphone dan headphone over ear seperti TWS (true wireless stereo) tersebut, punya angka permintaan yang melonjak dalam tiga tahun ke depan.

Menurut lembaga riset pasar Canalys, akan ada 3 miliar perangkat pintar yang akan dikirimkan secara global hingga 2023 mendatang. Sebanyak setengahnya atau 1,5 miliar, adalah smartphone.

Baca Juga: Ini 4 Laptop Baru ASUS di CES 2021, Pakai Intel EVO dan Layar Canggih

Produk terbanyak berikutnya adalah earphone nirkable seperti true wireless stereo (TWS) hingga headphone over-ear, menjadi perangkat terbanyak kedua sbesar 726 juta unit.

Indonesia kini juga mulai diramaikan produk TWS, salah satunya merek 1More, pemain besar di industri audio global dan berasal dari Tiongkok.

Kini di Indonesia, 1More merilis earbuds TWS (True Wireless Stereo) bernama 1More True Wireless ANC In-Ear Headphones.

Lewat Erajaya sebagai distributor resmi, 1More membidik segmen kelas atas lewat 1More True Wireless ANC In-Ear Headphones, dengan harga cukup bersaing.

Seperti produk Erajaya lainnya, pemilik bisa lebih tenang karena akan mendapatkan dukungan purna jual yang baik di Tanah Air.

Desain

Sebagai In-Era Headphones, desainnya memang diselipkan di telinga, yang ternyata mungil, ergonomis dan pas dipakai di telinga.

Ear tips bawaan TWS ini berukuran M. Namun jika kurang pas dengan ukuran telinga penggunanya, bisa diganti dengan ear tips cadangan, yang berukuran XS (Extra Small), S (Small), dan L (Large).

Untuk koneksi ke smartphone ada Bluetooth 5.0 yang mendukung codec Bluetooth berkualitas tinggi AAC dan aptX.

Sebagai versi terbaru, Bluetooth 5.0 kita kenal hemat daya dan stabil, dengan jangkauan hingga 10 meter.

1More
1More

earbuds kiri-kanan 1More True Wireless ANC In-Ear Headphones

Bayangkan saat kamu berjalan ke dapur atau bahkan kamar mandi, kamu masih bisa menerima telepon atau mendengarkan musik dari smartphone yang ada di kamar.

Fitur menarik di perangkat ini adalah mikrofon Dual ANC, sehingga suara sekeliling terbilang sangat kedap, nyaris tak terdengar.

Tentu saja hal ini terasa nyaman saat dipakai menikmati musik, video atau menerima telepon.

Selain ANC untuk suara yang jernih dan kedap, untuk bicara tersedia mikrofon ENC (Environmental Noise Cancelling) internal.

Mikrofon ini bisa meredam suara bising sekelilingnya lebih kuat, sehingga suara penelepon terdengar jelas meski di sekelilingnya ramai.

Bayangkan saat kamu menerima telepon dengan jernih dari seseorang yang sedang berada di pinggir jalan atau bahkan dekat keramaian seperti konser musik.

Berikutnya adalah latensi (jeda) yang minim saat dipakai menikmati lagu atau film.

Latensi rendah ini terasa penting fungsinya saat menikmati film action dengan adegan yang sangat cepat dan penuh efek suara.

Namun latensi menjadi bertambah saat dipakai main game, meski masih bisa dalam taraf wajar, yang bisa jadi karena ponsel atau aplikasi yang digunakan.

Begitu TWS 1More ini diselipkan ke telinga, maka otomatis akan langsung aktif karena adanya sensor infra merah yang bisa mendeteksinya.

1More
1More

Box 1More True Wireless ANC In-Ear Headphones tampak depan

Berkat sensor infra merah itu pula, maka lagu yang sedang diputar secara otomatis akan terhenti jika salah satu atau kedua earbuds dilepaskan.

Begitu pula saat earbuds terpasang kembali di telinga, maka lagu akan kembali dimainkan.

Tentu saja fitur ini sangat memudahkan saat ingin berhenti sejenak mendengarkan musik, tanpa perlu menekan tombol play atau pause di hape.

Kontrol Gesture

Perangkat ini punya fitur gesture jari, sehingga beberapa fungsi bisa dioperasikan cukup dengan menyentuhnya.

Contohnya, mengetuk dua kali bagian luar earbuds akan mengaktifkan fitur ANC level 1, dan terdengar suara ANC On.

Selanjutnya, mengetuk dua kali lagi akan membuat fitur ANC level 2 aktif.

Selanjutnya, mengetuk dua kali lagi di earbuds akan membuat fitur berubah ke Pass-Through.

Nah fungsi fitur Pass-Through ini adalah untuk mendengarkan kebisingan sekitar agar tetap waspada, misalnya saat sedang menyetir.

Berikutnya jika kita mengetuk dua kali lagi, maka fitur ANC dan Pass-Through akan benar-benar mati.

Jika ingin kembali mengaktifkan ANC, maka cukup mengetuknya lagi sebanyak dua kali.

Baca Juga: MediaTek Goda Penggemar Smartphone Dengan Chipset Flagship Baru

Tombolkontrol

Cara lain untuk mengontrol perangat ini adalah lewat tombol kecil di sisi atas.

Fungsinya untuk menerima atau menutup panggilan telepon, mengatur volume, mengaktivasi asisten suara, dan menjadi tombol kontrol musik di handphone.

Casing charger

Saat tak dipakai, 1More True Wireless ANC In-Ear Headphones ini bisa disimpan di casing bawaan, sekaligus bisa diisi ulang.

Casingnya desain tampak menarik dan elegan, dengan bahan logam yang kokoh digenggam.

Ada lampu indikator di casing sebagai indikator sisa daya baterai.

Saat lampu berwarna hijau artinya baterai dalam kondisi penuh, warna oranye berarti sisa setengah, dan warna merah daya baterainya hampir habis.

Baterainya di tiap earbuds berkapasitas 55mAh, dan dengan volume 50% bisa dipakai sekitar 5 jam dalam kondisi fitur ANC aktif atau 6 jam saat ANC mati.

Ada lagi baterai kedua di casing bawaan berkapasitas 410mAh, sehingga pada volume 50% baterainya mampu bertahan selama 22 jam.

Baterai di casingnya ini berfungsi juga sebagai powerbank bagi earbuds dan bisa diisi ulang saat di rumah.

Daya tahan yang cukup lama tersebut tentu saja membuatnya nyaman untuk menikmati semua konten di hape seperti musik, film, atau game.

Baterai di casing bawaannya bisa diisi ulang selama 2 jam dari kondisi 0% ke 100%.

Baca Juga: TWS Terbaru Jabra Elite 85t Tawarkan Desain Ergonomis dan Noise Cancelling Kuat

1More
1More

1More In-Ear mendukung Wireless Charging, namun harus dibeli terpisah

Sedangkan baterai tiap earbuds bisa diisi ulang di dalam casing dari kondisi 0% ke 100%, cukup 1 jam saja.

Selain itu, baterai 1More True Wireless ANC In-Ear Headphones ini bisa diisi tanpa kabel (wireless), namun wireless charging pad harus dibeli sendiri secara terpisah.

Soalnya, di paket panjualan 1More ini hanya disediakan kabel port USB Type-C ke USB saja.

Nyaman dipakai berlama

Desainnya yang mungil, ringan dan ergonomis, begitu pas di telinga. Jadi rasanya nyaman saja dipakai berlama-lama. Semua aktifitas digital bisa dilakukan dengan nyaman, seperti seminar online dengan zoom, menikmati musik Spotify atau YouTube, menonton film atau bermain game yang seru.

Adanya fitur ANC begitu berguna saat melakukan percakapan telepon, karena suara terdengar jernih dan jelas dengan noise sekitarnya yang minim.

Maka tak perlu ragu menelepon seseorang atau menerima telepon di pinggir jalan yang ramai, karena suara akan tetap jelas dan jernih.

Bicara kualitas audionya, suara terdengar jernih dengan nada bass yang bertenaga. Tentunya asyik dipakai menikmati musik berlama-lama.

Di Indonesia, perangkat TWS ini dijual resmi seharga Rp 2.099.000, cukup menarik mengingat kemampuannya.

Baca Juga: Aduh! Dikira AirPods KW, Ribuan OnePlus Buds Kena Sita Bea Cukai AS

Beberapa keunggulan yang bisa dinikmati dari 1More True Wireless ANC In-Ear Headphones ini adalah :- desain bagus dengan bahan bodi kokoh- ergonomis, bobot ringan, nyaman dipakai lama- kualitas audio jernih dan bass kuat- fitur ANC bisa meredam suara sekitarnya - daya tahan baterai awet- ada gesture jari dan tombol yang praktis- tahan air keringat

Sementara kekurangan yang perlu dipertimbangkanseperti :- masih memakai microUSB, bukan USB-C yang lebih praktis dan lebih cepat mengisi daya- Gesture dan tombol perintah tidak dapat dikustomisasi- Ear tips mudah kotor

Pendapat Kami

1More True Wireless ANC In-Ear Headphones ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi penyuka TWS In-Ear yang praktis. Selain kualitas audio yang bagus, model yang elegan, bobot ringan dan tahan keringat, ditambah baterai cukup awet, membuatnya nyaman dipakai untuk beraktifitas dalam waktu lama.

Fitur ANC yang bekerja dengan baik dalam meredam suara saat menelepon dan mikrofon bicara, membuatnya berguna untuk menikmati hiburan dan komunikasi sehari-hari di beragam kondisi.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya