5 Fakta Unik Konsumen Indonesia Sebelum Harbolnas 11.11 Besok!

Selasa, 10 November 2020 | 13:48
refeed

ilustrasi belanja online

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan sebuah perayaan yang diadakan oleh sejumlah platform e-commerce di Indonesia.

Setiap tahunnya, hampir seluruh platform belanja online memberikan penawaran harga-harga menarik.

Hal itu pun tentunya membuat daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Ditambah tahun 2020 menjadi tahun di mana masyarakat harus merasakan perpindahan pola belanja dari offline ke online akibat adanya pandemi.

Baca Juga: Festival Belanja Online Lazada 11.11 Banjir Diskon, Voucher Hingga Gratis Ongkir Seluruh Indonesia

Melihat kondisi itu, Facebook Indonesia pun melakukan riset terhadap 1.515 konsumen dengan rentang usia 18 tahun ke atas mengenai perilaku berbelanja selama pandemi.

Hasilnya, Facebook menemukan 5 fakta unik tentang Hari Belanja Online di Indonesia.

Berikut hasil penuturan Vertical Lead Facebook Indonesia, Aldo Rambie dalam acara Facebook Summit Indonesia 2020, Selasa (10/11).

1. Gen X dan Boomers Mendominasi

Hal pertama yang ditemukan Facebook ialah fakta bahwa Gen X dan Boomers menjadi penyokong mayoritas pertumbuhan selular dan e-commerce.

Generasi tersebut adalah yang notabene kelahiran mulai tahun 50an sampai 80an.

Baca Juga: Smartfren Beri Akses Facebook Gratis Lewat Fitur Facebook Flex

Disebutkan kalau Gen X dan Boomers di Indonesia memiliki persentase 43 persen yang meningkatkan pengeluarannya di e-commerce selama pandemi.

Mereka pun lebih banyak membeli barang-barang groceris atau kebutuhan sehari-hari.

"56 persen orang yang kami wawancarai mengatakan lebih banyak membeli barang groceries," jelas Aldo Rambie.

Baca Juga: Facebook Uji Coba Fitur Lingkungan, Jadi Gampang Kenalan Tetangga yang Cantik!

2. Banyak Obral Besar

Selama masa pandemi, ekonomi masyarakat Indonesia lebih banyak yang mengalami penurunan.

Dari situ diprediksi bahwa turunnya ekonomi akan membuatsensitivitas harga akan meningkat.

Sehingga besar kemungkinan kalau akan banyak obral yang terjadi di Harbolnas 11.11 di berbagai e-commerce.

Bahkan Facebook juga menilai bahwa Harbolnas 11.11 dan 12.12 nanti akan menjadi ajang obral yang paling populer.

3. Beli Barang Untuk Diri Sendiri

Fakta selanjutnya yang cukup unik ialah di Harbolnas 11.11 disebutkan kalau akan banyak konsumen yang berbelanja untuk dirinya sendiri.

Baca Juga: FarmVille, Game Legendaris Facebook Pamit Undur Diri, Ada Apa?

freepik.com
freepik.com

Tren Belanja Online 2021: Belanja Baju Sekaligus Edukasi dan Menghibur Pelanggan

Dikatakan kalau hal ini merupakan salah satu cara orang untuk menghibur dirinya di masa pandemi.

Survei Facebook menunjukkan ada hampir 83 persen konsumen di Indonesia ingin memberi hadiah untuk diri sendiri selama musik belanja.

Baca Juga: Ini Cara Bisa Dapatkan Barang di Festival Belanja 11.11 Ala Bos Marketing Lazada

4. Terbuka Dengan Barang Baru

Lebih lanjut, Facebook mengatakan bahwa orang Indonesia saat ini lebih terbuka dengan barang atau jasa baru.

Perubahaan mendadak yang ada seperti protokol kesehatan dan lainnya membuat sejumlah orang tidak sungkan untuk membeli sesuatu yang baru semisal hand sanitizer.

Untuk hal ini, generasi millenial disebutkan berada di paling atas dengan persentase 41 persen responden yang sangat terbuka dengan produk baru.

5. Melihat Keselarasan Nilai Merk dan Pribadi

65 persen surveyor menyatakan akan membeli sebuah barang apabila sebuah merek merespon krisis COVID-19.

Baca Juga: Inilah Dua Metode dan Skema Penipuan yang Mengancam Konsumen Belanja Online

Temuan ini pun ternyata juga telah membuat 47 persen pengguna internet mengganti merek produk yang biasa mereka pakai.

Alasannya karena tidak lagi sesuai dengan nilai-nilai yang mereka pegang.

Nah, itulah 5 fakta unik yang berhasil ditemukan oleh Facebook setelah melakukan riset dengan sejumlah perusahaan analis lain.

Gimana Sobat Nextren? apa kamu setuju dengan temuan tersebut?

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya