Jenius Co Creation Week 2020 Digelar Hari Ini, Ada Business Competition dan Jenius UI/UX Challenge

Senin, 02 November 2020 | 16:30

Irwan S Tisnabudi dalam membuka Jenius Co Creation Week 2020

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Jenius pada hari ini meresmikan acara tahunannya yaitu Jenius Co Creation Week 2020 dengan tema Reshape.

Tema ini dipilih berdasarkan yang terjadi pada saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 merubah segala aktivitas yang biasanya offline, menjadi online.

"Kami ingin mengajak paradigital savvy untuk berteman dengan perubahan, beradaptasi, dan menghasilkan cara baru dalam menjalani kehidupan," ujar Irwan S. Tisnabudi, Head of Digital Banking Bank BTPN via Zoom (2/11).

Irwan juga menyebutkan acara ini dihadirkan selain untuk menginspirasi orang lain juga bertujuan untuk mencari ide Jenius untuk fitur berikutnya.

Ide tersebut dicari dari masukan, suara, dan ide ini Jenius wujudkan dalam sederet inovasi fitur-fitur revolusioner seperti yang diluncurkan sepanjang 2020.

Jenius di tahun ini sudah memiliki Jenius untuk Bisnis, Multi Flexi Saver, Moneytory, Jenius QR, dan Top-up BNI TapCash.

Jenius berusaha mendapatkan hal tersebut dari 300 survei online,diskusi grup, sertainterview in depth yang melibatkan lebih dari 40.000orang di seluruh Indonesia.

Jenius Co Creation Week 2020 ini diselenggarakan secara virtual dan acara berlangsung lima hari dari tanggal 2 hingga 5 November.

Dalam lima hari akan ada sederet tokoh inspiratif yang akan berbagi strategi dan kisah bagaimana mereka berteman dengan perubahan serta turut menciptakan dampak positif bagi sekitar.

Tokoh inspiratif tersebut antara lain Veronica Colondam, Founder/CEO Yayasan Cinta Anak Bangsa, Roy Simangunsong, Vice President Head of Advertising and Brand Partnership Disney Indonesia, Gusti Kanjeng Ratu Hayu, Penghageng Tepas Tandayekti Kraton Jogja, serta Ria Tri Sulistyani, Co. Artistic Director Papermoon Puppet.

Selain itu, terdapat dua kompetisi dalam rangkaian acara Jenius Co Creation Week 2020, yaitu Business Competition dan Jenius UI/UX Challenge.

Dalam Business Competition, peserta ditantang membuat rencana bisnis dan menjelaskan ide mereka atau disebut pitch.

Dari total 179 tim dan 145 orang yang mengirimkan ide dan rencana bisnisnya, terpilih 5 tim yang kemudian mendapatkan pelatihan atau mentoring dari para akademisi dan praktisi entrepreneurship.

Pelatihan tersebut meliput topik-topik yang mendukung pengembangan bisnis mereka, seperti Business Model Canvasing Workshop, Business Operation and Documentation 101, Business Finance, dan Marketing 101.

Selain itu, para pemenang juga mendapatkan hadiah uang tunai dengan total puluhan juta rupiah.

Jenius sudah menentukan pemenang dari Business Competition pada Co Creation Week 2020, yaitu Holi Ice Cream (@holiicecream), Praevia (@praevia.id), dan Miwa (@makananmiwa).

Sementara Jenius UI/UX Challenge sendiri adalah kompetisi membuat desain UI/UX aplikasi Jenius yang interaktif dan menyenangkan agar teman Jenius semakin sering menggunakan aplikasi Jenius di kehidupan sehari-hari.

Lomba ini diikuti oleh lebih dari 600 peserta individu dan tim serta telah terpilih 10 finalis yang akan menyampaikan idenya di babak final.

Baca Juga: Cara Kerja Hape Layar Gulung TCL, Dari 4,5 inchi menjadi 6,7 inchi

Selama masa pandemi, Jenius Co Create juga terus melakukan kokreasi dan kolaborasi melalui lebih dari 52 kelasonline dengan berbagai topik serta diikuti oleh lebih dari 4.000 masyarakat yang tidak hanya tinggal di Indonesia namun juga dari luar negeri seperti Belgia dan Selandia Baru.

"Melalui Jenius Co Creation Week 2020, kami berharap bisa ber-kokreasi dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam berinovasi menghadirkan solusi finansial yang semakin relevan dan lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang terus berkembang," ungkap Irwan.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya