Nextren.com - Tren berbelanja secara online sedang digandrungi oleh para konsumen.
Sejak awal pandemi, sejumlah pemilik marketplace dilaporkan mengalami lonjakan harta yang cukup tinggi.
Contohnya saja Jeff Bezos, pemilik Amazon itu bisa meraup harta sebanyak Rp 2,2 miliar per-detik pada bulan Juli lalu.
Kondisi tersebut tentunya membuat sejumlah platform lain tergiur untuk memberikan akses belanja bagi para konsumennya.
Baca Juga: Sistem Otomatis YouTube Hapus 11,4 Juta Video Selama 3 Bulan
YouTube sebagai salah satu platform berbagi video sepertinya memiliki rencana tersebut.
Dilansir dari 9to5Google, perusahaan besutan Google itu dikabarkan sedang menguji coba fitur belanja.
Alasan YouTube ingin membenamkan fitur tersebut diketahui karena mulai maraknya para pengulas produk atau reviewer.
Jumlah penonton untuk konten tersebut pun dinilai sedang mengalami peningkatan.
Dengan begitu, kehadiran fitur belanja ini dimaksudkan untuk memudahkan para konsumen.
Baca Juga: Live Streaming Youtuber Terancam Dilarang Jika Tuntutan RCTI soal Live di Medsos Harus Berizin
Berdasarkan laporan Bloomberg, skema pembelian ini akan ditampilkan dalam konten.
Jadi nantinya, kamu bisa dengan mudah membeli barang hanya dengan menonton video YouTube.
Kamu tentunya tidak perlu repot-repot untuk pindah platform jika ingin membeli produk.
Baca Juga: Penghasilan 10 YouTuber Teratas di Indonesia, Baim Wong Minimal Dapat Rp 681 Juta Sebulan!
Hanya dengan satu klik pada tampilan pop-up di video YouTube, maka kamu akan langsung terhubung ke halaman penjualan.
Rencana fitur baru ini dikabarkan sedang diuji oleh YouTube dengan mengintegrasikannya dengan Shopify.
Shopify sendiri merupakan perusahaan dagang atau marketplace asal Kanada.
Menurut juru bicara YouTube, pengembangan ini akan memiliki kendali penuh atas produk mana yang ditampilkan di dalam video, dikutip dari 9to5Google.
Selain menguntungkan para konsumen dalam membeli barang.
Baca Juga: YouTube FanFest 2020 Perdana Digelar Secara Virtual, Catat Tanggalnya
Fitur belanja ini tentunya akan bisa memberi dampak positif bagi para konten kreator.
Sebab kekuatan kanal mereka pun bisa bertambah dan orang-orang akan lebih mencari kanalnya untuk membeli sebuah barang.
Jika kabar ini benar, maka YouTube akan menjadi platform yang lebih lengkap lagi dari sebelumnya.
Baca Juga: Inilah 19 YouTuber Indonesia Dengan Lebih 10 Juta Subscriber, Tahun Ini Naik 10x Lipat!
Namun, diprediksi kalau fitur belanja ini awalnya hanya akan disematkan untuk YouTube Premium.
Tapi tidak ada salahnya kalau kita berharap YouTube bakal menyematkan hal yang sama pada pelanggan regulernya.
Mari kita tunggu saja hingga ada kabar kelanjutan terkait fitur belanja langsung di YouTube ini.
(*)