TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Download di App Store dan Play Store Juli 2020

Selasa, 29 September 2020 | 14:20
happymag.tv

TikTok

Nextren.com - Bertambahnya tahun, inovasi tentang sebuah aplikasi yang memberikan hiburan untuk pengguna smartphone juga semakin bertambah.

Dulu, sosial media mungkin menjadi aplikasi yang banyak diunduh. Tetapi saat ini sudah berbeda.

Berdasarkan laporan Digital 2020 oleh We Are Social, pengguna media sosial di Indonesiamencapai kurang lebih 160 juta orang dengan peningkatan penetrasi mencapai 59% dari tahun2019.

Keberadaan media sosial menciptakan istilah baru, yaitu pembuat konten (content creator), orang yang menciptakan konten kreatif dan dipamerkan melalui berbagai platform media sosial.

Baca Juga: TikTok Perkenalkan Dewan Penasihat Keamanan Asia-Pasifik, Cegah Kebocoran Data?

Kita pun mengenal Twitter sebagai platform untuk konten berupa pesan teks singkat, Instagram untuk foto, dan YouTube untuk video.

Dengan adanya minat tersebut, aplikasi yang mendukung keinginan pengguna pun bermunculan, termasuk aplikasi TikTok.

Banyak dari pengguna yang ingin serius dengan minat menjadi pembuat konten agar bisa menjadi populer.

Hingga di beberapa tahun terakhir, platform pembuatan video pendek menjadi platform yang terpopuler dan dengan pertumbuhan tercepat di seluruh dunia.

Baca Juga: Akhirnya Trump Setujui Kerjasama Oracle dan TikTok, Asal Ada Syarat Ini

Tren menikmati dan membuat konten pada platform pembuatan video pendek kian digandrungimasyarakat dunia.

Hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah unduhan terhadap beberapa aplikasi pembuatan video pendek seperti TikTok milik Byte Dance, Likee milik Bigo Technologies, dan Snack Video milik Beijing Kuaishou Technology.

Berdasarkan laporan Sensor Tower pada Juli 2020, ketiga aplikasi tersebut masuk pada 10 aplikasi yang diunduh paling banyak di seluruh dunia.

Laporan Sensor Tower Juli 2020.

Baca Juga: TikTok, WeChat dan Huawei Diblokir AS, China Balas Melarang Masuk Perusahaan Asing Tertentu

Perkembangan aplikasi video pendek memudahkan pengguna dalam menghasilkan konten.

Sebelumnya, sebagai pembuat konten video perlu untuk mengeluarkan tidak sedikit yang untuk membeli peralatan profesional untuk mendukung aktivitas dan menghabiskan waktu yang banyak untuk mengedit video.

Saat ini, dengan semakin populernya video pendek, setiap orang mempunyai kesempatan menjadi content creator, selama mempunyai smartphone dan ide kreatif.

Baca Juga: Duh! TikTok dan WeChat Diblokir Secara Resmi di AS Mulai Minggu Depan

Menurut Likee, salah satu alasan platformnya harus dipertimbangkan content creator tentunya karena kemudahan yang ditawarkan.

Aplikasi seperti TikTok, Snack Video dan Likee bisa digunakan oleh berbagai kalangan usia.

Pengguna yang masih belum terbiasa atau profesional bisa gunakan fitur yang disediakan dapat membantu mereka menciptakan sebuah karya yang menarik dengan mudah.

Selain itu dengan adanya ketiga platform, pengguna bisa bersosialisasi dengan siapa saja dan bebas untuk mengekspresikan dirinya.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya