Wow! Kamera Resolusi 3200MP Diuji Coba, Bisa Lihat Bola Golf Dari Jarak 24 Km

Kamis, 10 September 2020 | 10:30
Engadget

Lensa kamera digital beresolusi 3200MP.

Nextren.com - Perkembangan teknologi terus diupayakan oleh para ilmuwan di seluruh dunia untuk menghadirkan sebuah inovasi terbaru, misalnya saja pada urusan sensor kamera.

Seperti yang kita tahu, saat ini sensor kamera smartphone tertinggi berada di angka 108MP.

Bahkan beberapa informasi juga menyebutkan kalau Samsung saat ini sedang berupaya mengembangkan sebuah sensor kamera baru beresolusi 250MP.

Lebih dari itu, kali ini ditemukan sebuah laporan yang menyebutkan bahwa sekelompok peneliti dari Stanford telah berhasil mengambil foto dengan resolusi 3.200MP.

Baca Juga: Lensa Baru FE 20mm F1.8 Hadir di Indonesia, Lensa Utama f/1.8 dengan Ultra-wide-angle

Hasil foto tersebut diklaim sebagai resolusi foto terbesar yang pernah ada.

Menurut SLAC National Accelerator Laboratory, sensor kamera super jumbo itu disinyalir akan dipasangkan ke dalam kamera digital terbesar di dunia, dikutip dari Engadget.

Kabar tersebut menyebutkan kalau kamera akan dipasang di teleskop Legacy Survey of Space and Time (LSST) di Chili.

Baca Juga: 5 Lensa Tambahan Agar Hasil Foto Makin Keren, Gak Perlu Beli HP Mahal

Bicara soal hasil foto yang dihasilkan, satu foto dari kamera beresolusi 3200MP tersebut mengharuskan para peneliti membukanya dengan gabungan 378 unit layar TV resolusi 4K UHD.

Selain itu, dalam hasil fotonya kamu juga bisa melihat objek kecil dan redup, yang tidak dapat ditangkap oleh kamera lain.

Bahkan peneliti juga mengklaim kalau kamera tersebut bisa mengambil foto dalam kondisi 100 juta lebih redup, dibanding mata telanjang.

"Saking bagus resolusinya, sebuah bola golf dapat dilihat dari jarak 15 mil," ungkap peneliti SLAC, dikutip dari Engadget.

Baca Juga: NASA Gunakan Teleskop JWS Demi Temukan Oksigen Diluar Bumi

Jika dikonfersi ke dalam satuan kilometer, maka kamera tersebut dapat menangkap gambar sebuah bola golf dari jarak sekitar 24 kilometer.

Dengan segala kemampuan yang ada pada kamera super ini, ternyata para ilmuwan membutuhkan sebanyak 189 sensor kamera dengan material charge couple-devices (CCD) yang masing-masing sensor memiliki resolusi 16MP.

Sensor itu pun dirakit menjadi sebuah kesatuan dalam sebuah raft demi membentuk sebuah focal plane.

Baca Juga: Aplikasi Xiaomi Mi Health Bisa Deteksi Detak Jantung Hanya Lewat Kamera

Harga dari satu raft dikatakan sekitar 3 juta USD atau sekitar 44,5 miliar Rupiah dan jumlahnya ada 21 raft.

Proyek ini telah dijalankan sejak tahun 2015 dan sejauh ini para peneliti mengaku masih dalam tahap pengembangan hingga hasil yang lebih baik.

Jika sudah sempurna, maka kamera digital tersebut akan dipasang di puncak Cerro Pachon yang memiliki ketinggian 2.651 meter.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya