Ditjen Dikti Ungkap Kebutuhan Data Belajar Online 50GB Sebulan, Daya Belinya di Bawah Rp 100.000

Sabtu, 29 Agustus 2020 | 10:00
KOMPAS.COM/KRISTIANTO

Ilustrasi Belajar Online

Nextren.com - Pandemi Covid-19 memberikan tantangan baru bagi pendidikan di Indonesia. Sistem pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kini lebih banyak dilakukan secara daring melalui sistem pembelajaran jarak jauh.

Belum terbiasanya masyarakat Indonesia dengan sistem pembelajaran ini tentu memunculkan beberapa permasalahan, seperti kendala jaringan hingga biaya ekstra yang perlu dikeluarkan untuk melaksanakan pembelajaran daring.

Untuk mempermudah akses pembelajaran, terutama di bidang pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud kembali bekerjasama dengan penyedia jasa telekomunikasi, untuk kemudahan pembelajaran daring bagi dosen dan mahasiswa.

Ditjen Dikti kini melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi XL Axiata dalam hal program edukasi. Proses simbolis penandatanganan nota kesepahaman dilakukan secara virtual dalam bentuk webinar yang juga disaksikan oleh insan pendidikan tinggi, Rabu (26/8).

Baca Juga: Inilah Paket Internet Belajar Online Murah Meriah dari Indosat, XL, Telkomsel, Tri dan Axis

Nizam juga mengungkapkan bahwa hal ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan proses pembelajaran dosen dan mahasiswa. Ia menginginkan seluruh insan perguruan tinggi bisa mendapatkan layanan semurah mungkin dengan jangkauan seluas mungkin.

“Kami sudah survei bahwa rata-rata kebutuhan penggunaan data untuk pembelajaran jarak jauh adalah 50GB per-bulan, sementara daya beli masyarakat untuk kuota di bawah Rp 100.000, maka dari itu perlu disediakan layanan internet seramah mungkin sesuai dengan kantong mahasiswa,” ungkap Nizam.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto dalam keterangannya kepada Nextren mengatakan, dengan paket ini, mahasiswa dan pendidik akan mendapatkan kuota spesifik untuk tujuan pembelajaran jarak jauh tanpa perlu khawatir kehabisan kuota karena terpakai penggunaan lain.

Baca Juga: Advan Tab 8elajar, Tablet Sejutaan Berisi Ribuan Materi Belajar dan Latihan Soal untuk SD SMP SMA

Kuota internet gratis 30GB khusus pelajar dan mahasiswa

Untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia dan mengatasi persoalan terkait akses internet yang dihadapi masyarakat, XL Axiata meluncurkan paket internet gratis bagi pelajar dan mahasiswa, selama 2 bulan.

Program ini berupa paket internet khusus dengan kartu AXIS, agar pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis 30GB untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling disering digunakan di PJJ.

Menurut Feby Sallyanto, paket khusus ini sudah mulai dibagikan gratis kepada sekolah-sekolah dan kampus di Indonesia, untuk mendukung proses PJJ.

Dengan total kuota gratis 30GB, para pelajar paket ini bisa dipakai mengakses aplikasi penunjang belajar dan PJJ.

Baca Juga: Dukung Belajar Online, Huawei MatePad T8 Resmi Masuk Indonesia Seharga Sejutaan

Kuota 30GB itu dibagi untuk dua paket, yaitu 15GB untuk Kuota Conference dan 15GB untuk Kuota Edukasi.

Kuota Conference 15GB bisa dipakai mengakses aplikasi interaksi belajar online dan mengirimkan tugas, yaitu Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom.

Sedangkan kuota 15GB Kuota Edukasi bisa dipakai mengakses aplikasi pendukung pelajaran seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu, juga materi di Rumah Belajar Kemendikbud dan Spada Indonesia Kemendikbud.

Baca Juga: Smartfren rilis Booster Unlimited Rp 10 Ribu Seminggu, Cocok Untuk Belajar Online

Sebagai tambahan, paket internet untuk pelajar ini pun dilengkapi dengan bonus berikut :- kuota games 1GB per hari. - kuota chat dan m-payment 6GB untuk aplikasi WhatsApp, LINE, OVO, GOJEK, dan GRAB - telepon ke semua nomor AXIS & XL selama 12.000 menit - bonus sureprize 4GB

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya