Gaming Monitor Samsung Odyssey G9 dan G7 Masuk Indonesia, Punya Layar Lengkung 1000R Pertama di Dunia

Jumat, 24 Juli 2020 | 16:24
Samsung

Monitor gaming Samsung Odyssey G9

Nextren.com – Perkembangan bisnis game di Indonesia dan dunia sangatlah pesat.

Indonesia sebagai salah satu pasar game terbesar di Asia Tenggara mampu menghasilkan pendapatan hingga USD 1,1 milyar pada tahun 2019.

Angka yang luar biasa ini turut disokong semakin banyak populasi pengguna aktif internet yang bermain game.

Menurut Newzoo Consumer Insight, tahun 2020 ini ada 21% pengguna internet yang bermain game di PC.

Semuanya berkompetisi dan berambisi untuk menang, mengharapkan keunggulan teknologi paling maju, memakai PC game terbaik dengan semua kemampuan yang diinginkan para gamer.

Baca Juga: Raffi Ahmad Punya Tim Esports Sendiri untuk Beragam Game Bernama Rans Esport

Tak hanya kinerja mesin PC yang kencang, para gamer serius tentu juga butuh monitor yang kinerjanya bisa mengimbangi.

Untuk memenuhi kebutuhan para gamer di Indonesia akan monitor terunggul bagi sang juara, hari ini Samsung Electronics Indonesia meluncurkan Gaming Monitor Samsung Odyssey G9.

Ini adalah gaming monitor pertama di dunia dengan kelengkungan layar 1000R.

Dilengkapi performa dan kualitas gambar yang nyaman untuk bermain game, serta desain futuristik, gaming monitor Samsung Odyssey ini diklaim akan memberikan pengalaman baru dalam bermain game.

Baca Juga: Ini Alasannya Piala Presiden Esports 2020 Tandingkan Pemain Free Fire

Samsung Odyssey G9 adalah gaming monitor berukuran 49 inci dengan sudut pandang yang luas, karena punya lengkungan layar 1000R.

Hal itu diklaim bisa memberikan pengalaman bermain game yang imersif, apalagi ditunjang refresh rate hingga 240Hz dan kualitas gambar resolusi DQHD.

"Teknologinya memberikan lebih banyak keunggulan dan keasyikan bermain bagi para gamer,” jelas Ellya, Head of Display Business, Samsung Electronics Indonesia (24/7).

Baca Juga: Mengaku Tak Mahir Main Game Online, Kaesang Anak Jokowi Nekat Jadi Atlet eSports

Samsung
Samsung

Rifat Sungkar pembalap dan Ellya, Head of Display Business, Samsung Electronics Indonesia

Cocok untuk game refleks tinggi

Rifat Sungkar, Pebalap profesional dan Gamer, juga memberikan pendapatnya untuk Odyssey G9.

Bagi Rifat pribadi, terkendalanya aktivitas balap di masa pandemi membuatnya harus beralih ke game balap dan rally online, yang mempunyai keseruan tersendiri.

Bertanding secara online ternyata membantu Rifat untuk meminimalisir kekhawatiran di masa pandemi ini, serta agar tetap memiliki mental juara.

Menurutnya, pengalaman bermain game menggunakan layar monitor yang tepat memberikan sensasi bermain lebih seru dan kontrol lebih fleksibel.

Bahkan 50% kunci kemenangan dalam game apapun menurut Rifat, bisa dipengaruhi oleh tampilan visualnya seperti di Samsung Odyssey G9.

Baca Juga: Suka Nonton Streaming Pemain Game? Ternyata Mereka Mendongkrak Industri eSport Indonesia Loh

Layar lengkungnya dengan resolusi tinggi DQHD 5120 x 1440 diklaim bisa memberikan ruang pandang yang lebih luas dan tajam dengan nyaman.

Apalagi ditambah refresh rate hingga 240hz yang bisa meminimalisir jeda gambar dan gerakan kabur sehingga visual game lebih halus.

Kehalusan gerakan ini sangat mempengaruhi refleks dan pengambilan keputusan sepersekian detik, yang bisa menentukan kemenangan atau kekalahan, apalagi untuk game yang penuh dengan karakter bervariasi dan grafik yang intens seperti game balap.

Samsung Odyssey G9 menawarkan kombinasi fitur-fitur terbaru, salah satunya adalah waktu respons 1 ms (GTG) sehingga monitor bisa merespons sinyal input grafis dalam 0,001 detik.

Baca Juga: Tips Memilih Monitor yang Tepat untuk Bekerja Dari Rumah dan Memaksimalkan Kerja Jarak Jauh

Samsung
Samsung

Monitor gaming Samsung Odyssey G9 tampak depan

Lalu kemampuan refresh rate hingga 240Hz (mampu menampilkan 240 frame per detik) sehingga gerakan lebih halus.

Layarnya berteknologi QLED untuk gaming dengan resolusi 5120x1440 Dual Quad HD dengan kelengkungan layar (curvature) 1000R dan rasio aspek 32:9 Super Ultra-Wide.

Desain

Desain dan teknologi yang dipakai tersebut bisa memperluas lingkup bidang pandang, menciptakan pengalaman gaming yang seru.

Begitu pula pergantian setiap adegan bisa berjalan mulus dan dinamis berkat dukungan NVIDIA G-SYNC dan Adaptive Sync pada DP1.4.

Baca Juga: Berhenti Sekolah, Pemuda Ini Jadi Gamer dengan Pendapatan Ratusan Juta

Semua fitur tampilan tersebut didukung teknologi HDR1000 serta teknologi QLED dengan DCI-P3 95%, yang diklaim bisa menghasilkan warna lebih murni, lebih cerah, dan lebih nyata.

Desain Odyssey G9 sendiri mengusung eksterior futuristik berwarna putih dengan efek Infinity Core Lighting, yang bisa memancarkan 52 warna berbeda.

Ada pula lima opsi efek pencahayaan di belakang layar yang cocok dengan berbagai setup gaming, untuk menambah keseruan sesi bermain.

Untuk mendapatkan sudut pandang yang optimal sesuai kebutuhan, Samsung Odyssey G9 juga bisa diputar, dimiringkan serta disesuaikan ketinggiannya sehingga fleksibel mengikuti kebutuhan pengguna dalam mengatur posisi layar demi kenyamanan maksimal.

“Kami yakin gaming monitor Samsung Odyssey dapat memberikan pengalaman baru bagi seluruh pemain game PC yang jumlahnya terus meningkat di tahun 2020 ini,” tutup Ellya.

Baca Juga: Ini 4 Penyedia Download Game PC Gratis, Banyak yang Bagus Loh!

Harga dan ketersediaan

Di Indonesia, Samsung Odyssey G9 akan hadir di bulan Agustus 2020 bersama Samsung Odyssey G7 yang juga memiliki waktu respons 1ms (GTG), refresh rate hingga 240Hz, dan kelengkungan 1000R.

Samsung Odyssey G9 tersedia dalam ukuran 49 inci seharga Rp. 24.999.000,-.

Sedangkan Odyssey G7 hadir dalam ukuran 32 inci seharga Rp. 13.499.000, serta 27 inci seharga Rp. 11.999.000.

Saat ini keduanya masih dalam posisi inden atau pre order. Pre-Order akan tersedia pada 1-14 Agustus 2020 di situs resmi Samsung Indonesia dan di Samsung official store JD.id, Blibli, Shopee, Bhinneka.

Dalam masa Pre-order Samsung Odyssey G9 ini, pembeli akan mendapatkan gratis 1 set gaming accessories senilai Rp 6.000.000.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya