Layanan VoLTE Telkomsel Diperluas ke Bogor dan Sidoarjo, Perkuat Tahapan 5G di Indonesia

Jumat, 19 Juni 2020 | 17:00
Techlicious

Ilustrasi menelepon

Nextren.com – Penerapan teknologi 5G di Indonesia masih terus berproses, dan sedang disiapkan oleh semua pihak terkait.

Pemerintah menyiapkan regulasi dan harmonisasi antar lembaga, operator melakukan ujicoba, dan vendor menyiapkan smartphone 5G yang sesuai.

Begitu pula operator Telkomsel, yang melanjutkan langkah menuju implementasi 5G di Indonesia.

Kini Telkomsel terus berupaya mematangkan ekosistem telekomunikasi sekaligus mendorong adopsi gaya hidup digital pelanggan.

Halitu kini diwujudkan Telkomsel dengan memperluas ketersediaan layanan voice over LTE (VoLTE) berupa perluasan jangkauan wilayah dan penambahan mitra ponsel pendukung layanan VoLTE.

Baca Juga: iOS dan iPhone Akan Berubah Nama! Gebrakan Baru Apple

Upaya ini diharapkan bisa mengakselerasi adopsi teknologi broadband VoLTE oleh seluruh lapisan masyakarakat Indonesia.

Menurut Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, kehadiranlayanan VoLTE inidiharapkan mampu memperkuat roadmap perusahaan, dalam menghadirkan layanan jaringan 5G di Tanah Air ke depannya.

Teknologi VoLTE juga untuk melanjutkan upaya Telkomsel dalam penerapan teknologi jaringan terbaru mulai era 2G, 3G, dan hingga 4G saat ini.

Baca Juga: Pengguna Tinder, Ada Kabar Baik Dari Telkomsel Untuk Berlangganan Nih

Untuk wilayah jangkauan layanan VoLTE, kini Telkomsel telah memperluas ketersediaan layanan VoLTE hingga wilayah Bogor dan Sidoarjo.

Sebelumnya, mereka telah mengoperasikan layanan VoLTE di wilayah Jadetabek dan Surabaya sejak awal Mei lalu.

Sedangkan untuk ponsel penyedia layanan VoLTE, kini Telkomsel juga telah berkolaborasi dengan Xiaomi sebagai mitra produsen perangkat penyedia sistem operasi yang akan mendukung keunggulan layanan VoLTE dari Telkomsel.

Kehadiran Xiaomi ini menyusul mitra produsen lainnya, seperti Samsung, Huawei dan Vivo, yang sudah terlebih dahulu berpartisipasi.

Baca Juga: Resiko Nomor Hape Mati yang Dijual Lagi: Dibanjiri Iklan Bahkan Rekening Dibobol

Pada tahap soft launch ini, layanan VoLTE Telkomsel dapat digunakan secara terbatas oleh pelanggan terpilih (whitelist customer) yang memenuhi beberapa syarat.

Syaratnya adalah berada di wilayah jangkauan VoLTE Telkomsel, telah menggunakan kartu yang mendukung jaringan 4G Telkomsel (uSIM), serta memakai smartphone yang memiliki kemampuan layanan VoLTE.

Selanjutnya, pelanggan cukup mengaktifkan fitur VoLTE lewat menu pengaturan perangkat, yang kemudian akan diikuti dengan munculnya tulisan “VoLTE” pada status bar.

Untuk tahap soft launch ini diperhitungkan akan ada sekitar 300.000 whitelist customer yang dapat menikmati keunggulan layanan VoLTE tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Menjadi Streamer Gaming Pemula, Mudah dan Gak Ribet!

Setyanto kemudian juga menjelaskan, bahwa tahap soft launch VoLTE ini untuk uji coba keandalan layanan VoLTE Telkomsel dan mengetahui pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan tersebut. Ketersediaan layanan VoLTE ini akan terus diperluas, baik layanan maupun cakupan wilayah, jenis serta jumlah perangkat yang mendukung VoLTE.

Tujuannya agar layanan tersebut nantinya dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Telkomsel di berbagai daerah di Indonesia.

"Karena itu, pada tahap soft launch ini kami akan terus memonitor kualitas layanan VoLTE Telkomsel serta memantau pengalaman pelanggan sebagai masukan untuk pengembangan layanan VoLTE Telkomsel ke depannya. Hal ini merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk terus mengutamakan prinsip customer-centricity dalam pengembangan produk dan layanan kami”, ujar Setyanto.

Baca Juga: Cara Sambungkan Spotify di Google Maps Tanpa Repot Pindah Aplikasi

Untuk mengakselerasi adopsi layanan VoLTE dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam menggunakan layanan VoLTE, maka diberikan promo paket kuota VoLTE yang akan tersedia dalam waktu dekat.

Selain itu, pelanggan juga tetap bisa menikmati paket khusus Talkmania VoLTE, dengan tambahan kuota menit telepon VoLTE pada paket Talkmania bulanan.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan aktivasi paket-paket tersebut dapat mengakses aplikasi MyTelkomsel.

“Kami berharap, prinsip customer-centric sebagai landasan kuat menghadirkan layanan VoLTE, mampu memberikan kemudahan dan nilai lebih bagi pelanggan dalam berkomunikasi dengan fitur ,suara namun tetap terhubung ke jaringan internet dengan nyaman," ujar Setyanto.

Pihak Telkomsel optimis bahwa layanan VoLTE ini bisa mendukung pelanggan tetap produktif dan memenuhi berbagai kebutuhan gaya hidup digitalnya, terutama di tengah masa adaptasi terhadap kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19.

Editor : Wahyu Subyanto