Netizen Ramai Keluhkan Perubahan Batas FUP Internet IndiHome, Telkom Jelaskan Alasannya

Kamis, 11 Juni 2020 | 19:20

IndiHome

Nextren.com - Kini ada banyak penyelenggara layana internet fiber optic yang langsung dipasang di rumah-rumah, seperti IndiHome, MyRepublic, FirstMedia, XL Home, BizNet, CBN, GIG Indosat.

Kita ketahui bahwa layanan internet lewat kabel fiber optic di rumah seperti itu, semuanya bersifat unlimited alias tak ada batasan kuota tertentu.

Jadi akses internet bebas mau dipakai terus menerus selama 24 jam penuh setiap hari.

Sedangkan kecepatannya adalah tetap sesuai pilihan paket saat mulai berlangganan, misalnya 10Mbps, 18 Mbps, 50Mbps, dan seterusnya.

Namun belakangan ini, pengguna IndiHome ramai mengeluhkan fair usage policy ( FUP).

Baca Juga: Smartfren Luncurkan POWER UP Untuk Kelola Kuota Agar Lebih Hemat

Beberapa pengguna mengaku informasi FUP di aplikasi myIndiHome mereka berubah dari sebelumnya.

FUP adalah kebijakan batas pemakaian internet, yang apabila mencapai kuota tertentu, kecepatan akan diturunkan.

Pelanggan IndiHome mengeluhkan informasi FUP yang terpampang di aplikasi MyIndiHome berkurang dari yang sebelumnya tertera.

Seperti yang dikeluhkan salah satu warganet dengan akun @suhrika.

Baca Juga: Main Gim Bareng di TV Cukup Pakai Smartphone Berkat Kerjasama XL Home dan AirConsole

"Kok saya lihat berkurang drastis banget ya fair usage policy-nya? Tanpa pemberitahuan juga loh," twitnya.

Twit senada juga dikeluhkan pengguna IndiHome lainnya. Seperti yang diunggah akun @afif_usman dan @ivan_pepe berikut.

Ada pula pengguna yang mengeluh adanya perubahan informasi kecepatan paket yang mereka pilih. Dari semula 50 Mbps menjadi 30 Mbps.

Keluhan mereka pun ditanggapi akun Twitter layanan konsumen @IndiHome.

Rata-rata, jawaban yang diberikan senada.

"Sebagai informasi untuk ketentuan FUP tidak ada perubahan baik dari sisi pelanggan maupun kami, dimana data yang tampil pada aplikasi myIndiHome saat ini menampilkan pemakaian batas awal (tanpa throttling) selebihnya tetap sama," jawab akun @IndiHome.

Customer service IndiHome juga mengatakan bahwa ada perubahan tampilan informasi FUP, yang sebelumnya ditampilan FUP keseluruhan.

Baca Juga: Paket Internet Tri 2,5GB Seharian Rp 2000 Diubah, Netizen Ngamuk!

Namun saat ini hanya ditampilan FUP pertama saja, sehingga jumlahnya terlihat berkurang.

Sebagai contoh, apabila pelanggan mendaftar paket internet 20 Mbps, maka informasi FUP pertama yang tertera adalah 500 GB (FUP 1).

Sementara informasi batas FUP kedua atau keseluruhan yang 800 GB, tidak ditampilkan.

Beda paket beda FUP Saat dikonfirmasi KompasTekno, President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo juga mengatakan bahwa FUP setiap pelanggan bergantung pada jenis paket IndiHome yang dipilih.

Baca Juga: Kasus Pengrusakan Kabel Fiber Optik Bawah Laut Dimenangkan oleh Triasmitra, Angin Segar Bagi Dunia Internet Indonesia

Ada tiga pilihan paket yang ditawarkan, yakni Single Play (internet), Dual Play (internet dan telepon), dan Triple Play (internet, telepon, dan TV).

Artinya, meskipun kecepatan awal internet yang dipilih sama, tapi paket yang digunakan berbeda, hal itu akan memengaruhi informasi FUP.

Arif menyontohkan pengguna yang sama-sama berlangganan IndiHome dengan kecepatan awal 20 Mbps.

"FUP kedua pelanggan tersebut berbeda, karena pelanggan pertama memilih paket IndiHome Single Play dengan kecepatan 20 Mbps, sehingga FUP yang diberlakukan adalah sebesar 550 GB (500 GB dari paket yang dipilih dan tambahan 50 GB bonus di masa pandemi COVID-19)," jelas Arif.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Bikin Koneksi Internet Lebih Cepat dan Gak Bakal Lemot Lagi

Sementara satu pelanggan lainnya yang memilih paket Triple Play, memperoleh FUP sebesar 300 GB, di mana 250 GB adalah paket yang dipilih, dan tambahan 50 GB bonus di masa pandemi.

Arif menambahkan bagi pelanggan yang ingin mengetahui informasi lengkap FUP paketnya bisa menghubungi layanan call center di nomor 147.

KompasTekno pun mencoba menghubungi layanan call center IndiHome untuk menanyakan batas FUP dan daftar kecepatan paket Single Play 20 Mbps.

Untuk FUP pertama paket tersebut, saat konsumsi melebihi 550 GB, maka kecepatan akan diturunkan menjadi 10 Mbps.

Baca Juga: Trafik Layanan Data Lebaran 2020 Indosat Ooredoo Melonjak 27 Persen

Sementara FUP kedua dengan konsumsi data lebih dari 800 GB, kecepatan internet diturunkan menjadi 4 Mbps.

Sayangnya, informasi FUP dan kecepatan hanya diberikan sesuai paket yang didaftarkan saja.

Artinya, pengguna tidak bisa mendapatkan informasi tentang batas FUP dan kecepatan paket lain.

Situs resmi IndiHome pun kini tidak menampilkan batas FUP untuk masing-masing paket berlangganan.

Sebelumnya pada 2016 lalu, saat IndiHome baru mengenalkan skema FUP, informasi itu bisa diakses dan bebas dilihat oleh pengguna.

Baca Juga: Cara Mudah Perbaiki Koneksi Jaringan HP yang Tiba-Tiba Lemot

(Indihome.co.id)
(Indihome.co.id)

Skema batas FUP IndiHome saat dikenalkan pada 2016 lalu

Kala itu, FUP IndiHome akan berlaku jika pengguna telah melewati batas kuota 300 GB per bulan.

Jika batas itu dilewati, maka kecepatan akan diturunkan.

Ini berlaku untuk pelanggan kecepatan 10 Mbps ke atas.

Jika melewati batas 300 GB, pelanggan akan tetap dapat dengan kecepatan 7,5 Mbps.

Untuk pemakaian lebih dari 400 GB kecepatan akan dikurangi lagi menjadi 40 persennya.

Selanjutnya, kecepatan tidak akan pernah turun lagi seterusnya (unlimited).

Untuk informasi batas FUP sesuai paket kecepatan internet lainnya, bisa dilihat di tabel di samping.

Skema FUP ini diberlakukan Telkom karena berdasarkan data yang mereka miliki, rata-rata konsumsi bandwidth pelanggan IndiHome masih di bawah 300 GB per bulan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Simpang Siur Batas FUP Internet IndiHome, Ini Jawaban Telkom"Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya