Beginilah Cara Grab Untuk Tingkatkan Rating Merchant GrabFood

Jumat, 12 Juni 2020 | 10:33

Merchant Grab.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -GrabMerchant App merupakan aplikasi yang baru diluncurkan oleh Grab untuk merchant GrabFood dan GrabMart.

Dalam acara peluncuran tersebut, terdapat pembahasan rating yang ada dalam layanan GrabFood.

Rating cukup berguna untuk meningkatkan penjualan merchant UMKM di aplikasi Grab.

Karena rating menjadi tolak ukur pengguna layanan GrabFood ketika mencari makanan yang ingin dibeli.

Baca Juga: Kisah Ojol Jalani New Normal, Harus Pakai Protector Mirip Gatot Kaca

Merchant dalam mendapat sebuah rating diketahui sumbernya dari pengguna yang pernah membeli produk yang mereka jual.

Otomatis, Merchant cukup bergantung dengan pengguna yang membeli makanan atau minuman mereka agar rating toko jadi tinggi.

Ternyata Grab sebagai pemilik platform juga bisa meningkatkan rating merchant GrabFood.

"Dalam hal menaikan rating di Grab sendri ada beberapa faktor," ujar Hadi Surya Koe,Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia.

Baca Juga: Ini Senjata Gojek dan Grab Mulai Angkut Penumpang di Jakarta Jelang Berakhirnya PSBB

Salah satunya adalah sistem hyperlocal atau hyper personal, yang bisa menyesuaikan historical pemesanan mereka.

Grab juga gabungkan lokasi terdekat, estimasi pengiriman paling singkat, juga popularitas berapa banyak konsumen yang sudah bertransaksi.

GrabMerchant App dihadirkan oleh Grab sendiri untuk memudahkan mitra dalam berjualan dan mempromosikan tokonya.

Terdapat lima fitur yaituPendaftaran Mandiri,Profil Pemilik, Pengelola Toko, dan Kasir untuk keamanan ekstra,Grosir,Pemasaran, danLaporan Bisnis.

Baca Juga: Inilah Langkah Grab Sambut New Normal, Akan Ada Fitur Baru Untuk Driver

Untuk profil pemilik, mitra merchant bisa membagikan akun tanpa ada batasan untuk saat ini.

Asalkan yang memakai akun masih dengan nomor telepon dan email yang sama agar data pun tidak terpisah yang dikirim ke pihak Grab.

Ketika ditanyakan soal imbal balik atau pembagian hasil dari mitra merchant dan pihak Grab, Neneng Goenadi selakuManaging DirectorGrabIndonesia mengatakan niat Grab hanya membantu UMKM.

"Kenapa GrabMerchant dibuat, karena kami ingin membantu para merchant mereka sehingga bisa mendapatkan suplay dengan kompetitif," ujar Neneng via Zoom kepada media dalam peluncuran aplikasi GrabMerchant App, (11/6).

Baca Juga: Grab Hadirkan Fitur Baru Dengan Teknologi AI Khusus Agar Anak Senang

Sedangkan soal keamanan data mitra merchant, Grab mengatakan ketika pendaftaran, mereka selalumeminta verifikasi data yang selalu di cross check.

Lalu mereka juga mengecek legalitasnya dan fisik lokasinya.

Proses verifikasi toko online makanan dan minuman ini ke Grab juga tidak memerlukan waktu yang lama, hanya butuh waktu 24 jam.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto