Grab Luncurkan GrabMerchant App untuk Mitra Layanan Antar Makanan

Kamis, 11 Juni 2020 | 19:30
thestar.com.my

Ilustrasi pesanan GrabFood

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Grab hari ini meluncurkan aplikasi untuk para mitra merchant mereka yaitu GrabMerchant App, (11/6).

Platform ini ditujukan untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia yang bertransformasi menjadi bisnis online, berkembang di era ekonomi digital, dan beradaptasi dengan tatanan baru.

GrabMerchant, yang mencakup aplikasi dan web portal, dilengkapi dengan fitur-fitur yangmudah digunakan oleh para mitra merchant guna menjalankan dan mengelola bisnis merekasecara menyeluruh.

Aplikasi GrabMerchant membantu mitra merchant dalam mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis mereka.

Baca Juga: Kisah Ojol Jalani New Normal, Harus Pakai Protector Mirip Gatot Kaca

Sementara itu, web portal GrabMerchant menyediakan informasi yang komprehensifmengenai kinerja bisnis di seluruh jaringan toko online yang mereka jalankan.

Nantinya, GrabMerchant App memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan oleh mitra GrabFood dan GrabMart.

Fitur yang pertama ialah Pendaftaran Mandiri, merchant bisa mendaftar ke Grab untuk membuka toko pnline secara cepat dalam waktu 24 jam.

Proses pendaftaran juga sepenuhnya dapat dilakukan secara digital dan merchant dapat melihat status pendaftaran mereka secara real-time melalui aplikasi GrabMerchant.

Baca Juga: Ini Senjata Gojek dan Grab Mulai Angkut Penumpang di Jakarta Jelang Berakhirnya PSBB

Fitur selanjutnya ialah Profil Pemilik, Pengelola Toko, dan Kasir untuk keamanan ekstra pada GrabMerchant.

Profil Pemilik akan memperoleh akses penuh ke berbagai layanan dan fitur GrabMerchant mulai dari manajemen operasional, pemantauan dan analisis kinerja bisnis, pelunasan pembayaran, manajemen inventaris, manajemen kampanye pemasaran, hingga pengajuan fasilitas keuangan.

Profil Pengelola Toko membantu penggunanya juga untuk mengawasi dan mengelola operasional toko sehari-hari, sementara Profil Kasir hanya dapat menggunakan fungsi pembayaran danpengelolaan pesanan.

Fitur Profil Pengguna ini menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk para pemilik usaha dengan cara membatasi akses karyawan ke informasi bisnis yang sensitif.

Baca Juga: Inilah Langkah Grab Sambut New Normal, Akan Ada Fitur Baru Untuk Driver

Fitur Profil Karyawan.

Satu akun GrabMerchant App diketahui juga tidak ada batasan jumlah penggunanya asalkan email dan nomor telepon masih dengan sumber yang sama.

Lalu ada fitur Grosir, yang berguna melengkapi persediaan bahan-bahan untuk menjalankan bisnisUMKM.

Dengan fitur Grosir, Grab telah bekerja sama dengan mitra penyedia bahan-bahan pokok yang berkualitas di berbagai kota, seperti TaniHub dan Sayurbox.

Baca Juga: Grab Hadirkan Fitur Baru Dengan Teknologi AI Khusus Agar Anak Senang

Mitra merchant sekarang dapat membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga grosir, sekaligus menikmati kenyamanan layanan pengiriman barang satu hari sampai next-day delivery.

Layanan ini tersedia untuk 100,000 mitra merchant di beberapa wilayah di tujuh kota di Indonesia.

Fitur yang keempat ialah Pemasaran yang merupakan fitur Marketing dalam aplikasi GrabMerchant akan dilengkapi dengan perangkat Pengaturan Iklan.

Fitur tersebut bisa membantu bisnis untuk mengembangkan iklan yang menarik dalam beberapa menit saja dengan biaya hanya 1 dollar AS atau 14 ribu Rupiah per hari dengan guna untuk mendorong awareness pelanggan dan meningkatkan penjualan di toko GrabFood mereka.

Baca Juga: Inilah Skema Baru Sewa Mobil Grab ke Drivernya, Tunda Sewa dan Bebas Biaya Selama 2 Bulan

Dengan fitur ini, mitra merchant GrabFood dapat membuat iklan banner dan iklan pencarian, memilih sasaran audiens, dan mengakses kinerja iklan tersebut secara real-time melalui laporan yang mudah dipahami.

Selain itu, mitra merchant juga dapat berpartisipasi dalam rekomendasi kampanye yang dijalankan Grab dan menyusun skema promosi untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dengan perangkat 'Promo' yang tersedia dalam fitur Pemasaran.

Laporan Bisnis merupakan fitur terakhir yang memberikan UMKM gambaran tentang bisnis mereka dari sisi kinerja penjualan, efisiensi kegiatan operasional, kebiasaan belanja pelanggan mereka, dan efektivitas dari kampanye pemasaran yang dilakukan.

Hal ini akan membantu mereka untuk mengatasi tantangan kegiatan operasional bisnis sertamenemukan dan menangkap dengan cepat berbagai peluang bisnis baru, seperti membuat paket menu makanan berdasarkan apa yang sering dipesan oleh pelanggan.

Baca Juga: Begini Cara Kirim Parcel Dengan Diskon 90 Persen Di GrabExpress

Aplikasi GrabMerchant dapat diunduh di Google Play Store hari ini, dan portal web akan diluncurkan pada Juli 2020 mendatang.

Para mitra merchant yang telah bergabung dengan GrabFood harus memperbarui aplikasi GrabFood Merchant untuk menggunakan GrabMerchant.

Untuk saat ini dari 80 persen yang merchant yang sudah terdaftar sudah memiliki aplikasi termasuk mitra merchant yang terverifikasi.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto