World Industrial Design Day (WIDD) 2020 Digelar Indosat Untuk Mencari Solusi Menghadapi New Normal di Indonesia

Jumat, 05 Juni 2020 | 17:30
REUTERS/Bing Guan

ILUSTRASI. Riset anti vaksin corona

Nextren.com – Pandemi virus corona di seluruh dunia mengubah banyak perilaku dan cara bekerja umat manusia.

Mau tidak mau, masyarakat harus berdamai dengan virus Covid-19 ini dengan menaati aturan dari pemerintah dan menjalankan perilaku hidup sehat, untuk mencegah penularannya sekaligus bisa tetap produktif.

Hal itu membutuhkan beragam cara dan solusi baru agar warga bisa tetap sehat sekaligus produktif, di tengah ancaman virus Covid-19 yang belum ditemukan obat dan vaksinnya.

Itulah era New Normal yang sedang disosialisasikan pemerintah di seluruh dunia, agar masyarakat tetap bisa produktif menggerakkan eknomi sekaligus mencegah perluasan penularan virus covid-19 itu.

Untuk itu, operator seluler Indosat Ooredoo hari ini (5/6) membuka penyelenggaraan World Industrial Design Day (WIDD) yang bertemakan “Design For Everyday Life”.

Baca Juga: Puluhan Juta Netizen Afrika Percaya Bill Gates Sengaja Munculkan Wabah Corona

Program online ini untuk memberikan solusi kepada Masyarakat Indonesia menghadapi Masa New Normal.

Peserta didorong untuk memberikan kreatifitas karya desain produk terbaik dari anak bangsa yang simple, mudah, cocok dan bermafaat dalam memasuki situasi ini.

Design produk yang diharapkan akan sesuai untuk lingkungan pekerjaan perkantoran, pendidikan, pelayanan umum, maupun kegiatan sosial keagamaan.

Menurut Director & Chief Strategy & Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in, program World Industrial Design Day 2020 ini bertujuan untuk sama memecahkan 17 permasalahan global bersama-sama seperti yang tertuang pada SDGs.

Khususnya dalam memberikan alternatif solusi terhadap Desain Produk yang sesuai untuk Masyarakat Indonesia menghadapai Masa New Normal di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Airbus Bikin Kamera Sensor Sel Biologis Untuk Mengendus Bau Virus Corona

"Kami berharap melalui program ini, karya anak bangsa akan lebih mendapat perhatian di level global, dan solusi yang tercipta nantinya dapat diimplementasikan untuk membantu masyarakat luas menjalani tatanan kehidupan baru,” ujar Arief.

WIDD ini adalah kelanjutan dari Global Goal Jam tahun 2019, yang merupakan bagian dari kampanye global untuk memecahkan permasalahan dunia, menginduk ke World Design Organisation (WDO), lembaga internasional mitra PBB, yang secara serempak juga diselenggarakan di 85 kota seluruh dunia.

Baca Juga: Kerusuhan dan Kekacauan di Amerika Malah Disukai Iran, Rusia, China dan Turki

Pendaftaran WIDD 2020 akan berlangsung sejak 5 Juni sampai dengan 21 Juni 2020 yang dapat diikuti oleh peserta individu atau tim beranggotakan 5 orang yang merupakan warga negara Indonesia.

Setelah itu, para peserta akan mengikuti proses seleksi pada 22-26 Juni yang diselenggarakan secara online, dan babak final akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2020.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya