Kampanye Perubahan Perilaku, Pemerintah Sediakan Layanan Informasi Covid-19 di nomor 321

Selasa, 19 Mei 2020 | 18:37
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Warga berbelanja pakaian yang dijual pedagang kaki lima di Tanah Abang, Senin (18/5/2020).

Nextren.com - Perubahan perilaku merupakan hal yang sangat penting untuk menekan penyebaran Covid-19.

Karena itu pemerintah menyediakan layanan Interactive Voice Response (IVR) 321 sebagai salah satu media edukasi pencegahan Covid-19.

Layanan tersebut diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan, USAID, dan PT XL Axiata Tbk dan diluncurkan hari ini, Selasa (19/5).

Launching Kampanye Berubah Usir Wabah, Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19 dan layanan 321 interactive Voice Response tersebut dilakukan secara virtual di Jakarta.

Baca Juga: Situs Streaming Film Ilegal Alami Lonjakan Pengguna Selama Pandemi

Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto mengatakan wabah Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, tetapi juga aspek kemanusiaan, sosial, dan ekonomi secara lebih luas.

“Semakin meluasnya dampak wabah ini, perlu disikapi dengan percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat untuk mengatasi potensi risiko dan ancaman masalah kesehatan, agar masyarakat mampu mengambil langkah tepat dan cepat untuk melindungi diri dari Covid-19,” katanya di Jakarta, Selasa (19/5).

Namun, kenyataannya, berubah bukanlah suatu hal yang mudah.

Mengubah Perilaku untuk mengusir wabah Covid-19 memerlukan suatu langkah pendekatan komunikasi khusus, yang mengarah pada perubahan perilaku kunci untuk menurunkan kasus Covid-19.

Baca Juga: LIPI Perangi Covid-19 Lewat Riset Teknologi: Ada Alat Tes PCR, Obat Herbal, Sterilisasi Ozon Hingga Big Data

Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Pencegahan Covid-19 telah disusun bersama Tim John Hopkins Center for Communication Program sebagai counterpart dari USAID. Dokumen ini menjadi acuan bagi berbagai pihak terkait dalam memberikan edukasi dan mendorong perubahan perilaku masyarakat yang mengarah pada pencegahan Covid-19.

Selain itu, layanan 321 juga menjadi salah satu pilihan saluran komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum untuk memperoleh informasi tentang Covid-19.

Direktur USAID Indonesia Ryan Washburn mengatakan dalam perang melawan Covid-19, kita semua menghadapinya bersama-sama.

“Launching hari ini menggambarkan komitmen bersama kami untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah paling terpencil sekalipun dengan informasi yang terpercaya, mudah dilakukan sehingga dapat menyelamatkan jiwa,” ujar Rian.

Baca Juga: Bongkar Jeroan Komponen Mi 10 Yuk! Smartphone Flagship Termahal Xiaomi

Di samping itu, pada kerja sama ini XL Axiata terus berupaya menyediakan sarana yang mudah bagi pelanggan dan masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar pandemi Covid-19.

Layanan terbaru yang kini dikenalkan berupa layanan telepon 321 memberi kesempatan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki keterbatasan dalam akses internet untuk memperoleh beragam informasi.

Masyarakat dengan semua jenis telepon selular dapat memanfaatkan layanan ini untuk memperoleh informasi secara cepat tentang Covid-19 dan berbagai informasi yang bermanfaat lainnya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan belum semua pelanggan dan masyarakat menggunakan smartphone dan mengakses internet.

Baca Juga: Playlist Terbaru Resso di Bulan Ramadan Hingga Ngobrol Dengan Musisi

Sebagian dari mereka ternyata masih menggunakan telepon biasa, termasuk juga mereka yang berdomisili di area yang belum terjangkau jaringan internet secara memadai.

Layanan telepon 321 ini menjadi salah satu solusi untuk mempercepat penyebaran informasi seputar Covid-19 secara lebih merata ke seluruh daerah di Indonesia mengingat layanan ini dapat diakses oleh seluruh pengguna telepon selular di Indonesia.

"Seluruh konten informasi pada layanan ini pun disediakan dalam bahasa Indonesia,” ujarnya.Dian menambahkan, saat ini layanan telepon 321 tersedia di seluruh 34 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Film dan Serial Netflix Rekomendasi Oppo Untuk Aktifitas di Rumah Saja

Untuk memanfaatkan layanan ini, pelanggan cukup melakukan panggilan telepon dengan menekan 321 dan mengikuti arahan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

Pelanggan dapat menikmati panggilan bebas biaya untuk 8 (delapan) telepon pertama.

Setelah delapan panggilan pertama setiap bulannya, selanjutnya berlaku tarif dengan harga yang terjangkau Rp 250/menit.

Panggilan bebas biaya ini berlaku setiap bulannya.

Baca Juga: 11 Hape Lebaran Pilihan Kelas Menengah Harga Rp 3 Sampai 5 Juta

Seluruh konten informasi terkait Covid-19 selaras dengan panduan nasional yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Inisiatif ini didukung oleh Johns Hopkins Center for Communication Programs Indonesia melalui Program Breakthrough Action yang didanai oleh USAID,” katanya.

Diharapkan kampanye Berubah Usir Wabah lewat Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19 dan Layanan Interactive Voice Response 321 ini, bisa menjadi salah satu media edukasi pencegahan Covid-19.

Selain itu juga dapat mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih sehat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya