Cara Mengamankan Akun Email Dari Pesan Spam dan Phising di Gmail

By Zihan Fajrin, Minggu, 17 Mei 2020 | 16:11 WIB

Zihan Fajrin Ilustrasi Gmail.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Pencurian data diberbagai platform saat ini marak terjadi, oleh karena itu pengguna platform digital juga harus proaktif dalam melindungi akun pribadinya.

Berdasarkan pembicaraan dalam acara Nextren dan InfoKomputer pada 16 Mei, Alfons Tanujaya, Pengamat Sekuriti Vaksincom mengatakan email adalah hal penting pertama yang harus dilindungi.

Pada email sendiri terdapat fitur autentikasi dua faktor dan bahkan bisa menggunakan lokasi yang dipercaya itulah rumah atau tempat tinggal kalian.

Namun, hacker tidak hanya menggunakan cara untuk memasuki email secara langsung, mereka juga menggunakan cara dengan mengirim sebuah email.

Baca Juga: Waspada! Gmail Tetap Bisa Dibobol Walau Hanya Jadi Peserta di Zoom!

Email yang kita terima terkadang perlu diperhatikan juga, jika email tersebut mengirimkan data atau dokumen tanpa adanya keterangan, kita perlu juga untuk mengecek alamat email dan bila perlu menghubungi pihak yang mengirim email tersebut.

Bila sudah memastikan itu merupakan phising atau malware, kalian bisa langsung melaporkannya, caranya mudah.

Buka email tersebut dan di samping kanan atas dekat ikon balas email terdapat ikon titik vertikal, klik ikon tersebut dan disana terdapat laporkan phising.

Hal ini juga berlaku bila kalian mendapat email yang bersifat spam.

Baca Juga: Google Catat Ada Jutaan Phising di Gmail, Pengguna Diminta Proaktif

Page:

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Editor: Wahyu Subyanto