Berbagi Kebahagiaan Ramadan, Grab dan YPO Bagikan 100.000 Paket Berbuka untuk 25.000 KK di Jakarta

Jumat, 15 Mei 2020 | 10:59
Grab

Paket buka dari Grab dan YPO

Nextren.com - Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan kebahagiaan.

Namun tahun ini, bulan Ramadan harus dilalui dengan penuh kesulitan oleh banyak orang.

Pembatasan kegiatan besar-besaran membuat segala aktifitas bisnis berhenti, sehinggapendapatan harian juga berhenti.

Di tengah segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19, banyak pihak berusaha tetap berbagi kebahagiaan di bulan mulia ini.

Termasuk Grab bersama Young Presidents’ Organization (YPO) yang bergotong-royong untuk membagi 100.000 box paket makanan buka puasa bagi warga DKI Jakarta.

Seratus ribu box paket buka puasa tersebut akan dibagikan ke 25.000 kepala keluarga, dimana setiap kepala keluarga akan menerima empat (4) box paket makanan.

Baca Juga: Pemerintah Minta Asosiasi E-Commerce Bisa Tingkatkan Keamanan Data

Dalam gotong royong ini, sebagai Super App yang terbiasa menangani transportasi dan mobilitas, Grab bertanggung jawab pada pengangkutan dan distribusi menggunakan armada GrabExpress, sementara biaya pengadaan makanan ditanggung oleh YPO.

Program ini telah dimulai pada 27 April dan berakhir pada 13 Mei 2020.

Setiap harinya ada 3.000 kepala keluarga yang akan menerima donasi ini.

Distribusi bantuan ini memanfaatkan kombinasi armada GrabExpress yang yang dimiliki Grab, yaitu roda empat oleh GrabExpress Car dan roda dua oleh GrabExpress Bike.

Baca Juga: Google Hadirkan Fitur Baru di Chrome Untuk Tingkatkan Produktivitas

Adapun mekanisme distribusi donasi ini adalah menggunakan 2 jenis armada yaitu GrabExpress Car untuk pengiriman dalam jumlah besar dan GrabExpress Bike untuk pengiriman “last mile”.

Keberadaan sepeda motor memungkinkan bantuan menjangkau pelosok-pelosok Jakarta, gang-gang kecil, sehingga benar-benar sampai di tangan yang membutuhkan.

Selain itu, Grab pun dapat memberikan laporan pertanggungjawaban kepada YPO, dalam bentuk bukti foto yang tertera dalam Proof of Delivery receipt.

Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress, Grab Indonesia, mengatakan, “GrabExpress roda dua memiliki kelincahan dan mobilitas, sehingga bantuan bisa sampai ke tempat yang mungkin tidak terakses armada GrabExpress Car yang dapat membawa lebih banyak paket bantuan. Kami senang karena kapabilitas kami juga dapat digunakan untuk tujuan kemanusiaan.”

Baca Juga: Pemerintah Jalin Kerja Sama Dengan Lazada Berdayakan Pengusaha UMKM

Sementara Svida Alisjahbana, Ketua Perkumpulan Young Presidents’ Organization (YPO) Indonesia, mengatakan bahwa ini adalah wujud kepedulian bagi masyarakat yang terdampak langsung oleh pandemi ini.

Kami berterima kasih kepada Grab yang berkolaborasi dalam pendistribusiannya. Melalui perpaduan roda empat dan roda dua GrabExpress donasi kami bisa menjangkau mereka yang benar-benar membutuhkan,” ujar Tyas.

Abdul Azis, mitra pengemudi GrabExpress yang terlibat dalam program ini merasa senang bisa ikut kegiatan untuk meringankan beban sesama lewat pekerjaannya.

"Saya kerjanya driver Grab Express dan bisa ikut nyumbang lewat tenaga saya. Saya bangga,” kata Azis.

Baca Juga: Oppo Berikan Diskon Service HP Lewat Program We Care Bagi Petugas Medis

Sejak pelaksanaanya, penyebaran bantuan ini telah mencapai 22.000 titik di Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

Sampai akhir pelaksanaan diharapkan bantuan ini bisa mencapai 25.000 titik.

Selama pandemi ini Grab banyak mendorong gotong royong dengan berbagai pihak untuk meringankan dampak ekonomi Covid-19.

Sebelumnya, Grab menggalang bantuan dari perusahaan nasional dan multinasional untuk meringankan beban mitra pengemudi melalui penyediaan paket sembako, voucher sembako, multivitamin, dan hand sanitizer.

Grab menggandeng sejumlah perusahaan terkemuka lainnya untuk mendukung program ini, seperti Bank Danamon, Adira Finance, Tunas Toyota, Pertamina, Bank Syariah Mandiri, XL Axiata, ExxonMobil Lubricants Indonesia dan perusahaan multinasional MUFG Bank.

Tag

Editor : Wahyu Subyanto