Kemendikbud Gandeng 'Kok Bisa' Berikan Konten Video Edukasi Gratis

Selasa, 05 Mei 2020 | 13:30
unboxsocial.com

Youtube

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Selama pandemi, para siswa pun dianjurkan untuk belajar dari rumah dengan beberapa platform belajar online.

Namun sebagian platform belajar online menawarkan harga kepada penggunanya yang mungkin akan menyulitkan beberapa orang.

Kok Bisa sebagai media sains dan edukasi di Indonesia pun melihat hal tersebut memiliki inisiatif yang didukung oleh Youtube Learning, LIPI, dan Kemendikbud.

Inisiatif dari Kok Bisa disebut Akademi Edukreator yang bertujuan untuk menginspirasi dan melatih pembuat konten, guru, dan profesional di Indonesia.

Baca Juga: Huawei Indonesia Hadirkan 2 Laptop dan Tablet Sekaligus Secara Online

Pelatihan tersebut untuk menciptakan konten video edukasi berkualitas tinggi secara gratis dengan memberikan mereka pengetahuan dan praktik terbaik di Youtube.

Edukreator juga merupakan nama yang dibuat untuk menyebut kreator video untuk konten edukasi.

Dengan adanya Akademi Edukreator bisa memberikan konten pembelajaran yang berkualitas dan menarik bagi penonton.

Dukungan yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ternyata disadari dengan kurangnya konten edukasi di Indonesia.

Baca Juga: Perjalanan Baim Wong Sebagai YouTuber dan Dipuji Bos YouTube Global

"Satu setengah bulan setelah anak-anak belajar dirumah, kita baru sadar bahwa konten pendidikan terbatas," ujar Hasan Chabibie,M.Si. Plt., Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud via Google Meet bersama media, Selasa (5/5).

Konten pendidikan terbatas menurut Hasan yang merupakan konten digital, bila diperkirakan hanya sekitar 4 persen.

Hasan juga mengingatkan untuk peserta Akademi Edukreator nantinya tidak hanya menghadirkan konten berkualitas namun juga harus menghormati etnik dan menaati norma yang merupakan budaya Indonesia.

Kok Bisa pun memilih Youtube karena platform tersebut telah menjadi tempat bagi dunia berkumpul untuk belajar.

Baca Juga: Perjalanan Baim Wong Sebagai YouTuber dan Dipuji Bos YouTube Global

Gerald Bastian, Co-Founder Kok Bisa, mengumumkan nantinya program Akademi Edukreator akan dibuka 6 Mei besok lewat Live Streaming diskusi publik di channel Youtube Kok Bisa?, Kemendikbud RI dan Televisi Edukasi.

Peserta yang mendaftar lewat website akademiedukrator.com nantinya akan diberikan pengetahuan seputar menulis skrip, riset, animasi hingga monetisasi.

Ilmu tentang riset nantinya akan diberikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang dikatakan penting untuk dipelajari oleh Edukreator.

Program Akademi Edukreator pun diperkirakan akan berjalan bulan Juni nanti dan berakhir dengan apresiasi di bulan November.

Baca Juga: Foto Video di Facebook Terlalu Banyak, Bisa Backup ke Google Photos

Berdasarkan riset dari Google secara global, rata-rata penayangan harian video dengan kata kuncibelajar dari rumah dalam judul di YouTube meningkat lebih dari 120% sejak 13 Maret 2020, bila dibandingkan dengan penayangan harian rata-rata untuk sisa tahun ini.

Adapun sejak Januari, penayangan video yang berisi kata kunci Belajar Sama Saya dalam judul juga 50% lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Publik juga dapat mengakses sederetan konten Belajar #SamaSaya di kanal Youtube Indonesia untuk membantu orang tua, siswa, pendidik untuk menemukan konten pendidikan yang bermanfaat dan menarik, serta melanjutkan proses belajar sambil tinggal di rumah.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya