Gojek Kampanyekan SumbangSuara yang Akan Bagikan Sembako ke Masyarakat

Rabu, 29 April 2020 | 16:00
Fahmi Bagas

Yayasan Anak Bangsa Bisa, Slank, KitaBisa.com, dan Baznas yang merupakan pengisi acara kampanye SumbangSuara

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com- Melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), Gojek adakan kampanye Sumbang Suara untuk bantu masyarakat Indonesia.

YABB adalah sebuah yayasan kepedulian yang baru dibentuk Gojek pada awal bulan lalu.

Pengadaan program ini dilaksanakan dengan adanya kerja sama dengan beberapa kelompok seperti Slank, KitaBisa.com dan lembaga pengelola dana sumbangan.

Baca Juga: Kirim Paket Jadetabek-Bandung Cuma Rp.20.000 Lewat Gojek dan Paxel

Terkait fokusnya, kampanye Sumbang Suara ini memfokuskan programnya untuk emmbantu mitra yang ada di ekosistem Gojek dan juga bagi para garda terdepan yang ada di luar ekosistem Gojek.

Monica Oudang, selaku Ketua YABB mengatakan, "Kita akan adakan 3 program yaitu, sembako gratis, makanan gratis bagi mitra driver, dan gratis makanan untuk para ahli medis".

Program Makanan Gratis untuk Mitra Driver dan Tenaga Medis

Pada program ini, YABB mengatakan kalau mereka tetap ingin membantu para mitra driver dan tenaga medis agar bisa tetap menjaga kesehatannya sebagai garda terdepan.

Selain itu, Monica Oudang, selaku ketua YABB mengatakan kalau hal ini dimaksudkan untuk memberdayakan mitra GoFood yang merupakan pebisnis UMKM.

"Kita ingin adanya sirkular ekonomi yang terjadi dan roda perekenomian UMKM masih bisa berjalan hingga akhir masa pandemi ini," tuturnya.

Terkait syarat mitra GoFood untuk bisa mendapatkan bantuan program tersebut, Monica tidak memberikan persyaratan spesifik.

Baca Juga: Gojek Kirimkan Sembako ke 1,2 Juta Warga Jakarta Lewat Gosend

Fahmi Bagas
Fahmi Bagas

Contoh ungkapan semangat dari donatur di KitaBisa.com

Program Sembako Gratis

Untuk program sembako gratis, YABB bekerja sama dengan KitaBisa.com sebagai platform penggalangan dana.

Berbeda dengan penggalangan dana biasa, khusus program Sumbang Suara ini, para donatur bisa juga memberikan ucapan semangat saat melakukan donasi.

"Yang dihighlight dari sini tidak hanya dana tapi ada quotes juga yang bisa jadi dukungan moral", Alfatih Timur, CEO KitaBisa.com

Pihak YABB dan KitaBisa.com beralasan bahwa dukungan moril kepada para garda terdepan merupakan satu hal yang kadang terlupakan.

Selain itu, yayasan ekosistem Gojek tersebut juga melakukan kolaborasi dengan Slank untuk menjadi fundraisher dari kampanye Sumbang Suara tersebut.

Fundraisher adalah pihak yang bisa membantu dalam proses penggalangan dana di KitaBisa.com dengan memiliki halaman donasi sendiri.

Timmy, sapaan CEO KitaBisa.com, juga menyatakan kalau orang-orang juga bisa menjadi fundraisher untuk mempercepat pengumpulan dananya.

Periode pengumpulan donasi dari kampanye Sumbang Suara ini akan berlangsung mulai dari tanggal 29 April - 30 Juni 2020 dengan target minimal 15 miliar Rupiah.

Gojek
Gojek

Periode pelaksanaan donasi Sumbang Suara di KitaBisa.com

Baca Juga: Ada Voucher Rp 100 Ribu Untuk 200 Ribu Driver GoJek, Ini Cara Klaim Voucher Belanja di AlfaMart

Jika memang angka tersebut terpenuhi, maka pihak YABB mengatakan akan membagikan donasi berupa sembako kepada orang-orang yang sangat terdampak dengan pandemi ini seperti supir angkot dan pedagang asongan.

Proses pemberian sembako tersebut akan dilakukan oleh 10 lembaga pengelola dana sumbangan yang telah bekerja sama dengan Gojek.

Salah satunya adalah Baznas yang turut hadir pada acara telekonferensi yang dilakukan pada Rabu (29/4) tersebut.

"Baznas mendukung program ini dengan menggunakan seluruh jaringan di seluruh Indonesia," tutur Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta.

Sembako yang akan dibagikan tersebut diakui oleh pihak YABB akan dikirimkan ke seluruh masyarakat Indonesia dari pulau Sumatera hingga Papua.

"Kita memastikan semua masyarakat akan terakomodasi ddan tidak akan ada prioritas wilayah," tutup Monica Oudang.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya