Kabar Baik, Tokopedia Berikan Cara Dongkrak Penjualan Bagi 7,8 Juta Pedagangnya

Selasa, 28 April 2020 | 14:45

Ilustrasi menggunakan Tokopedia

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Dengan adanya platform belanja online, penjual masih bisa tertolong pendapatannya karena PSBB di tiap daerah.

Belanja online pun menjadi pilihan dari beberapa masyarakat yang butuh berbagai macam barang untuk berkegiatan di rumah saja.

Contohnya, smartphone, TV, bahkan Kulkas pun sudah bisa dibeli hanya dengan platform belanja online.

Namun nampaknya beberapa penjual yang berusaha untuk menawarkan barangnya tidak cukup kreatif atau tidak mendapat untung yang seberapa.

Baca Juga: Cara Mudah Hutang di Tokopedia Saat Kehabisan Modal Untuk Jualan Online

Tokopedia diketahui memiliki lebih dari 7,8 juta penjual dan lebih dari setengahnya mengelola bisnis lewat aplikasi.

Para pebisnis lokal ini memasarkan lebih dari 250 juta produk dengan harga transparan kepada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.

Di tengah pandemi COVID-19, Tokopedia berkomitmen memastikan para pebisnis lokal tersebut tetap beroperasi secara online.

Tokopedia juga dikatakan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah, terutama selama Ramadan.

Baca Juga: Tokopedia Academy Dibuka Untuk Kembangkan Ilmu Bidang Teknologi

"Demi membantu bisnis lokal tetap beroperasi daring di masa seperti ini, kami menciptakan sederet inovasi untuk menunjang produktivitas para penjual," ujar Priscilla Anais, AVP of Product Tokopedia.

Bagi kamu yang baru saja menjual beberapa barang di Tokopedia dengan aplikasi yang biasa ketika berbelanja, Tokopedia memiliki aplikasi khusus untuk penjual.

Aplikasi tersebut bernama Tokopedia Seller App, yang berguna untuk meningkatkan kinerja penjualan kamu diplatform tersebut.

Dalam Tokopedia Seller App memiliki fitur penting hari ini, yang bisa menunjukan berapa pesanan pada hari ini, komplain pesanan, chat yang belum dibaca dan barang yang siap dikirim.

Baca Juga: Pemerintah Desak Perbanyak Tokopedia Lainnya Untuk Majukan Bangsa

Penjual juga bisa melihat stok produk dan bisa mengatur produk yang dijualkan ke dalam platform.

Tokopedia juga menyediakan layanan iklan dan promosi untuk para penjual yang mulai ditawarkan seharga 25 ribu rupiah untuk mendapat 1.081 orang per hari.

Adapun promosi dengan broadcast chat pun tersedia untuk memberikan pesan ke pengguna terkait barang yang kamu promosikan.

Bila ada yang menanyakan sesuatu kepada penjual diharap membalas dan berdiskusilah tentang produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Visa, CIMB Niaga, dan Tokopedia Buka Opsi Bayar Tagihan Kartu Kredit

Selain itu penjual dikatakan bisa menggunakan fitur quick reply chatyang bisa digunakan ketika penjual membalas pesan dari pembeli lewat notifikasi tanpa harus membuka aplikasi.

Ada juga weekly summary sales and order, yang bisa memudahkan penjual melihat ringkasan penjualan, performa toko, pesanan, serta kendala transaksi.

Fitur yang bisa dinikmati dengan Tokopedia Seller App.

Tokopedia juga hadirkan fitur live yang bisa digunakan penjual untuk memberikan bukti produk mereka berkualitas.

Baca Juga: Startup Jual Beli Produk Muslim Evermos, Diguyur Investasi Rp 115 Miliar

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya