Uniknya Kicauan di Twitter Selama Pandemi COVID-19 dan Sambut Ramadan

Kamis, 23 April 2020 | 20:30
manufacturingstories.com

ilustrasi Twitter

Nextren.com - Penerapan social distancing ditambah dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah yang sudah berjalan selama satu bulan terakhir ini sangat terasa dampaknya bagi banyak orang.

Namun, semangat untuk membantu sesama justru semakin terlihat.

Dengan sifatnya yang real-time, Twitter kian dituju sebagai platform bagi masyarakat untuk mendapatkan beragam informasi, berdiskusi, dan saling terhubung antara pihak yang sedang mengalami kesulitan dan yang dapat memberikan bantuan.

Sejalan dengan semangat berbagi di bulan Ramadan yang sudah di depan mata, banyak pihak telah menunjukkan aksi nyatanya di Twitter melalui inisiatif penggalangan dana dan beragam jenis bantuan.

Baca Juga: Pameran Elektronik IFA 2020 Akan Tetap Berjalan Dengan Konsep Baru

Dari membantu mereka yang kehilangan pekerjaan, pembuatan APD dan masker, hingga memberikan konsumsi bagi pengemudi ojek online.

Twitter memberikan sumber kicauan tweet dari beberapa akun selama pandemi COVID-19 dan menjelang bulan Ramadhan 1441 H yang berinisiatif menunjukan kepeduliannya.

Insiatif yang pertama ialah membantu pengemudi ojek online yang muncul ketika pemerintah mulai menghimbau penerapan karantina mandiri dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Raden Rauf adalah salah satu yang menyuarakan dukungan terhadap inisiatif tersebut di Twitter.

Baca Juga: Ini Tips Mudah Hapus Tweet Lama di Twitter, Bye Masa Lalu

Dalam menyukseskan niat baik tersebut, Raden memanfaatkan Twitter untuk mengajak pengikutnya untuk berbagi berkah dan meringankan beban para ojek online.

Inisiatif kedua diberikan kepada Budhi Hermanto, salah satu pengguna Twitter asal D.I. Yogyakarta.

Ia berinisiatif untuk menggandeng beberapa penjahit rumahan yang dinamakan sebagai Majelis Mau Jahit (@mamajahit) untuk membuat dan membagikan APD secara gratis kepada tenaga medis yang bertugas menangain pasien COVID-19.

Baca Juga: Viral Thread Twitter Beberkan Prediksi Anak Indigo Setelah Suara Dentuman Kemarin

Awal keresahan Budi muncul ketika maraknya publikasi mengenai tenaga medis yang memakai jas hujan sebagai pengganti APD di kotanya.

Melalui Twitter, Budi mengajak sekaligus menginspurasi banyak orang untuk turur berkontribusi dan tindakannya mendapat tanggapan positif.

Budi pun juga masih memberikan update di akun Twitternya terkait APD yang diberikan kepada tim paramedis seluruh Indonesia yang membutuhkan.

Baca Juga: Menu Antar Penumpang Hilang, Driver Ojol Tawarkan Jasa Antar Jemput Pribadi

Inisiatif yang ketiga ialah dari akun @singlemomsindo yang diinisiasi oleh Maureen Hitipeuw.

Akun tersebut berkomitmen untuk mendukung ibu tunggal yang bekerja keras menghidupi keluarga mereka.

@singlemomsindo pun menggalang dana untuk disalurkan kepada para ibu tunggal yang membutuhkan.

Baca Juga: Glenn Fredly Wafat Karena Meningitis, Netizen Twitter Berbelasungkawa

Inisiatif terakhir yang diberitahukan Twitter ialah bantuan untuk pegawai yang kehilangan pekerjaan mereka di tengah pandemi.

Ada salah satu akun @ibuknyaujan yang suaminya terkena dampak tersebut, sehingga sang istri ingin membantu menyokong keuangan keluarganya.

Ibu Nyaujan pun berjualan cireng dengan beberapa varian yang ditawarkannya melalui tweet.

Ia merasa tidak menyangka tweetnya akan ditanggapi oleh banyak orang dan kebanjiran pesanan, serta berterimakasih kepada pengguna Twitter yang telah membantu dengan melakukan retweet, mengirimkan doa, dan memberi semangat.

Baca Juga: Bos Twitter Sumbang Hampir 30 Persen Kekayaannya Untuk Korban Covid-19

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya