Jelang Ramadhan, Indosat Ooredoo Naikkan Kapasitas Data 60 Persen di Jabotabek dan Daerah Tujuan Mudik

Kamis, 23 April 2020 | 15:31
Indosat

Teknisi Indosat melakukan maintenance BTS

Nextren.com– Masyarakat Indonesia tahun ini menghadapi situasi yang berbeda dari biasanya sejak terjadinya pandemi Covid-19.
Pemerintah juga mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mencegah penyebaran virus dan mengembalikan kondisi seperti sedia kala.
Beberapa kota telah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berdampak pada meningkatnya kebutuhan telekomunikasi pelanggan.
Masyarakat Indonesia yang biasa melakukan mudik, sekarang disarankan untuk tetap berada di rumah, tidak melakukan perjalanan, dan dianjurkan untuk berkomunikasi melalui sambungan telpon serta video.
Baca Juga: Dianggap Mudah Dibobol, Zoom Umumkan Pembaruan Keamanan Terbaru
Kedua kondisi tersebut membuat Indosat Ooredoo mempersiapkan jaringannya agar pelanggan tetap dapat terhubung dan berkomunikasi dengan lancar dalam melaksanakan aktivitas dari rumah bersama keluarga selama Ramadan dan Lebaran.
Indosat Ooredoo menyatakan telah melakukan optimalisasi jaringan sejak munculnya anjuran belajar dan bekerja dari rumah.
Tingginya kebutuhan telekomunikasi pelanggan tercermin dari peningkatan trafik data sekitar 24% dan trafik telpon sekitar 11% dibandingkan hari biasa. Aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan antara lain YouTube, WhatsApp, Facebook, dan Instagram.
Baca Juga: Vietnam Diduga Biayai Hacker Untuk Curi Data Kesehatan di Wuhan
Adapun kota yang tercatat mengalami peningkatan trafik data tertinggi berada di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Secara umum, Indosat Ooredoo telah melakukan peningkatan kapasitas untuk layanan Data sekitar 60% untuk mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi yang diprediksi akan meningkat sebesar 20% dibanding hari normal terutama di situasi yang berkembang belakangan ini.
Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, dalam keterangannya kepada Nextren (23/4), mengatakan bahwa di tengah situasi sulit pandemi Covid-19 ini, berupaya memastikan jaringan tetap optimal baik di perkotaan maupun pedesaan, karena apapun kondisinya, silaturahmi menjadi yang yang penting.
Baca Juga: Sambut Ramadhan, XL Axiata dan AXIS Rilis Paket Sahur dan Ngabuburit Mulai Rp 2500
Indosat Ooredoo mengoptimalkan jaringan datanya untuk kebutuhan internet pelanggan pada masa beraktivitas dari rumah dan silaturahmi saat Ramadan dan Lebaran di area pemukiman Jabotabek.
Begitu pula optimalisasi di wilayah tujuan mudik di Jawa seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Jember, sampai dengan Banyuwangi ; bahkan luar Jawa seperti Lampung, Pekanbaru, Palembang, Medan, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, dan Makassar.
Pemantauan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Indonesia juga dilakukan lewat Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memantau lebih dari 400 titik dengan lebih dari 1500 karyawan, yang melakukannya selama masa Siaga Lebaran.
Baca Juga: Meski Tak Kebal Pandemi Corona, Bos Grab Pede Mampu Hadapi 3 Tahun Resesi
Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo, juga mengeluarkan kampanye “Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi” yang didukung dengan paket Freedom Kuota Harian.
Kampanye ini ingin memberikan semangat kepada masyarakat Indonesia bahwa budaya silaturahmi tidak boleh luntur, terlepas dari keterbatasan yang harus dihadapi.
Bagaimanapun, bulan Ramadan akan selalu memiliki makna sebagai bulan suci yang membawa berkah serta menjadi momen untuk kembali mendekatkan diri dengan keluarga dan kerabat terdekat.
Baca Juga: Yuk Cobain Stiker Terbaru WhatsApp Terkait Pandemi Covid-19!
Maka IM3 Ooredoo menghadirkan paket Freedom Kuota Harian dengan kuota harian yang lebih terjangkau.
IM3 Ooredoo juga akan mendonasikan Rp2.000 dari setiap aktivasi paket Freedom Kuota Harian untuk penanganan Covid-19.
Layanan pelanggan Indosat Ooredoo juga bisa diakses pelanggan di berbagai saluran seperti aplikasi MyIM3, call center 185, media sosial Twitter dan Facebook Messenger, serta website resmi.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya