3 Startup Teknologi Dukung Merek Lokal Lewat Kupon Diskon Produk

Senin, 20 April 2020 | 19:54
Kompas.com/Ramdhan Triyadi

Ilustrasi pengusaha UMKM

Laporan wartawan Nextren, Wahyu Subyanto.

Nextren.com - Beberapa startup teknologi di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan gerakan dukung merek lokalatau #supportlocalbrandsID.

Startyp itu adalah TADA (platform retensi konsumen), Gojek dan Moka (aplikasi sistem kasir digital).

Gerakan ini mengajak masyarakat yang #dirumahaja selama masa pandemi COVID-19 untuk mendukungkeberlangsungan merek-merek karya anak bangsa favorit mereka di masa penuh tantangan ini.

Kolaborasi ketiga perusahaan teknologi ini berupa penyediaan akses bagi masyarakat, untuk membelikupon dengan harga khusus lewat aplikasi Gojek dan situs web #supportlocalbrandsID.

Baca Juga: 6 Hobi Ini Bisa Kamu Lakukan Hanya Lewat Smartphone, Cocok Saat PSBB

Beragam kupon yang ditawarkan termasuk untuk makanan dan minuman, produk fesyen, layanan kecantikan, kesehatan pribadi, gaya hidup, dan hotel.

Ide untuk membentuk gerakan ini disebut muncul setelah mendengar keluhan para pemilik usaha lokal di masapandemi ini.

Bersama dengan Gojek dan Moka, kami mengerahkan sumber daya yang kami punya untuk membantu para pemilik usaha untuk mempertahankan sumber pendapatan, dengan menyediakan kupon dari berbagai merek lokal agar dapat diakses oleh masyarakat luas,” tutur Managing Director TADA, Antonius Taufan selaku inisiator gerakan ini.

Melalui gerakan ini, baik konsumen dan pemilik bisnis sama-sama memperoleh manfaat.

Baca Juga: Ini Tanggal Rilis Game Spongebob Squarepants: Battle For Bikini Bottom

Konsumen dapat membeli lebih awal kupon dari ratusan merek lokal.

Kupon ini nantinya bisa digunakan saat layanan tersedia atau bisnis buka kembali.

Sementara itu, para pemilik bisnis dapat mempertahankan usahanya dengan adanya pemasukan dari hasil penjualan kupon ini.

Eugenie Patricia, pemilik gerai makanan Puyo Desserts, salah satu merek lokal yang berpartisipasi di gerakan ini telah menutup gerainya di sejumlahlokasi di Indonesia untuk memastikan kesehatan karyawan maupun konsumen.

Baca Juga: Cara Cek Sendiri Status IMEI Pelanggan Telkomsel dan XL Axiata, Resmi atau Legal?

"Namun hal ini tentu berdampak pada lesunya penjualan dan menimbulkan kekhawatiran karyawan. Oleh karena itu, setiappembelian sangat berarti bagi kami,” tutur Eugenie.

Head of Third Party Platform Gojek Sony Radhityo menyampaikan Gojek ingin memberikan solusi yang tepat sasaran terhadap permasalahan yangada di kehidupan sehari-hari, termasuk di masa sulit pandemi COVID-19 ini.

"Sebagai salah satu bentuknya, bersama TADA dan Moka berkolaborasi untuk mendukung keberlangsungan merek-merek karya anak bangsa di masa penuh tantangan ini, dengan mengajak pengguna untuk membeli lebih awal berbagai kupon di gerai-gerai merek lokal favoritmereka,” ujar Sony.

Baca Juga: Oppo A92s Hadir Dengan Dual Kamera Selfie Seharga 4,8 Juta Rupiah

Program #SupportLocalBrandsID ini bisa diakses lewat shuffle card di aplikasi Gojek.

Caranya, pelanggan cukup memilih shuffle card tersebut untuk mendapatkan harga khusus dari merek-merek lokal favorit mereka.

"Kami berharap akses kepada jutaan pengguna aplikasi Gojek ini akan membantu mendorong transaksi parapengusaha merek lokal dan membantu keberlangsungan usaha mereka selama masa pandemi ini.” lanjut Sony.

Sementara itu, Chief Executive Officer Moka Haryanto Tanjo menyampaikan bahwa Moka telah mengimbau 40.000 pelakuusaha yang memakai aplikasi kasir digital Moka di Indonesia, untuk turut berpartisipasi dalamkampanye ini dan mendukung kemudahan dalam penukaran kupon.

Baca Juga: 5 Cara Agar Hape Android Tidak Lemot Saat Dipakai

“Kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk inisiatif kami untuk membantu pelaku usaha dalam menghadapi masa sulit. Kami berharap para pelaku usaha dapat semakin terhubung ke masyarakat sehingga mendorong cashflow positif selama masa pandemi,” jelasnya.

Ketiga perusahaan teknologi ini tidak memungut biaya atas transaksi yang terjadi.

Seluruh nilai uang yang dibayarkan konsumen akan diberikan sepenuhnya kepada para pelakuusaha yang tergabung dalam gerakan #supportlocalbrandsID.

Cara membeli kupon

Layanan pembelian kupon dapat diakses lewat aplikasi Gojek dan situs supportlocalbrands.id.

Konsumen Gojek cukup membuka aplikasi Gojek dan mengklik shuffle card #supportlocalbrandsID di halaman utama, agar bisa mengakses berbagai pilihan kupon dari gerai-gerai yang berpartisipasi.

Sementara bagi para pemilik merek lokal Indonesia yang ingin bergabung dengan gerakan ini, dapat mengaksesinformasi lebih lanjut di supportlocalbrands.id dan akun Instagram @supportlocalbrands.id.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya